Pengertian Bentuk Kegiatan dalam Proposal dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Bentuk Kegiatan dalam Proposal

Bentuk kegiatan dalam proposal menjadi salah satu bagian penyusunan dan penyelesaian dalam memberikan gambaran kepada khalayak umum terkaii dengan perencanaan kegiatan tertentu. Sehingga peletakannya sendiri biasanya berada dalam BAB 2 yang terkait dengan makanisme berjalannya acar serta rancanangan kegiatan diselenggarakan.

Oleh karena itulah dalam sebuah proses penulisannya bisa dibilang susah-susah gampang. Asalkan paham dan mengerti mengenai inti kegiatan yang akan disampaikan, tentu saja  bisa dipastikan seseorang bisa dengan mudah membuat bagian ini.

Bentuk Kegiatan dalam Proposal

Pengertian bentuk kegiatan dalam proposal adalah deskripsi secara luas terkait dengan rangkaian acara kegiatan yang akan diselenggarakan dalam event teretentu. Sehingga dalam penulisannya bersifat objektif, artinya merupakan informasi yang diungkapkan sesuai dengan realitas kegiatan.

Contoh Bentuk Kegiatan dalam Proposal

Adapun untuk beberapa contoh kepenulisan yang bisanya ada dalam bentuk proposal kegiatan. Antara lain;

  1. Pelatihan

Prihal ini misalnya saja adanya pelatihan dalam pembuatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang disusun oleh lembaga kemahasiswaaan dalam upaya mendorong anggota atau mahasiswa/i di kampus tersebut agar mengikuti ajang bergengsi ini.

Bentuk Kegiatan dalam Proposal Pelatihan

Program yang kami usulkan dari proposal ini terdiri dari 8 kegiatan. 2 kegiatan utama (Sosialisasi akbar dan pembinaan tim go to PIMNAS)  dan 6 kegiatan penunjang.

Berikut beberapa tahapan kegiatannya. ANtara lain;

  1. Forum Komunikasi Bidang keilmuan

Kegiatan ini diawali dengan pembentukan panitia Sosialisasi PKM terlebih dahulu. Setelah panitia terbentuk dibuat surat undangan Forum Komunikasi (Forkom) untuk setiap Bidang Keilmua di seluruh Jurusan yang ada di Unila. Dalam Forkom ini selain perkenalan akan dibahas juga mengenai sosialisai PKM, dimana Anggota Bidang diminta untuk dapat mengikuti sosialisasi PKM dan mengajak anggota-anggota lain di Himpunan Mahasiswa (Hima)nya masing-masing.

Selain itu Ketua Bidang Keilmua dimintai bantuan untuk mendata anggotanya yang mengikuti kegiatan PKM. Dengan data ini maka diadakannya Award Jurusan dengan PKM terbanyak, dimana Hima yang memenangkan Award akan mendapatkan penghargaan dari UKM Riset.

Indikator pencapaian dari kegiatan ini yaitu Bidang Keilmuan yang menghadiri Forkom minimal 20 bidang. Dimana setiap bidang dapat mengirimkan delegasinya untuk mengikuti sosialisasi PKM minimal 10 orang dan sepuluh orang tersebut aktif membuat PKM.

  1. Mengadakan Posko PKM

Posko PKM ini diadakan dengan tujuan memberikan Informasi kepada seluruh mahasiswa mengenai PKM mulai dari pembuatan PKM, berkonsultasi dengan pembimbing sampai ke cara meng-upload proposal. Di posko ini mahasiswa juga diberikan pamflet mengenai agenda besar Sosialisasi PKM dan mengajak mereka untuk mengikuti kegiatan ini.

Kami menilai dengan adanya Posko PKM ini mahasiswa akan banyak terbantu. Karena berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan diatas bahwa salahsatu penyebab mahasiswa enggan mengikuti kegiatan PKM ini dikarenakan minimnya informasi yang mereka punya mengenai PKM.

Hal-hal yang perlu disiapkan dalam pengadaan posko PKM ini selain menyiapkan perlengkapan juga menyiapkan banyak informasi mengenai PKM serta berkonsultasi dengan dosen-dosen yang bersedia menjadi dosen pembimbing. Indikator pencapaian dari kegiatan pembuatan posko PKM ini yaitu adanya mahasiswa yang berkonultasi mengenai PKM dan terbantunya mahasiswa tersebut.

  1. Sosialisasi PKM Online

Sosialisasi online diadakan dengan tujuan memberikan informasi PKM secara online. Sosialisasi ini berguna untuk mahasiswa yang tidak sempat mengunjungi Posko UKM dan juga menyosialkan PKM para secara lebih luas. Sosialisasi online ini juga sangat efektif untuk menciptakan suasana dan meningkankan animo mahasiswa agar lebih tertarik untuk mengikuti PKM.

  1. Aksi sosialisasi dengan Tour ke Fakultas

Aksi sosialisasi ini berbentuk pembagikan pamflet tentang PKM dan undangan sosialisasi dengan cara yang unik yaitu panitia mengenakan atribut unik yang menggambarkan PKM kemudian berkeliling kesetiap fakultas-fakultas. Dengan cara seperti ini, menurut kami sangat efektif untuk menumbuhkan animo dan menarik simpati mahasiswa untuk turut aksi mengikuti PKM.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk aksi ini yaitu menyiapkan pamflet dan atribut untk panitia sedangkan indikator pencapaiannya yaitu mahasiswa tergerak untuk mengikuti sosialisasi akbar PKM dan mengirimkan proposal PKM ke Dikti.

  1. Sosialisasi Akbar PKM

Sosialisasi ini merupakan acara puncak dari rangkaian sosialisasi yang telah dilakukan sebelumnya. Pada kegiatan ini mahasiswa diperkenalkan mengenai PKM dan menumpas habis materi mengenai PKM melalui seminar dan workshop dengan menghadirkan pemateri-pemateri hebat dan berpengalaman mengenai PKM. Rangkaian acara akan lebih dijelaskan di jadual acara.

Langkah-langkah yang harus dilakukan agar kegiatan ini berjalan dengan baik yaitu publikasi yang maksimal , mengundang pemateri, mengundang birokrat kampus, menyiapkan perlengkapan, dan lain-lain.

  1. PKM Award

Kegiatan ini betujuan untuk memberikan penghargaan kepada Himpunan Mahasiswa jurusan (HMJ) yang ada di Unila dengan mahasiswanya yang paling banyak mengunggah PKM. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat HMJ di masing-masing jurusan untuk mengajak mahasiswanya aktif mengikuti PKM.

  1. Bimbingan Tim Go To PIMNAS

Kegiatan ini berbentuk bimbingan terhadap tim yang berhasil didanai untuk mengikuti Monev. Bimbingan meliputi arahan-arahan dari dosen yang berpengalaman mengenai tip-tip agar dapat go PIMNAS serta pelatihan-pelatihan tentang bagaimana presentasi yang baik untuk menarik perhatian juri. Selian itu tim juga juga akan diberi motivasi agar semangat dan optimis lolos menuju PIMNAS.

  1. Perlombaan

Sedangkan dalam bentuk kegiatan proposal untuk perlombaan. Misalnya saja menjelaskan tentang adanya keinginan Karang Taruna Kecamatan Jebres, Kota Surakarta yang akan menyelenggaraan Lomba Membaca Puisi dalam Rangka Memperingati Hari Kartini.

Bentuk Kegiatan dalam Proposal Perlombaan

Bentuk Kegiatan

Kegiatan yang akan dilaksanakan berupa Lomba Puisi Tingkat Kecamatan Jebres yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah melalui serangkaian agenda sosialisasi dalam rangka memperingathi Pahlawan Nasional, yaitu R.A Kartini

  1. Sekolah

Lain halnya dengan contoh penulisan untuk bentuk kegiatan yang diselengarakan oleh organisasi sekolah. Dalam hal ini misalnya saja ingin menyelnggaraan pentas seni dalam rangka perpisahaan untuk demisioner kepengrusan osis. Maka penulisannya.

Bentuk Kegiatan dalam Proposal Pentas Seni

Bentuk Kegiatan

Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah berupa pentas seni di dalam ruangan dengan seminar dan workshop kepada peserta untuk memahami lebih dalam pengetahuan penampilan seni serta perpisahan kepengurusan Osis SMA 1 Jati Agung.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian bentuk kegiatan dalam proposal dan contoh penulisannya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *