2 Perbedaan Teori Umum dan Khusus dalam Tinjauan Pustaka

Diposting pada

Perbedaan Teori Umum dan Khusus

Setiap jenis karya ilmiah kepenulisan tentang kajian pustaka dan landasan teori terkadang bisa saja disatukan terkadang juga dipilah.

Hal ini sesuai dengan keinginan sekaligus peraturan dalam dunia akdemis yang ada, disisi lainnya pembuatan bentuk landasan teori terbagi menjadi dua. Yaitu teori umum atau dikenal dengan normatif dan landasan teori khusus. Prihal ini penggunaan contoh landasan teori tersebut tentusaja bisa disatukan meskipun ada sejumlah perbedaan yang harus dipahami.

Perbedaan Teori Umum dan Khusus

Landasan teori bisa dikatakan sebagai bagian daripada proses penyusunan sejumlah teori-teori yang relevan dengan topik penelitian yang dibuat dengan melakukan penelusuran atas sejumlah sumber kepustakaan sesuai dengan objek penelitian dan subjek penelitian yang ada.

  1. Pengertian Teori Umum

Teori umum dalam kajian kepustakaan adalah bentuk pernyataan yang dikemukakan oleh peneliti terdahulu yang bisa diterima kebenarannya secara universal. Artinya tidak dipengaruhi adanya lokasi, waktu, dan bagian realitas yang ada.

  1. Pengertian Teori Khusus

Teori khusus aanya sejumlah landasan teori yang berupa fakta dengan bersifat mikro artinya setiap bentuk telaahnya dijelaskan dalam hubungan realitas sosial yang terjadi pada saat penulisnya ada, sehingga akhirnya mampu memberikan identifikasi beberapa identifikasi.

Perbedaan Teori Umum dan Khusus

Penjelasan tentang adanya perbedaan yang ada dalam landasan teori umum dan khusus dalam tinjauan pustaka. Yaitu;

No Perbedaan Teori Umum Teori Khusus
1 Sifat Bersifat universal dan dapat diterima secara umum Bersifat mikro dan berlaku pada kasus tertentu
2 Penggunaan Bisa dipergunakan dalam masyarakat global sehingga menjadi bukti otentik Dipergunakan hanya pada kasus-kasus spesifik yang berkaitan dengan kondisi
3 Peletakan Ditulsikan pada awal bagian BAB II untuk tinjaun pustaka Dituliskan setelah penjelasan tentang teori umum

Contoh Teori Umum dan Khusus

Penjelasan tentan contoh adanya landasan teori umum dan landasan teori khusus. Misalnya saja;

  1. Contoh Teori Umum

Telaah tentang adanya sumber sejarah yang menyebutkan bahwa Virus Corona 19 yang terjadi sekaligus merubakan wabah bagi masyarakat dunia pertamakali ditemukan sekaligus diidentifikasi di China, yaitu di Wuhan, Hubei, Tiongkok.

  1. Contoh Teori Khusus

Telaah tentang adanya penelitian sosial terkait dengan pemberdayaan masyarakat dan modal sosial. Disinilah bisa dikatakan penjelasan tentang modal sosial dalam pemberdayaan berbeda dengan masyarakay digital pada saat ini. Artinya jikalau pemberdayaan pada saat itu dilakukan secara langsung atau face to face namun saat ini bisa dilakukan dengan jaringan sosial digital.

Nah, demikinalah penjelasan sekaligus pengulasan tentang adanya perbedaan landasan teori umum dan landasan teori khusus dalam kepenulisan tinjauan pustaka beserta dengan contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.