Struktur Penulisan Abstrak

Diposting pada

Contoh Abstrak

Abstrak identik dengan karya tulis ilmiah. Biasanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang membuat karya tulis, penelitian, seperti skripsi, thesis, jurnal, ataupun tugas akhir, diharuskan melakukan pembuatan abstrak. Karena abstrak dianggap cukup penting dalam sebuah karya ilmiah.

Bahkan di dalam dunia kepenulisan, terutama dunia kepenulisan tentang ciri karya ilmiah, tentu saja tidak akan asing mengenai abstrak. Abstrak ini biasanya terdapat struktur kepenulisan pada awal bagian suatu tulisan atau dokumen sebelum bab pembahasan yang mana akan menjelaskan secara singkat dan sekaligus sebagai informasi awalan bagi para pembaca

Abstrak

Abstrak adalah suatu penjelasan yang singkat mengenai isi pada suatu artikel atau tulisan. Di dalam dunia penelitian, abstrak adalah tulisan yang singkat yang berisi mengenai gambaran secara menyeluruh mengenai aktivitas atau kegiatan penelitian yang dilakukan guna membantu seorang pembaca agar lebih mudah dan lebih cepat dalam memahami sebuah tulisan, dokumen maupun karya ilmiah.

Struktur Abstrak

Abstrak tentu saja memiliki struktur dalam penulisannya. Ketentuan struktur abstrak ini hampir serupa untuk kepenulisan skripsi, artikel, esssay, atau karya ilmiah lainnya. Berikut penjelasan yang disertai dengan contohnya agar pembaca lebih memahaminya,

Judul

Untuk struktur kepenulisan judul dalam abstrak sejatinya haruslah diketik dengan menggunakan capital font dan size 14, position center text dan di buat dengan bold (huruf tebal). Aturan ini pada umumnya senantiasa mudah ditemukan.

PEMANFAATAN PURE 5 IN 1 DALAM PEMBANGUNAN MARITIMAN-PARIWISATA SEBAGAI SOLUSI LAPANGAN KERJA DI ERA BONUS DEMOGRAFI

Setidaknya perlu dipahami jikalau terdapat sub judul, misalnya untuk jenis penelitian studi kasus maka penulisannya sama dengan judul, hanya saja size di ubah menjadi size 12. Ini penting diketahui bagi setiap orang yang ingin membuat abstrak.

Penulisan Nama Penelitian

Adapun struktur selanjutnya adalah penulisan dalam nama peneliti, yang benar ialah tanpa menggunakan gelar, hanya saja diberikan nomor urut dengan superscript posisi center dengan ukuran font size 12 dan kemudian haruslah cetak bold.

Nama Penelitia dalam KTI

Begitupula ketika ada nama jurusan atau program studi peneliti dan alamat institusi ditulis diposisi center dengan font size 12 dan cetak bold. Yang tak lupa pula mencantumkan email ketua peneliti dicantumkan dengan posisi center dengan font size 12.

Penulisan Judul

Langlah selanjutnya dalam struktur penulisan abtsrak adalah dengan mencantumkan untuk judul bagian “abstrak” ditulis dengan huruf besar dengan posisi center dan di bold. Hal ini agar memudahkan setiap pembaca bahwa itu adalah ringkasa.

ABSTRAK

Isi

Isi abstrak ditulis dengan posisi rata kanan dan kiri dengan jumlah kata maksimal 300 kata dengan menggunakan font size 12. Yang di dalamnya haruslah memuat unsur latar bekalang, metode penelitian, tujuan penelitian, sampai dengan hasil penelitian secara singkat.

 Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia diikat dan dipersatukan oleh lautan memiliki segudang kekayaan alam. Jika ditinjau dari letaknya Indonesia sangat stretegis, baik dalam pencaturan sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dan pertahanan kelautan. Kenyataan itu sepantasnya jika menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan perairan yurisdiksi sekitar 5,8 juta Km dan garis pantai pantai 18.700 ribu hektar (Abdul Mun’im; 2013). Akan tetapi sumber daya yang tersedia sampai saat ini belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan, lantaran kurangnya kualitas dan kapasitas masyarakat Indonesia dalam malakukan pembangunan kemaritiman. Beranjak dari kenyataan itu pula, upaya pembangunan nasional berbasir kemaritiman-pariwisata dapat menjadi ikhtiar dalam menciptkan suksesi bonus demografi yang diproyeksikan akan terjadi pada tahun 2020-2030 (Kominfo; 2014). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan sektor pembangunan maritim tersebut adalah memanfaatakan daerah pesisir sebagai daerah pariwisata melalui pure 5 in 1 dalam masyarakat. Maksud daripada  pure 5 in 1 adalah sebuah teknologi untuk membuat pemurnian air laut dengan menggunakan tanah laterit, pasir, arang kayu, zeolit dan membran RO hal ini digunakan untuk menciptakan daerah pesisir yang tangguh terhadap kekurangan pasokan air bersih sehingga diharapkan, upaya ini mampu mengoptimalkan laut sebagai ketahanan ekonomi nasional yang tidak lepas dari mewujudkan nawacita kemandirian bangsa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi pustaka, ekperimen dan observasi yang berfokus pada bonus demografi, pure 5 in 1 sebagai upaya pembangunan maritim-pariwisata. Teknologi pure 5 in 1 merupakan teknologi yang mampu memfiltrasi air laut menjadi air baku yang layak dikonsumsi. Dengan adanya teknologi tersebut, maka persediaan air bersih di daerah pesisir dapat terpenuhi. Dampak dari ketersediaan air bersih yang cukup maka pembangunan sektor pariwisata dan industry kreatif di daerah pesisir dapat terbangun. Pembangunan daerah pesisir akan membuka lapangan pekerjaan yang akan menyerapa para pekerja yang usianya produktif. Kemudian, daerah tersebut dapat maju serta akan menjadikan bangsa Indonesia sebagai Negara maritim yang tangguh.

Kata Kunci

Bagian terakhir dalam penulisan abstrak harsulah ada kata kunci yang dibuat dengan rata kanan dan kiri dengan hurus miring. Kata kunci ini bisasanya dibahas secara tuntas dalam tinjauan pustaka yang memuat kerangka besar pembaca untuk rencangan penelitian yang akan dilakukan.

 Kata Kunci: Bonus Demografi, Pure 5 in 1, Pembangunan Maritim-Pariwisata

Untuk lebih memudahkan pembaca dalam memahami bagian dalam struktur kepenulisan abstrak maka berikut ini akan dilampirkan data berupa dokumen dari struktur yang telah disebutkan.

Doc Struktur Abstrak

Struktur Penulisan Abstrak

Setelah melihat dan mehamai dalam penulisan struktur abstrak karya ilmiah, essay, skripsi, atau thesis diatas. Perlu setidaknya diketahui bahwa dalam pembautan abtrsak ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Tidak Terdapat Informasi Baru

Di dalam abstrak tidak boleh mengandung atau ditambahi informasi baru yang tidak tercantum di dalam artikel utama.

  1. Kalimatnya Sederhana serta Tidak Bertele-tele

Kalimat yang terdapat di dalam abstrak seharusnya dibuat dengan sederhana atau langsung dan tidak bertele-tele. Kalimat abstrak ini juga dianjurkan untuk tidak boleh mengandung kata-kata kiasan.

  1. Menghindari Singkatan dan Istilah

Di dalam penulisan abstrak, singkatan dan istilah yang tidak umum disarankan tidak digunakan. Signkatan dan istilah umum yang hanya boleh terdapat pada abstrak.

  1. Sekali Saja

Di dalam abstrak, kalimat-kalimat atau tulisan-tulisan yang dicantumkan mempunyai arti atau makna yang unik serta menyampaikan informasi yang unik pula. Disebabkan karena ruang yang terbatas, maka informasi hanya boleh disampaikan sekali saja.

  1. Panjang abstrak

Pembuatan abstrak ntuk artikel ilmiah, biasanya abstrak tersebut mempunyai panjang sekitar 150 kata hingga 250 kata, sedangkan absrak dalam laporan skripsi, tesis, atau disertasi umumnya memiliki abstrak yang lebih panjang dari itu.

Perlunya memeriksa panduan penulisan abstrak yang ada, disarankan tidak membuat abstrak melebihi ketentuan yang telah berlaku.

Unsur Abstrak

Abstrak haruslah dibuat dengan baik dan benar. Untuk menjadikan abstrak tersebut menjadi tergolong kedalam abstrak yang baik, abstrak tersebut harus memiliki 4 unsur ini, antara lain :

  1. Abstrak harus memiliki argumentasi yang logis harus dibarengi dengan observasi untuk dapat memecahkan sebuah problem atau masalah.
  2. Abstrak harus memiliki sebuah metode atau pendekatan harus dipakai untuk memecahkan sebuah problem atau masalah.
  3. Ada hasil yang dicapai dan ada juga kesimpulan yang dapat diambil.
  4. Setiap unsur abstrak harus dibuat dengan sederhana atau singkat dan jelas.

Itulah tadi ulasan yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca berkaitan dengan struktur penulisan dalam abstrak yang biasanya dipergunakan untuk karya tulis ilmiah, seperti skripsi, essay, makalah, thesis, dan lain sebagainya. Semoga mengedukasi.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *