2 Contoh Instrumen Penilaian Observasi yang Bisa Dipergunakan

Diposting pada

Contoh Instrumen Penilaian Observasi

Istilah penggunaan instrumen penilaian yang berupa observasi diakui ataupun tidak menjadi salah satu bagian penting dalam bentuk instrumen penelitian. Alasannya karena dengan panduan inilah sebuah sikap yang dimiliki seorang peneliti terhadap objek penelitian dan subjek penelitiannya bisa dilihat secara jelas.

Disisi lainnya dalam dunia pendidikan, untuk sebagian besar pendidik sudah sering melakukan penilaian, pengukuran, dan evaluasi sebagai bentuk hasil akhir yang ingin diketahui dari setiap peserta didik. Selain itu istilah penilaian, pengukuran, dan evaluasi juga sering digunakan dalam menjalankan tugas guru sebagai pengajar. Tentunya dalam melakukan penilaian guru harus memiliki sifat yang objektif, menyeluruh, dan adil. Agar hasil penilaian benar-benar diperoleh secara murni tanpa adanya suatu rekayasa.

Instrumen Penilaian Observasi

Instrumen penilaian observasi adalah teknik pengumpulan data penelitian yang dijalankan dengan adanya bentuk lembar observasi, sehingga seorang pendidik biasanya dapat dengan mudah mengamati dan menyusun laporan penelitian terhadap perilaku peserta yang berupa sikap spiritual dan sikap sosial.

Namun yang pastinya, lembar observasi sendiri terdiri dari lembar observasi yang bersifat tertutup dan lembar observasi terbuka.

Contoh Instrumen Penilaian Observasi

Adapun untuk contoh dalam pembuatan instrumen observasi. Misalnya saja;

  1. Kegiatan Praktikum

Adanya bentuk kegiatan pembuatan laporan praktikum biasanya seorang tenaga pendidik dalam hal ini membuat instrumen observasi terkait dengan hal yang akan dinilainya. Untuk sistematika penyusunannya yaitu;

Instrumen Penilaian Observasi Praktium

Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Topik/Subtopik :
Indikator Penilaian : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan dalam laboratorium

No Nama Disiplin Tanggung Jawab Kerjasama Teliti Kreatif Peduli Lingkungan Ket
1
2

Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut;

4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

  1. Diskusi

Prihal terselenggarakan diskusi dalam kelas juga kadangkala dibutuhkan adanya instrumen penilaian observasi oleh tenaga pendidikan )guru). Adapun untuk sistematika bentuknya yaitu;

Instrumen Penilaian Observasi Diskusi

Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Topik/Subtopik :
Indikator Penilaian : Peserta didik mampu untuk menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.

No Nama Siswa Kerjasama Rasa Ingin Tahu Santun Komunikatif Keterangan
1
2

Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut;

4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya instrumen penilaian observasi dalam praktikum dan diskusi. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian yang ingin mempergunakannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.