Faktor Yang Dipengaruhi Variabel Bebas dan Variabel Kontrol

Diposting pada

Faktor Variabel Bebas dan Variabel Kontrol

Variabel diberi nama khusus yang hanya berlaku untuk metode penelitian eksperimental. Dalam proses eksperimental variabel ini dapat mempengaruhi hasil penelitian akhir. Sehingga si peneliti harus berusaha membatasi variabel-variabel ini dengan perubahan spesifik yang mereka pelajari.

Variabel mewakili apa pun yang mengalami perubahan. Variabel dapat berupa fluktuasi suhu, perilaku, lingkungan, makanan, kualitas udara.

Variabel Penelitian

Pada hakekatnya dalam variabel untuk arti penelitian dikategorikan ke dalam tiga kelompok. Yang pertama adalah variabel terikat (atau merespons) yaitu variabel yang diukur oleh peneliti untuk mencapai hasil akhir. Yang kedua adalah variabel bebas (atau dimanipulasi) yaitu perubahan yang secara sadar dibuat untuk mempelajari tindakan atau reaksi tertentu. Dan yang ketiga adalah variabel kontrol.

Yang pasti dari ciri variabel bebas dan karakteristik variabel kontrol inilah yang dapat mempengaruhi perubahan pada faktor-faktor yang termasuk variabel terikat.

Faktor Yang Dipengaruhi Variabel Bebas dan Variabel Kontrol

Variabel bebas dan variabel kontrol yang menjadi bagian penelitian berpengaruh terhadap faktor-faktor yang termasuk dalam variabel terikat. Untuk lebih jelasanya maka berikut ini penjelasan yang disertakan dengan contohnya.

  1. Faktor tekanan darah yang dipengaruhi oleh jenis obat yang dikonsumsi

Seseorang peneliti sedang mempelajari dampak dari obat baru pada tekanan darah pasien hipertensi (tekanan darah tinggi kronis). Untuk menguji apakah obat ini efektif, peneliti tersebut membagi pasien menjadi dua kelompok. Satu kelompok minum obat, sedangkan kelompok lain minum plasebo pil gula.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah perawatan yang bervariasi di antara kelompok-kelompok yaitu jenis obat apa yang diterima pasien. Sedangkan variabel dependen adalah hasil yang diukur yaitu tekanan darah pasien.

  1. Faktor perbedaan perbedaan dalam pertumbuhan upah yang dipengaruhi oleh kenaikan upah minimum

Seseorang peneliti tertarik pada apakah upah minimum yang lebih tinggi berdampak pada pertumbuhan upah pekerja mingguan di industri makanan cepat saji AS. Peneliti tersebut melihat upah karyawan makanan cepat saji di dua negara bagian yang bertetangga, salah satunya menaikkan upah minimum tahun lalu, sementara yang lain tidak.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah upah minimum. Meskipun peneliti tersebut tidak bisa mengendalikannya sendiri, dia dapat memanfaatkan perubahan dalam penelitiannya. Sedangkan contoh variabel dependen adalah perbedaan dalam pertumbuhan upah mingguan antara kedua negara.

  1. Faktor tinggi tanaman yang dipengaruhi oleh jenis pupuk yang digunakan

Seorang peneliti ingin melihat jenis pupuk mana yang membantu tanaman tumbuh paling cepat, jadi peneliti tersebut menambahkan merek pupuk yang berbeda untuk setiap tanaman dan melihat seberapa tinggi mereka tumbuh.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah jenis pupuk yang diberikan kepada tanaman. Sedangkan ciri variabel dependen adalah tinggi tanaman.

  1. Faktor jumlah alga yang dipengaruhi oleh suhu lautan

Peneliti tertarik pada bagaimana kenaikan suhu laut memengaruhi kehidupan ganggang, jadi dia merancang eksperimen yang mengukur jumlah ganggang dalam sampel air yang diambil dari lokasi samudera tertentu di bawah suhu yang bervariasi.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah suhu lautan. Sedangkan variabel dependen adalah jumlah alga yang dapat hidup di perairan laut tersebut.

  1. Faktor masa hidup yang dipengaruhi oleh konsumsi vitamin

Jika seorang ilmuwan melakukan percobaan untuk menguji teori bahwa vitamin dapat memperpanjang harapan hidup seseorang, maka variabel independen adalah jumlah vitamin yang diberikan kepada subjek dalam percobaan. Ini dikendalikan oleh ilmuwan dalam percobaan. Sedangkan variabel dependen, atau variabel yang dipengaruhi oleh variabel independen, adalah masa hidup

  1. Faktor pertumbuhan biji yang dipengaruhi oleh jumlah air

Peneliti mencoba untuk melakukan eksperimen biologi dengan biji, yaitu dengan menumbuhkan beberapa bunga matahari dan mengamati bagaimana berbagai faktor mempengaruhi pertumbuhannya.

Misalnya, peneliti tersebut memiliki sepuluh bibit bunga matahari, dan dia memutuskan untuk memberikan masing-masing jumlah air yang berbeda setiap hari untuk melihat apakah itu mempengaruhi pertumbuhannya. Variabel independen di sini adalah jumlah air yang diberikan pada tanaman, sedangkan variabel dependen adalah seberapa tinggi bunga matahari tumbuh.

  1. Faktor skor tes pemahaman yang dipengaruhi oleh paparan musik Mozart

Dalam sebuah studi eksperimental melihat paparan musik klasik dan kemampuan membaca pada anak-anak, peneliti membagi anak-anak menjadi dua kelompok (Grup A dan B). Di Grup A, anak-anak mendengarkan Mozart selama satu jam setiap hari selama satu bulan.

Di Grup B, orang tua diperintahkan untuk menahan diri dari bermain musik klasik di sekitar anak selama satu bulan. Pada akhir bulan, semua anak diberi tes kemampuan membaca.  Mereka yang mendengarkan harian Mozart (Grup A) mendapat nilai lebih tinggi secara signifikan pada tes membaca.

Dalam hal ini, skor tes pemahaman membaca adalah variabel dependen dan paparan musik Mozart adalah variabel independen. Ini karena nilai tes tergantung pada apakah anak mendengarkan musik Mozart atau tidak. Variabel independen, paparan musik Mozart, adalah independen karena itu adalah sesuatu yang dapat dimanipulasi atau diubah oleh peneliti.

  1. Pengaruh variabel kontrol dalam percobaan produk pembersih

Misalnya, jika kita membandingkan produk pembersih, merek produk pembersih akan menjadi satu-satunya variabel independen yang diukur. Tingkat kekotoran, jenis kotoran atau noda, suhu air dan waktu siklus pembersihan hanyalah beberapa variabel yang harus sama antara percobaan.

Kegagalan untuk melakukan standarisasi bahkan salah satu dari variabel kontrol ini dapat menyebabkan variabel perancu dan menggagalkan hasil.

  1. Pengaruh variabel kontrol dalam percobaan pemberian makan anjing

Misalnya, dalam contoh percobaan anjing, seorang peneliti perlu mengontrol seberapa lapar anjing pada awal percobaan, jenis makanan yang dia berikan makan kepada mereka, dan apakah makanan itu jenis yang mereka sukai. Mengapa? Jika tidak, maka penjelasan lain dapat diberikan untuk perbedaan yang dia amati dalam berapa banyak mereka makan.

Misalnya, mungkin anjing kecil makan lebih banyak karena lapar hari itu, mungkin anjing besar tidak menyukai makanan anjing yang ditawarkan, atau mungkin semua anjing akan makan lebih banyak makanan anjing basah daripada makanan anjing kering.

Jadi, peneliti harus menjaga semua variabel lain tetap sama (dia mengendalikannya) sehingga dia hanya dapat melihat efek dari satu variabel (variabel independen) yang dia coba uji. Mirip dengan contoh tersebut sebagian besar eksperimen memiliki lebih dari satu variabel yang dikontrol.

  1. Faktor Lainnya

Jika variabel kontrol tidak dijaga konstan, itu dapat merusak eksperimen. Misalnya, kita dapat menyimpulkan bahwa tanaman tumbuh optimal pada 4 jam cahaya sehari. Namun, jika tanaman menerima tingkat pupuk yang berbeda, percobaan kita menjadi tidak valid.

Sebagai seorang peneliti, kita harus mengidentifikasi variabel apa pun yang dapat memengaruhi hasil eksperimen kita dan kita harus mengambil langkah-langkah agar tetap konstan (“kendalikan”).

Jika tidak, percobaan akan merusak validitas internal, yang merupakan cara lain untuk mengatakan bahwa hasil eksperimen kita tidak akan valid. Ketika variabel kontrol tidak dikontrol, mereka berubah menjadi variabel perancu, yang memengaruhi hasil dan merusak eksperimen.

Demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkenaan dengan faktor yang dipengaruhi oleh adanya variabel bebas dan variabel kontrol dalam penelitian ilmiah. Semoga bisa memberi pemahaman bagi pembaca yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *