Contoh Instrumen Penelitian Observasi

Diposting pada

Contoh Instrumen Observasi

Instrumen penelitian dengan menggunakan metode observasi bisanya dilakukan untuk penelitian kualitatif. Alasannya karena dalam riset kualitatif sebagai salah sat bentuk penelitian sosial lebih mengedepankan prihal pengamatan dan pengumpulan data yang ada di lapangan.

Disisi lainnya, sebelum benar-benar turun di lapangan bisanya selain membuat pedoman wawancara juga membutuhkan lembar observasi. Dimana, fungsi dan kegunanaanya ialah memberikan tuntunan atas riset yang dilakukan sehingga tidak keluar daripada topik penelitian yang diangkat.

Instrumen Observasi

Instrumen observasi adalah alat bantu yang dipilih dan dipergunakan oleh peneliti dalam melangsungkan kegiatan penelitiannya guna mengumpulkan berbagau jenis data penelitian melalui pengamatan agar kegiatan tersebut bisa dilekukan secara sistematis dan data serta lebih mudah diperoleh.

Disisi terdapat berbagai macam instrumen penelitian dalam observasi. Prihal ini misalnya saja untuk observasi naturalistik, observasi tidak terstruktur, dan observasi terstruktur. Tetapi yang pasti, instrumen ini dipergunakan peneliti sebagai alat pengumpulan data dalam berbagai jenis karya tulis ilmiah. Baik skripsi, tesis, desertasi, dan lainnya.

Contoh Instrumen Penelitian Observasi

Sebagai pembahasan yang lebih lengkap. Berikut ini merupakan contoh lembar instrumen observasi yang bisa dipergunakan. Misalnya saja;

  1. Penelitian Kualitatif

Contoh instrumen penelitian menggunakan observasi riset kualitatif ini mengakat tema terkait dengan proses pemberdayaan di masyarakat dengan displin ilmu sosiologi, ekonomi, psikologi, dan lainnya. Untuk penyusunan pedomannya disesuaikan dengan subjek penelitian dan objek penelitian yan dbutuhkan.

Contoh Instrumen Observasi Penelitian Kualitatif

PEDOMAN OBSERVASI PENELITIAN KUALITATIF

No Pedoman Aspek Tujuan
1 Pengamatan (observasi) yang dilakukan adalah mengamati segala bentuk kegiatan di Desa Wisata Sukamaju dalam pelaksanaan pemberdayaan kepada masyarakat di lingkungan sekitar Basecamp dan Kantor Pusat Desa Wisata Sukamaju Mengamati kegiatan yang dilakukan Desa Wisata Sukamaju dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat yang diberdayaakan
2 Unit Kantor/Ruang Kerja di Desa Wisata Sukamaju Melihat secara langsung proses terjadinya kegiatan yang dilakukan oleh Desa Wisata Sukamaju.
3 Lingkungan Kerja pada Umumnya Mengamati lingkungan kerja dan proses terjadinya komuniasi di Desa Wisata Sukamaju.
4 Sarana Belajar yang Dimiliki Melihat secara langsung sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Desa Wisata Sukamaju dalam menunjang proses pemberdayaan.
5 Suasana/iklim kerja sehari-hari baik secara akademik maupun sosial Melihat suasana kerja yang terselenggarakan secara akadmik dan sosial di Desa Wisata Sukamaju.
6 Proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh Desa Wisata Sukamaju dalam pembinaan. Mengamati proses kegiatan belajar yang dilakukan pengurus Desa Wisata Sukamaju melalui 4 devisinya sebagai sarana melakukan pembinaan kepada masyarakat yang diberdayakan.
7 Peran dalam pelaksanaan program pendidikan yang dilakukan oleh Desa Wisata Sukamaju. Melihat peran yang dilakukan devisi Desa Wisata Sukamaju dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat yang diberdayakan.
8 Proses pelaksanaan penerimaan kunjungan wisatawan Melihat proses pelaksanaan penerimaan kunjungan dari para wisatawan yang dilakukan Desa Wisata Sukamaju dalam menawarkan dinasti pariwisatanya.
9 Proses pelaksanaan pembuatan dan pemeliharaan tempat wisata yang di lakukan oleh pengurus Desa Wisata Sukamaju Melihat proses pembuatan dan pemeliharaan tempat wisata yang telah dan akan dilakukan ole para pengurus Desa Wisata Sukamaju.
10 Proses terjadinya transaksi jual beli tiket yang dilakukan oleh pengurus Desa Wisata Sukamaju pada para pengunjung Mengamati para pengunjung Desa Wisata Sukamaju dalam proses pembelian tiket sebagai syarat masuk tempat wisata
11 Menelisik proses perikalanan dan juga promosi yang dilakukan oleh pengurus Desa Wisata Sukamaju Agar bisa melihat seara detail proses promosi yang dilakukan pengurus Desa Wisata Sukamaju dalam menarik pengunjung di wisata daerahnya.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh lembar instrumen penelitian observasi yang bisa dibagikan. Semoga saja mampu memberi wawasan serta sebagai pedoman bagi kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *