Jenis Data Berdasarkan Sumber dan Penggunanya

Diposting pada

Data Berdasarkan Sumber dan Penggunanya

Pada dasarnya penggunaan istilah data dalam Bahasa Inggris pertama dari terjadi pada tahun 1640-an. Dimana, kata “data” dikaitakan dengan “informasi komputer yang dapat ditransmisikan dan disimpan”. Hingga sampai saat ini, akhirnya data juga disematkan dalam arti penelitian.

Adapun dalam jenis data penelitian ini digolongkan kedalam berbagai bentuk. Salah satunya dilihat berdasarkan sumber dan penggunanya.

Data Berdasarkan Sumber dan Penggunanya

Data penelitian berdasarkan sumber dan penggunannya adalah serangkaian rencana sekaligus prosedur untuk melakukan riset yang mencakup langkah-langkah mulai dari pengumpulan, metode penelitian yang dipergunakan, hingga pada tahapan analisis dan interpretasi.

Jenis Data Berdasarkan Sumber dan Penggunanya

Berdasarkan sumber dan penggunanya, data statistik bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Data Internal

Data internal adalah informasi, statistik, dan tren yang yang dimiliki oleh suatu organisasi melalui operasi atau kegiatan yang mereka lakukan. Jenis data statistik dan statistika ini mencakup fakta dan angka yang dimiliki oleh perusahaan dalam database internal, perangkat lunak, pelanggan, pengambilan keputusan, dan laporan. Data internal termasuk beberapa bentuk data berikut:

  1. Tren dan metrik penjualan
  2. Kebiasaan pelanggan
  3. Tren pengguna perangkat lunak
  4. Tren operasional
  5. Pengambilan keputusan kepemimpinan
  6. Data pemasaran
  7. Penelitian internal
  8. Laporan arus kas
  9. Hasil penelitian dari survei
Contoh Data Internal

Misalnya saja;

  1. Data Keuangan

Departemen keuangan perusahaan dapat menghasilkan data berharga seperti laporan produksi, laporan arus kas, dan anggaran.

Laporan produksi merinci jumlah pasti yang dihabiskan untuk memproduksi produk dan layanan. Laporan arus kas merinci berapa banyak uang yang digunakan dalam perusahaan selama periode waktu tertentu. Laporan anggaran memberikan informasi tentang bagaimana uang dibelanjakan relatif terhadap apa yang dialokasikan.

  1. Data Eksternal

Data eksternal adalah setiap validasi data penelitian yang dihasilkan dari luar organisasi. Data ini bisa berasal dari berbagai sumber, dan inisiatif data terbuka sekarang berlimpah, menyediakan banyak data eksternal untuk keperluan analisis.

Contoh Data Eksternal

Misalnya saja;

  1. Cuaca

Salah satu contoh data eksternal adalah cuaca, yang sangat berguna dalam manajemen rantai pasokan. Jaringan supermarket Tesco yang berbasis di Inggris, misalnya, terkenal karena penggunaan data cuaca untuk mendorong wawasan yang lebih kaya yang membantu mereka memprediksi penjualan dan persyaratan stok.

Mereka melaporkan pada tahun 2013, mereka berhasil menghemat £ 6 juta ($ 7,5 juta) per tahun dan mengurangi stok habis sebesar 30% pada penawaran khusus. Faktanya, dalam survei profesional rantai pasokan baru-baru ini oleh Kantor Meteorologi Inggris, 47% menyebut cuaca sebagai salah satu dari tiga faktor teratas di luar bisnis mereka yang mendorong permintaan konsumen.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan macam-macam data berdasarkan sumber dan penggunanya dalam penelitian. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *