Pengertian Tidak Relevan, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Tidak Relevan

Diakui atupun tidak pengertian relevan dan tidak relevan menjadi istilah yang umum karena dapat digunakan dalam berbagai konteks, bukan hanya satu bidang keilmuan saja, tapi istilah tersebut bersifat universal karena bisa merujuk pada beragam hal. Misalnya saja dalam teknik analisis data dalam arti penelitian, akuntansi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi yang pasti, penggunaan keduanya merupakan lawan kata atau anonim. Prihal ini misalnya saja istilah tidak relevan merujuk pada sesuatu yang tidak berhubungan dengan sesuatu. Contoh penggunaan kata relevan misalnya ‚Äúpendidikan harus relevan dengan kebutuhan anak”.

Tidak Relevan

Kata tidak relevan dalam Bahasa Inggris yaitu irrelevant artinya tidak berhubungan atau berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Priha ini penggunaan tidak berhubungan permasalah yang dihadapi dan tidak berhubungan dengan subjek penelitian atau bisa juga diartikan sebagai hal yang tidak penting.

Misalnya jika si A berbicara tentang hoki dan si B terus mencoba menyebut tentang sepak bola, kita bisa mengatakan bahwa percakapan diantara mereka tidak relevan.

Pengertian Tidak Relevan

Tidak relevan adalah penjelasan yang berhubungan dengan adanya ketidakcocokan dalam menjelaskan serta menderkripisikan topik pembicaraan maupun topik penelitian dengan apa yang dikemukakan oleh si pembicara, hal ini biasanya terjadi dalam sipang siur informasi.

Pengertian Tidak Relevan Menurut Para Ahli

Adapun definisi tidak relevan menurut para ahli, yaitu;

  1. KBBI, Tidak relevan diartikan sebagai tidak berkaitan antara topik dengan bahasan maupun hasil.

Ciri Tidak Relevan

Berikut ini akan disajikan ciri-ciri tidak relevan, yaitu:

  1. Mengkritik terhadap apa pun yang tumbuh

Pemimpin yang tidak relevan selalu mencari cara untuk mengabaikan kesuksesan orang lain. Misalnya suatu hari kita menjadi startup muda yang peluncuran produk kita telah dilihat semua orang. Saat semua orang melihat apa yang muncul dan mengatakan betapa hebatnya produk tersebut, tapi yang bisa kita lihat hanyalah kekurangannya.

  1. Semakin berpikir bahwa kebanyakan ide baru adalah hal yang buruk

Mudah untuk menolak ide-ide baru, tapi jika kita memikirkan kembali, ada saatnya jika kita lebih baik memiliki sikap yang jauh lebih terbuka terhadap ide-ide baru. Memang, tidak setiap ide baru adalah hal yang bagus, tetapi tidak menerima ide baru adalah hal yang buruk.

Jika kita sebagai pemimpin, coba renungkan kapan terakhir kali kita menerima ide baru yang radikal? Jika kita tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut, menunjukkan bahwa kita berada dalam masalah.

  1. Pemikiran tentang perubahan membuat kita lelah

Kesenjangan antara seberapa cepat kita berubah dan seberapa cepat sesuatu berubah disebut tidak relevan. Semakin besar kesenjangan, kita akan menjadi semakin tidak relevan. Perubahan memang sulit terjadi pada saat-saat terbaik, tapi jika bahkan suara perubahan membuat kita lelah, itu adalah tanda bahwa kita menjadi tidak relevan.

Contoh Tidak Relevan

Contoh penggunaan kata tidak relevan pada kalimat dalam berbagai konteks yang berbeda, antara lain:

  1. Menjadi hal yang tidak relevan ketika seseorang menggunakan kalender tahun 2012 untuk menemukan fase bulan pada tahun 2013.
  2. Ketika seseorang mengatakan sudah siang ketika ditanya tentang kondisi suhu di luar, maka itu tidak relevan.
  3. Dokumen-dokumen ini sebagian besar sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini.
  4. Membuat keuntungan besar bukanlah hal yang relevan bagi kami, yang penting adalah membuat buku yang tersedia untuk audiens sebanyak mungkin.
  5. Permasalahan itu mungkin akan memudar menjadi tidak relevan ketika aturan baru mulai berlaku.
  6. Akibatnya, peserta lanjut usia tidak direkrut karena isi survei yang tidak relevan.
  7. Namun, karena sifatnya yang primitif dan emotif, respons autosentris dianggap lebih sulit dikendalikan atau sama sekali tidak relevan.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian tidak relevan menurut para ahli, ciri, dan contoh penggunannya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *