5 Contoh Probabilitas di Masyarakat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Probabilitas

Probabilitas menjadi istilah yang seringkali dipergunakan dalam mata pelajaran matematika, statistik dan statistika. Oleh karena itulah wajar jikalau kadangkala setiap kehidupan sehari-hari penggunaan sangatlah mudah ditemukan meskipun disadari ataupun tidak.

Bahkan dalam arti penelitian sendiri probabilitas dihubungankan dengan jenis populasi dan sampel yang dihitung dengan berdasarkan teknik tertentu, hingga akhirnya nanti ditemukan hasil penelitian yang berkualitas.

Probabilitas

Probabilitas adalah bagian daripada adanya nilai dalam data nominal, ordinal, rasio, dan data interval yang dipergunakan dalam upaya melakukan pengukuran terhadap tingkat terjadinya suatu kejadian yang acak, sehingga terdapat munculnya istilah peluang bahwa sesuatu akan terjadi.

Contoh Probabilitas

Adapun untuk adanya contoh penggunaan istilah probabilitas di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Politik

Prihal politik yang seringkali mempergunakan istilah probabilitas misalnya saja ketika adanya seorang Calon Presiden Republik Indonesia. Dimana beliau memiliki peluang untuk memenangkan 40% suara di masyarakat, jenis data penelitian tersebut dikemukakan setelah melakukan penelitian kuantitatif dengan menghitung keinginan masyarakat Indonesia.

  1. Olaharaga

Penggunaan probabilitas dalam olahraga juga bisa dijadikan sebagai dasar daripada adanya bentuk peluang atas kemenangan terhadap lawan. Kasus ini bisa dilihat ketika adanya Indonesia dan Malaysia ketika bertanding Badminton sejatinya dilihatdari pengalaman pertandingan sebelumya Indonesia bisa menjadi juara.

Sehingga pada akhirnya masyarakat mengatakan bahwa untuk menang Indonesia memiliki peluang 60% dan kekalahan 40% dengan catatan permain yang bertading masih sama.

  1. Permainan

Kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan adanya probabilitas misalnya saja untuk permainan dadu. Setiap pemain dadu dalam hal ini menerapkan ruang sampel terhadap ada enam kejadian yang mungkin: {1, 2, 3, 4, 5, 6}. Untuk masing-masing kejadian tersebut mempunyai peluang yang sama untuk muncul sehingga probabilitas munculnya angka 1 sampai dengan 6 sama dengan 1/6.

  1. Penelitian

Menjalankan penelitian juga kadangkala membuhkan probabilitas, khususnya terhadap teknik pengambilan sampel yang berhubungan dengan populasi.

Prihal ini misalnya saja adanya kegiatan seseorang yang memiliki jumlah 2 populasi, kemudian setiap populasi yang diambilnya tersebut hanya akan diambil 1 saja. Maka setidaknya peluang yang dimiliki setiap populasi yang tersedia dalam data ialah 1/2 atau 50%.

  1. Statistika

Prihal ini adanya kebiasaan seseorang yang menjawab soal dengan terdiri dari Benar-Salah sebanyak 3 kali yang dengan istilahnya ngawur/ngasal. Alasannya karena menganggap bahwa waktu yang tersedia kurang terpenuhi jikalau harus dihitung.

Maka sistematika dalam telaah ini mempunyai ruang sampel yang terdiri dari 8 titik sampel. Dengan rumus S = {TTT, TTF, TFT, TFF, FTT, FTF, FFT, FFF}. Dimana setiap masing-masing titik sampel mempunyai probabilitas yang sama untuk terjadi, yaitu 1/8. Kejadian ”jawaban benar dua” terdiri dari himpunan berikut.

A = {TTH, THT, HTT}

Probabilitas kejadian A merupakan jumlahan dari probabilitas-probabilitas titik-titik sampel di A. Jadi,

Contoh Probabilitas di Masyarakat

Nah, itulah saja artikel yang bisa dikemukakan terkait dengan adanya contoh probabilitas dalam keseharian yang mudah ditemukan. Semoga saja berguna bagi kalian semuanya yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.