3 Contoh Isi Proposal Usaha dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Isi Proposal Usaha

Setiap pembuatan sekaligus penulisan bagian isi proposal usaha atau bisnis plan yang ada di BAB 2 sejatinya tidak terlepas daripada latar belakang dan kategori tulisan yang dibuat. Prihal ini paling familiar untuk usaha yang dibuat adalah makanan ringan, minuman, produk jasa, start up, dan lainnya.

Oleh karena itulah, untuk memberikan bahasan yang lengkap maka berikut ini tulisan mengenai bagian isi proposal kegiatan usaha yang bisa kalian jadikan pedoman dalam setiap pembuatannya.

Isi Proposal Usaha

Isi proposal usaha adalah bagian tulisan yang memberikan bahasan tentang adanya bentuk kepemilikan, struktur modal, peranan organisasi, status badan hukum usaha yang akan dijalankan sehingga memberikan pemahaman sekaligus keyakinan bagi institusi dan lembaga yang akan mengeluarkan dananya.

Disisi lainnya, struktur isi dalam bagian ini bersamaan dengan deskripsi produk yang akan dijalankan, analisis SWOT yang berlaku, sekaligus analisis kompetensi, peluang pasar, dan sistematikan pemasaran yang akan dijalankan.

Contoh Isi Proposal Usaha

Adapun sebagai bahasan lebih lengkapnya berikut ini adalah ulasan tentang contoh penulisan bagian isi proposal usaha yang baik dan benar. Yakni;

  1. Proposal Usaha Makanan

Bentuk tulisan dalam proposal usaha makanan ringan ataupun kekinian bisa dibuat dengan sistematis, logis, dan objektif. Prihal ini contohnya saja seperti adanya rencana usaha dalam membuat makanan bakwan. Agar lebih menarik berikut sistematika yang ada.

Isi Proposal Usaha Makanan

BAB II
PEMBAHASAN

ASPEK PEMASARAN

Gambaran Umum pasar

Nama Produk Bakwan Pelangi
Jenis Produk Bakwan Pelangi
Ukuran Satu Bungkus Kecil
Manfaat utama Sebagai cemilan yang mengandung vitamin dari sayursayuran
Manfaat turunan Sebagai cemilan atau kudapan ringan

Tujuan Membuka Usaha

  1. Menetapkan lapangan kerja sendiri
  2. Menetapkan inovasi kuliner yang baru dan digemari banyak orang
  3. Mengurangi pengangguran dengan membuka cabang diberbagai wilayah
  4. Memiliki penghasilan sendiri
  5. Mengurangi benban pengeluaran keluarga

Detail Produk (bahan baku, proses dan kapasitas)

  1. Bakwan yang kami sajikan berbeda dengan bakwan yang disajikan di tempat gorengan biasanya karna bahan kami tawarkan berbeda dengan bahan biasanya, kami mengkombinasikan berbagai sayuran seperti kol ungu yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan sayuran lainnya. Supaya lebih menarik kami menggunkan pewarna alami dari sayur-sayuran seperti wortel dan sayuran lainnya yang dihaluskan lalu campurkan kedalam tepung supaya menghasilkan warna yang khas, dan di campur dengan rasa yang unik dan menarik.
  2. Dalam sehari kami mampu memproduksi bakwan 200 sampai 300 buah dengan inovasi rasa yang berbeda-beda yaitu bakwan pelangi pedas dan bakwan pelangi gurih, sehingga dapat diprediksikan dalam satu bulan kami dapat menjual sebanyak 6000 buah bakwan dengan harga bahan baku RP 500 perbuah dengan harga awal perbuah RP.1000,00
  3. Laba bersih yang dihasilakan adalah sebesar
  4. Tempat usaha ini direncanakan di STIT Lampung Tengah lokasi tersebut saya pilih karena lokasi sangat strategis untuk memasarkan produk kami karena banyak maha siswa dan anak sekolahan maupun santri pondok pesantren karna kecenderungan mereka sangat suka mengonsumsi makan ringan.

PASAR DAN STRATEGI PEMASARAN

  1. Target pasar

Target pasar terutama adalah mahasiswa STIT Bustanul ‘ulum dan siswa siswi Bustanul ‘ulum bersadasarkan survey yang kami lakukan belum ada penjual yang menjual produk sama disekitar kampus dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang saya yakin usaha ini bisa dikembangkan diberbagai wilayah yang berbeda.

  1. Stategi pemasaran
  1. Selogan bakwan pelangi adalah cita rasa resep Indonesia
  2. Pembuatan grobak dorong yang unik dan menarik
  3. Bermitra dengan kantin-kantin sekolah dan perguruan tinggi
  4. Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen
  5. Menerima pesanan untuk acara
  6. Media promosi kami menggunkan media sosial seperti (Whatsapp Facebook dan brosur)

Komitmen pelayanan kami yaitu melayani dengan sepenuh hati dengan menjaga kebersihan produk banyak mengandung gizi yang menyehatkan tubuh.

  1. Aspek sumber daya manusia

Untuk menjalankan usaha bakwan pelangi ini kami dibantu oleh keriawan dalam proses produksi dan pemasaran.

BIYAYA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL

Proposal Usaha Makanan

Proposal Usaha Makanan Ringan

Proposal Usaha Makanan Kekinian

Analisa Tekhnikal SWOT

  1. Starenghts: lokasi yang sangat sterategis dan juga bakwan adalah kudapan sangat disukai masyarakat.
  2. Wcaknesses: umumnya masyarakat sekitar membeli bakwan 3 buah bakwan dengan harga 2000 namun ukuranya sangat kecil.
  3. Opportunities: bakwan kami adalah sebuah terobosan kuliner baru yang unik karna umumnya makanan yang unik akan cepat viral, selain itu bakwan adalah makanan kegemaran masyarakat Indonesia kami juga memperbesar ukuran dan menambah jumlah isi bakwan sehingga tidak terkesan tepung melulu.
  4. Thrkats: kami belum menemukan hambatan yang berbahaya.

TEKNIKAL ANALISA MODEL CANVAS

Proposal Usaha Makanan Terbaru

ASPEK ORGANISASI MENEJEMEN

Job Deskription

  1. Ketua, Mengoordinir dan memimpin jalannya usaha serta bertanggungjawab terhadap keberhasilan usaha bakwan pelangi.
  2. Bagian Pemasaran, Menjalankan usaha-usaha pemasaran produk terutama dalam hal promosi, baik itu melalui media cetak maupun media sosial.
  3. Bagian Keuangan, Megatur segala jenis pengeluaran dan pemasukan uang serta membuat laporan sebagai bentuk pertanggungj awaban.

Cara Membuat Bagian Isi Proposal Usaha

Sedangkan langkah dalam membuat bagian isi untuk proposal usaha bisa dilakukan dengan beberapa tahapan. Antara lain;

  1. Menuliskan Detail Calon Usaha

Bagian kepenulisan secara mendetail pada isi proposal usaha bisa dijadikan sebagai pedoman, alasannya dengan adanya langkah strategis inilah setiap wirausaha bisa meyakinkan kepada khalayak pemberi dana untuk bisa mengakomodir bisnis nantinya.

  1. Memberikan Gambaran Rencana Keuangan dan Pengorganisasian

Tahapan selanjutanya yang bisa menjadi pedoman dalam membuat isi proposal usaha ialah dengan memberikan detail anggaran dana dan organisasi usaha. Prihal ini setidaknya setiap proposal haruslah objektif dan akuntabel dalam keuangan, karena nantinya bisa menarik setiap yang melihat dan membaca bahwa usaha dijalankan benar-benar berprospek bagus.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa dibagikan tentang adanya contoh isi proposal usaha dan cara membuatnya yang baik dan benar. Semoga saja mampu memberi wawasan untuk semuanya saja yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.