Pengertian Statistik Non Parametrik dan Contohnya

Diposting pada

Statistik Non Parametrik Adalah

Statistik non parametrik pada hekakatnya mengacu pada metode penelitian statistik dan statistika dimana data tidak diasumsikan berasal dari model riset yang ditentukan oleh sejumlah kecil parameter. Sehingga model tersebut meliputi model distribusi normal dan model regresi linier.

Bahkan terkadang statistik nonparametrik mempernggunakan data ordinal, artinya tidak bergantung pada angka, melainkan pada peringkat. Misalnya saja dalam survei yang menyampaikan preferensi konsumen mulai dari suka hingga tidak suka akan dianggap sebagai data ordinal.

Statistik Non Parametrik

Statistik non parametrik senantiasa di dalamnya terdapat statistik deskriptif nonparametrik, model statistik, inferensi, dan uji statistik.

Tentusaja, struktur model nonparametrik tidak ditentukan apriori tetapi ditentukan dari jumlah data. Oleh karena itulah istilah nonparametrik tidak dimaksudkan untuk menyiratkan bahwa model seperti itu sama sekali tidak memiliki parameter, melainkan bahwa jumlah dan sifat parameternya fleksibel dan tidak ditetapkan sebelumnya. Histogram adalah contoh estimasi nonparametrik dari distribusi probabilitas.

Pengertian Statistik Non Parametrik

Statistik non parametrik adalah metode riset yang membuat inferensi statistik tanpa lagi memperhatikan distribusi yang mendasarinya. Sehingga metode ini cocok dengan distribusi normal tanpa asumsi.

Alasan tanpa asumsi karena data penelitian diambil dari distribusi normal. Sebaliknya, bentuk distribusi diperkirakan dengan bentuk pengukuran statistik ini. Meskipun ada banyak situasi di mana distribusi normal dapat diasumsikan, ada juga beberapa skenario di mana proses pembuatan data yang sebenarnya jauh dari distribusi normal.

Pengertian Statistik Non Parametrik Menurut Para Ahli

Adapun definisi statistik non-parametrik menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Introduction to Research (2016), Statistik nonparametrik adalah rumus yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ketika data melanggar satu atau lebih asumsi untuk prosedur parametrik. Jika varians dalam populasi miring atau asimetris, jika data yang dihasilkan dari ukuran ordinal atau nominal, atau jika ukuran sampel kecil, peneliti harus memilih statistik nonparametrik.

Contoh Statistik Non Parametrik

Sedangkan untuk contoh uji dalam statistik non parametrik misalnya saja;

  1. Kelompok independen

Jika kita memiliki data parametrik dari dua kelompok independen dalam arti penelitian, sejatinya kita dapat menjalankan uji t 2 sampel untuk membandingkan mean. Adapun kita memiliki data non parametrik, kita dapat menjalankan uji rank-sum Wwlcoxon untuk membandingkan mean.

Kelompok distribusi normal disini semuanya memiliki bentuk umum yang sama dan diparameterisasi dengan mean dan deviasi standar. Hal itu berarti bahwa jika mean dan deviasi standar diketahui dan jika distribusinya normal, probabilitas observasi di masa mendatang yang terletak dalam kisaran tertentu diketahui.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa statistik nonparametrik ini dari teknik membaca data lebih mudah diterapkan untuk berbagai pengujian karena parameternya tidak wajib. Lebih penting lagi, statistik dapat digunakan jika tidak ada informasi penting, seperti mean, deviasi standar, atau ukuran sampel.

Fitur tersebut menjadikan statistik nonparametrik memiliki cakupan aplikasi yang lebih luas dibandingkan dengan statistik parametrik.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian statistik non parametrik menurut para ahli, teknik uji, dan contohnya dalam penelitian. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *