Contoh Penulisan Saran bagi Perusahaan, Peneliti, dan Instansi

Diposting pada

Contoh Saran bagi Perusahaan, Peneliti, dan Instansi

Pembuatan dan penulisan saran untuk karya tulis ilmiah seperti halnya dengan skripsi, tesis, desertasi, bahkan praktek kerja lapangan (PKL) yang ada di BAB 5 kadangkala ada bagian saran untuk perusahaan, peneliti selanjutnya yang akan melangsungkan riset sama, pemerintah, lembaga, atau institusi apapun dengan kategori berhubungan dengan objek penelitian.

Hal ini setidaknya menunjukan bagian khusus bahwa hasil penelitian yang dilakukan nantinya bermanfaat bagi semua pihak sekaligus memberikan pengakuan bahwa karya daripada proposal penelitian yang dibuat masih terus diperbaharui sebagimana dalam ilmu pengetahuan yang terus bergerak.

Saran Penelitian

Saran adalah bagian tulisan akhir yang dibuat khusus kepada pembaca dengan dilandaskan pada hasil penelitian serta pendapat yang lebih luas. Sehingga prihal ini untuk makalah saran berada di BAB 3 sedangkan untuk penulisan skripsi, tesis, dan desertasi berada dalam BAB IV yang berisi penutup.

Contoh Penulisan Saran bagi Perusahaan, Peneliti, dan Instansi

Sebagai penjelas. Untuk pembuatan serta kepenulisan saran bagi perusahaan, peneliti selanjutnya, dan instansi/pemerintah yang terkait dengan penelitian tidak semua ada. Meski ada beberapa jenis karya tulis ilmiah yang menyertakannya.

Jikalau menyertakan. Maka, prihal ini contoh saran bisa dibuat. Misalnya saja mengangkat tentang sistem pemerdayaan di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur. Maka, saran dituliskan;

Contoh Penulisan dan Pembuatan Saran

Saran

  1. Bagi Lembaga/Inistitusi

Peneliti memberikan saran kepada insitusi Kampung Inggris Pare untuk terus menrus mampu mengembangkan strategi dan model pemberdayaan yang akhirnya mampu mengangkat potensi SDM (Sumber Daya Manusia) di lingkungan sekitar dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kekerabatan dan norma setempat.

Atas dasar inilah peneliti yakin bahwa kampung inggris pare dapat mengembangkan model pemberdayaan ini diberbagai tempat dengan adanya dukungan potensi SDM yang dapat dikembangkan sebagai upaya menanggapi bonus demografi.

  1. Bagi Pemerintah Setempat

Pemerintah Kabupaten Kediri diharapkan mampu menjadi mitra Kampung Inggris pare dalam upaya memberikan dukungan terkait dengan program pemberdayaan Bahasa Inggris secara lebih luas melalui regulasi yang mensejahterakan masyarakat di bidang jasa dan industri kreatif.

Hingga pada akirnya sistem kolaborasi dengan pemerintah di daerah lain juga dapat dikembangkan sebagai upaya promosi jasa dan produk Kampung Ingris Pare.

  1. Bagi Peneliti

Perkembangan kajian mengenai modal sosial dalam upaya pemberdayaan kepada masyarakat sejatinya terus mengalami perkembangan yang pesat. Apalagi di masa pandemi ini secara tidak langsung juga telah mengubah pola hidup terutama pola konsumsi yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Sehingga prihal ini perlu kiranya para peneliti selanjutnya agar terus melakukan berinovasi serta memberikan kebaharuan ilmu pengetahuan mengenai modal sosial dalam pemberdayaan masyarakat mengingat pentingnya penemuan model-model pemberdayaan yang dapat diterapkan di berbagai daerah dengan karakteristik yang variaif.

Cara Menulis Saran bagi Perusahaan, Peneliti, dan Instansi

Adapun untuk langkah-langkah dalam proses menuliskan saran atau rekomendasi yang baik untuk berbagai tulisan ilmiah. Yakni;

  1. Membuat saran/rekomendasi harus konkret dan spesifik

Hindari berbelit-belit. Prihal ini kita dapat memilih untuk menyatakan kembali masalah dan kemudian menjelaskan tindakan spesifik yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Solusi atau ajakan bertindak harus spesifik untuk masalah yang telah kita nyatakan sebelumnya. Jangan memperkenalkan pertanyaan atau masalah baru pada bagian ini.

  1. Saran atau rekomendasi harus terhubung dengan kesimpulan

Saran atau rekomendasi kita harus secara logis mendukung kesimpulan dan harus dapat dicapai. Kita harus membatasi diri pada beberapa saran. Ada kemungkinan bahwa satu rekomendasi bisa cocok untuk semua kesimpulan yang telah kita tuliskan.

  1. Menjelaskan bagaimana solusi yang kita sarankan dapat berkontribusi untuk memecahkan masalah yang kita nyatakan

Pembuatan berbagai jenis saran ini kita tidak boleh hanya berhenti memberikan solusi yang memungkinkan untuk bisa dilakukan, akan tetapi kita juga harus menjelaskan bagaimana hal itu dapat memecahkan masalah yang disorot dalam makalah penelitian kita.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh penulisan saran bagi perusahaan, peneliti selanjut, dan instansi atau lembaga yang terkait. Semoga saja bisa memberikan wawasan untuk kalian ya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *