2 Tujuan Penelitian Korelasional dan Contoh Kepenulisannya

Diposting pada

Tujuan Penelitian Korelasional

Metode penelitian korelasional dilakukan sekaligus dibuat oleh seorang peneliti bukan tanpa sebab, oleh karena wajar jikalau dalam kepenulisannya memiliki sejumlah tujuan. Namun yang pastinya, dalam melakukan arti penelitian korelasional terdapat beberapa metode yang dapat kita gunakan kaitannya dengan teknik pengumpulan data yang kita butuhkan, diantaranya yaitu metode observasi naturalistik, metode dokumentasi, dan metode survei.

Penelitian Korelasional

Penelitian korelasi yang juga dikenal dengan korelasional adalah suatu bentuk metode penelitian yang dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara dua variabel penelitian sebagai upaya dalam mempengaruhi variabel berdasakan pada topik penelitian, sehingga didalamnya tidak terdapat manipulasi variabel.

Meskipun pada umumnya riset ini lebih dekat dengan penelitian kuantitatif namun juga mampu memberikan kontrbusi nyata dalam meleaah hubungan yang ada.

Tujuan Penelitian Korelasional

Adapun untuk beberapa tujuan mempergunakan metode penelitian korelasi, antara lain;

  1. Menentukan hubungan variabel penelitian

Tujuan seorang peneliti mempergunakan metode dalam ciri penelitian korelasional adalah untuk bisa menentukan antara hubungan antara variabel dalam membuat prediksi berdasakan hasil penelitian yang ditemukan. Sehingga tak khayal setiap peneliti biasanya disesuaikan dengan permasalahannya.

  1. Dilakukan guna mendeteksi variasi dalam topik peneltian

Tujuan memilih metode penelitian korelasi ini sejatinya ialah untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor penelitian yang dilihat dengan berkaitan pada variasi dengan melihat pada koefisien antara korelasi yang ada di permasalahan.

Contoh Penulisan Tujuan Penelitian Korelasional

Adapun untuk contoh adanya kepenulisan dalam bagian tujuan penelitian korelasional misalnya saja;

  1. Penelitian Pendidikan

Penulisan dalam bagian tujuan penelitian di BAB 1 dengan mempergunakan metode penelitian korelasional bisa dibuat dengan langkah sebagai berikut;

Penulisan tujuan penelitian korelasional

Tujuan Penelitian

  1. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan korelasi antara minat belajar siswa perempuan dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1  Tulang Bawang, Lampung.
  2. Untuk mengetahui adanya korelasi antara motivasi belajar siswa perempuan dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa di SMP N 1 Tulang Bawang, Lampung.
  3. Untuk mengetahui adanya korelasi antara minat belajar dan motivasi belajar siswa perempuan dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa di SMP N 1 Tulang Bawang, Lampung.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan melakukan penelitian korelasional dan contoh bagian kepenulisannya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.