Fungsi dari Diagram Batang, Lingkaran, dan Garis

Diposting pada

Fungsi Diagram Batang, Diagram Lingkar, Diagram Garis

Menggunakan gambar diagram dalam penyusunan dan proses penyelesaian berbagai laporan penelitian ataupun kegiatan tentusaja memberikan banyak manfaat. Alasannya karena digram ini menjadi representasi simbolis dari informasi menggunakan teknik visualisasi yang bisa memahamkan bagi pembacanya.

Disisi lain, banyak sekali jenis diagram yang dikenal dalam penghitungan matematika ataupun statistik dan statistika. Dinatarnya seperti diagram batang, diagram lingkaran, diagram garis, diagram peta, pencar, dan lain sebagainya. Tetapi yang pasti, untuk diagram lingkaran, garis, dan batang paling mudah ditemukan.

Diagram

Dalam sejarahnya penggunaan arti diagram telah dilakukan sejak zaman kuno di dinding gua, tetapi menjadi lebih umum selama zaman pencerahan yang dikenal dalam Bahasa Inggris age of enlightenment. Dimana dalam penerapan teknik ini menggunakan visualisasi tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke permukaan dua dimensi, baik dalam bentuk batang, lingkaran, ataupun garis.

Fungsi Diagram Batang, Lingkaran, dan Garis

Diagram batang, lingkaran, ataupun garis kerapkali dipergunakan sebagai istilah kolektif yang untuk seluruh kelas genre teknis, termasuk grafik, gambar teknis, dan tabel. Sehingga pada akhirnya genre ini menampilkan data kualitatif dengan bentuk yang dihubungkan oleh garis, panah, atau tautan visual lainnya.

Untuk memberikan penjelasan lebih mendalam. Berikut adalah definisi dan fungsi ketiganya;

  1. Diagram Batang

Diagram batang adalah penggambaran data cacahan yang disajikan dalam data statistik dengan bentuk batang dalam data interval tertentu. Sehingga untuk proses penjabarannya bisa diterapkan secara vartikel ataupun horizonal.

Fungsi dari Diagram Batang

Adapun beberapa manfaat penggambaran dengan mempergunakan diagram batang, antara lain;

  1. Mampu Menjelaskan Persoalan dengan Visual

Alasannya karena bentuk diagram batang disajikan dalam ketegori tertentu sehingga pada akhirnya pembaca dapat dengan mudah untuk melihat perbandingannya dari tahun ke tahun. Prihal ini misalnya saja di manfaatkan untuk penelitian survai dengan kasus partisipasi pemilihan umum masyarakat Indonesia.

  1. Memanfaatkan Bentuk Varitikal dan Horizonal

Grafik batang ini tentusaja mampu menjelaskan persoalan dengan visual secara detail objek penelitian dengan kondisi yang berbeda, sehingga faktor-faktor yang menjadi penyebab dan pendorongnya dari kasus yang ada bisa secara langsung di lihat.

  1. Diagram Lingkaran

Diagram lingkar yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan Pie Diagram adalah penggambaran berbagai jenis data penelitian secara keseluruhan dengan berbentuk lingkaran, sehingga dalam penyajian datanya sediri dibentuk dengan membuat juring dalam bentuk drajat tertentu.

Fungsi dari Diagram Lingkaran

Kegunaan diagram lingkaran, antara lain;

  1. Memberikan Data Perbandingan

Potongan bagian bagian dalam diagram lingkaran yang disebut dengan juring tentasaja bermanfaat dalam memberikan perbandingan secara mendatil dari topik penelitian yang sudah ditentukan. Dengan proses pembuatannya yang disusun warna warni pembaca sekilas dapat langsung mengetahuinya.

Prihal ini misalnya saja dimanfaat untuk data perbandingan nilai matematika antara kelas X, XI, dan XII di SMA 01 Surakarta. Maka, dari nilai tersebut bisa dilihat kelas mana yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi.

  1. Diagram Garis

Diagram garis yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan line chart (peta garis) adalah diagram yang menampilkan data dalam bentuk titik-titik yang dihubungkan menjadi sebuah garis. Dimana untuk bentuk penyajian data yang paling banyak dipergunakan dalam berbagai pelaporan perusahaan maupun proses penyajian hasil penelitian.

Alasannya karena dari digram ini dapat melihat secara langsung klasifikasi responden penelitian berdarkan perolehan yang didapatkan.

Fungsi dari Diagram Garis

Kegunaan diagram garis antara lain;

  1. Memberikan Data Pengamatan Kualitatif dalam Bentuk Kuantitatif

Diagram garis bisa merubah adanya data penelitian kualitatif menjadi kuantitatif dengan mempergunakan prosedur penampilan yang menghubungkan antara nilai X dan Y. Prihal ini misalnya saja melakukan wawancara dengan 10 informan penelitian terkait dengan kebrhasilan proses pemberdayaan yang dilakukan lembaga tertentu.

Maka, sekilas jikalau ada pertanyaan tentang jawaban apakah pembardayaan ini perlu untuk dilakukan kembali?. Jikalau jawabannya ia berarti proses pemberdayaan tersebut berhasil, akan tetapi jikalau tidak berarti ada beberapa catatan yang harus diperbaiki.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang diagram batang, lingkaran, ataupun garis maka dapat disimpulkan bahwa ketiganya merupakan gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar.

Dimana diagram juga dapat mengacu pada lambang-lambang tertentu yang bisa digunakan untuk menjelaskan sarana, prosedur, serta kegiatan yang biasa dilaksanakan dalam suatu sistem.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan kegunaan dari diagram batang, diagram lingkaran, dan diagram garis, beserta contoh singkatnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *