Pengertian Sampling Jenuh (Saturation Sampling) dan 2 Contohnya

Diposting pada

Pengertian Sampling Jenuh

Sampling jenuh  yang dikenal dalam Bahasa Inggris dengan penyebutan saturation sampling diakui ataupun tidak menjadi bagian daripada adanya teknik pengumpulan data penelitian. Dimana metodologi ini sendiri dilakukan pengukuran dari banyaknya populasi dalam studi kasus dengan tidak terlalu banyak objek penelitian yang akan diangkat, sehingga kelebihannya memiliki kesalahan yang relatif kecil.

Adapun disisi lainnya, pendekatan yang cocok dengan teknik pengumpulan sampel yang dilakukan ialah penelitian kuantitatif dengan populasi kurang dari 30. Alasannya karena kuantitatif riset yang menggunakan angka meskipun pengukurannya hanya berupa satu kali hitungan.

Pengertian Sampling Jenuh (Saturation Sampling)

Saturation sampling adalah metodologi dalam pengambilan sampel dengan cara mengikutsertakan semua anggota populasi sebagai bagian daripada sampel penelitian. Sehingga, kelebihan ialah mempunyai kesalahannya yang relatif kecil namun untuk kelemahannya tidak cocok pada kasus dengan jumlah populasi besar atau sangat besar seperti halnya sensus penduduk.

Pengertian Sampling Jenuh Menurut Para Ahli

Adapun definisi sampling jenuh menurut para ahli, antara lain;

  1. Sugiyono (2017), Pengertian saturation sampling adalah metodologi penentuan sampel yang dilakukan bila semua anggota populasi mampu untuk dijadikan sampel penelitian, mekanisme ini dilakukan jikalau populasi berjumlah kecil yang setidaknya kurang dari 30.

Contoh Saturation Sampling

Adapun untuk beberapa contoh adanya teknik penentuan dengan metode sampling jenuh. Antara lain;

  1. Kesehatan

Riset tentang kesehatan yang berkaitan dengan permasalahan penyakit bisa dijalankan dengan teknik pengembilan sampel seperti ini. Kasusnya seperti ketika adanya penelitian yang ingin menelaah lebih dalam tentang dampak penyakit jantung di Kabupaten Aceh Barat. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Aceh Barat jumlah orang yang terkena penyakit jantung di kabupaten tersebut ada 5 orang.

Sehingga pelaksaan yang menjadi tujuan penelitian di atas, peneliti bisa lebih dalam memberikan kajian terkait dengan dampak penyakit Jantung terhadap 5 pasien.

  1. Pendidikan

Prihal bidang pendidikan adanya penelitian yang bisa mempergunakan metode sampling jenuh dalam pemilihan sampel misalnya saja kajian terkait dengan mahasiswa yang memperoleh KIP di salah satu kampus swasta. Biasanya kuota KIP yang disedikan tidak berjumlah lebih dari 30 orang, sehingga sangatlah cocok jikalau mempergunakan pemilihan teknik sampling dengan metode ini.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian sampling jenuh atau saturation sampling menurut para ahli, kelebihan, kelamahan, dan contohnya dalam penelitian. Semoga saja bisa memberikanw wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.