Contoh Subjek Penelitian dan Objek Penelitian

Diposting pada

Contoh Subjek Penelitian dan Objek Penelitian

Subjek penelitian dan objek dalam penelitian bisa dikatakan sebagai serangkaian pendekatan sistematis yang digunakan oleh seorang peneliti untuk melakukan studi ilmiah. Dalam berbagai kasus contoh penggunaan istilah subjek dan objek ini dianggap sebagai sinkronisasi keseluruhan dari komponen dan jenis data penelitian yang kemudian diidentifikasi menghasilkan hasil penelitian yang relevan.

Oleh karena itulah hampir semua metode penelitian yang ada, selalu membutuhkan objek dan subjek penelitian. Baik itu berupa karya tulis, tesis, skripsi, desertasi, dan lain sebagainya.

Subjek Penelitian dan Objek Penelitian

Memahami kedua istilah subjek penelitian dan objek penelitian, penting bagi artikel ini untuk memberikan pembahasan definisi keduanya.

  1. Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah istilah yang seringkali dipergunakan dalam studi eksperimental, dimana orang-orang yang terlibat merupakan ‘pion‘ dalam topik penelitian tertentu sehingga subjek ini menjadi sasaran atas upaya untuk mengumpulan data.

  1. Objek Penelitian

Objek penelitian adalah sifat dari adanya realitas yang bisa berupa benda atau orang sehingga dalam koredornya sendiri menjadi pusat perhatian dan sasaran untuk rancangan penelitian. Oleh karena itulah pembahasaan ini merujuk pada orang-orang yang terlibat dalam survei, untuk menjawab pertanyaan tidak lebih dari yang diajukan.

Contoh Subjek Penelitian dan Objek Penelitian

Adapun untuk contoh penggunaan subjek dan objek dalam penelitian. Misalnya saja;

Contoh Subjek Penelitian

Yaitu;

  1. Penelitian Kuantitatif

Dalam melakukan penelitian, terutama penggunaan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen atau kuasi-eksperimen, subyek penelitian harus dirumuskan atau ditentukan dengan jelas, misalnya:

“Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tuban, berjumlah 50 anak: 25 perempuan dan 25 laki-laki. Mereka berasal dari keluarga yang tingkat ekonominya menengah ke atas. Pada umumnya mereka termasuk siswa-siswa yang ceria dan semangat dalam belajar…”

  1. Penelitian Kualitatif

Riset yang menggunakan berbagai jenis metode penelitian kualitatif bisa dituliskan misalnya saja untuk subyek pada studi kasus tentang “Partisipasi Politik di Kalangan Mahasiswa”. Dalam contoh studi yang satu ini, mahasiswa yang menjadi sampel penelitian bisa dikatakan sebagai subjek penelitian. Akan tetapi, subjek penelitian dengan topik tersebut biasanya tidak hanya melibatkan mahasiswa.

Misalnya, ketika proses sampling berlangsung, peneliti juga ingin mendapatkan data dari pakar politik tentang tren atau kecenderungan mahasiswa aktif berpolitik, atau justru bersikap apatis terhadap politik. Pakar politik yang menjadi narasumber dalam studi ini juga termasuk subjek penelitian.

Contoh Objek Penelitian

Adapun untuk contoh penulisan dalam pembuatan objek dalam penelitian misalnya saja;

  1. Karya Tulis Ilmiah

Pembuatan karya ilmiah bisanya membutuhkan objek untuk penelitian sebagai upaya memperjelas data yang telah disajikan.

Adapun penggunaannya seperti ingin menyajikan upaya mengatasi pengangguran yang dilakukan oleh Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal Republik Indonesia. Maka, langkah penentuan objeknya bisa dilakukan dengan mengkonritkan kinerja yang dilakukan oleh Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal RI.

  1. Skripsi

Penulisan skripsi haruslah ada objek penelitian. Untuk contoh penulisannya misalnya saja;

Contoh Penulisan Objek Penelitian dalam Skripsi

Objek dalam penyelesaian skripsi ini adalah efesiensi biaya untuk produksi dari penentuan variabel independen dan keuntungan bersih dari varibel dependen. Sehingga kedua variable dalam riset ini menghasilkan data rasio terkait hubungan efesiensi dan biaya produksi.

  1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penulisan dalm objek penelitian untuk PTK bisa ditulis dengan langkah sebagai berikut;

Contoh Penulisan Objek Penelitian dalam Skripsi

Penelitian yang menggunakan metode tindakan kelas dilakukan ini dilakukan pada kelas VI SDN 01 Sukamaju, Kecamatan Bajar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. SDN 01 Sukamaju ini sendiri pada faktanya terdiri dari 7 ruangan kelas / ruang Belajar, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang uks, 1 ruang guru, dan satu ruangan kepala sekolah.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa subjek penelitian adalah orang-orang yang terlibat dalam penelitian, sehingga dalam hal ini ditempatkan pada kondisi tertentu dan bereaksi terhadap adanya intervensi. Oleh karena itulah istilah subyek lebih banyak digunakan dalam sains yang umumnya subjek istilah yang lebih pasif karena pasti.

Sedangkan untuk objek penelitian bisa dikatakan sebagai sasaran dalam penelitian yang bisa ditentukan dengan melihat varibel dari rancangan penelitian yang dibuat. Sehingga objek penelitian bisa berupa orang, tindakan, sampai dengan benda.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai contoh subjek penelitian dan objek penelitian.  Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *