Pengetian Observasi Partisipan dan 3 Contohnya

Diposting pada

Pengertian Observasi Partisipan dan Contohnya

Cara yang paling umum digunakan dalam mendapatkan informasi tentang topik penelitian sekaligus permasalahan yang akan ditentukan ialah dengan mengobservasi. Alasannya karena observasi ini dianggap sebagai metode penelitian dasar untuk mendapatkan informasi tentang apa pun yang diinginkan. Adapun salah satu bentuk observasi yang paling seringditemukan ialah observasi partisipan.

Dimana observasi partisipan si peneliti secara singkat mampu bekerja untuk memainkan dua peran terpisah pada saat yang sama. Yaitu sebagai partisipan subjektif dan pengamat objektif.

Pengertian Observasi Partisipan

Observasi partisipan adalah proses pengumpulan data dimana seorang peneliti secara aktif berpartisipasi dalam penelitian itu sendiri dengan mengamati perilaku yang terkait dengan seorang peneliti dapat melakukan wawancara, mencatat, melihat dokumen, dan mengambil foto.

Adapun dalam penelitian sosial khususnya subjek penelitian sosiologi penggambaran atas metode observasi partisipan yang juga dikenal sebagai penelitian etnografi. Hal ini berlatarbelakang ketika seorang sosiolog benar-benar menjadi bagian dari kelompok yang mereka pelajari untuk mengumpulkan data dan memahami fenomena atau masalah sosial.

Pengetian Observasi Partisipan Menurut Para Ahli

Adapun definisi observasi partisipan menurut para ahli, antara lain;

  1. Riyanto (2010),Observasi partisipan adalah metode pengumpulan jenis data penelitian yang dilakukan dengan menghubungkan seorang peneliti secara langsung untuk terjun ke tempat penelitian sehingga mengambil bagian dalam kegiatan observasi.

Contoh Observasi Partisipan

Contoh penelitian yang menggunakan observasi partisipan, diantaranya yaitu:

  1. Studi observasi partisipan terselubung yang dilakukan oleh Pearson (2009) tentang pendukung Blackpool Football Club (Klub Sepak Bola Blackpool)

Pearson melakukan observasi partisipatif terselubung terhadap pendukung Klub Sepak Bola Blackpool antara 1995 dan 1998. Dia dikenal oleh pendukung lainnya sebagai mahasiswa yang mengejar gelar sarjana hukum, tetapi statusnya sebagai peneliti akademis tidak diketahui.

Pendekatan yang dilakukan oleh Pearson adalah bertemu dengan mereka di pub sebelum pertandingan atau terkadang saat memasuki stadion, dan bertemu dengan mereka setelah pertandingan berlangsung. Dia menghadiri 78 pertandingan tetapi mencatat bahwa karena dia tidak tinggal di daerah tersebut, dia tidak dapat mengamati para pendukung di luar konteks sepak bola.

  1. Penelitian etnografi Sampson (2013) tentang pelaut internasional

Pada April 1999, Sampson menaiki kapal kargo pertamanya. Pada awalnya ia memendam perasaan takut, tapi kemudian ia mengemukakan bahwa awak pelaut Swedia dan Filipina menyambutnya dalam kehidupan mereka dan selama 42 hari, Sampson tinggal dan bekerja bersama mereka, mengecat kapal bersama mereka, menjelajah laut bersama mereka, tertawa bersama mereka, bahkan menari dan bernyanyi bersama mereka.

Bahkan dalam studi Sampson yang melakukan contoh observasi penelitian tersebut memenangkan penghargaan etnografi pertama Thinking Allowed pada tahun 2014.

  1. Penelitian Anna Lora-Wainwright (2018) tentang polusi pedesaan di Cina

Lora-Wainwright menghabiskan waktu dari tahun 2009 sampai dengan 2013 untuk mempelajari bagaimana orang-orang di pedesaan China mengatasi ketika mereka tahu polusi parah memiliki efek yang sangat merugikan pada kesehatan mereka.

Lora-Wainwright berfokus pada bagaimana orang merespons ketika mereka tahu bahwa mereka menjadi sasaran risiko kanker yang signifikan dari polusi terkait bagaimana mereka mengatur dan memprotes, tapi juga bagaimana mereka mengatasi hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dia juga fokus pada bagaimana semua ini terkait dengan agenda industrialisasi pemerintah China yang lebih luas.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengetian observasi partisipan dan contohnya dalam penelitian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *