Contoh Surat Publikasi Perpustakaan/Karya Ilmiah/Kerjasama/Jurnal

Diposting pada

Contoh Surat Publikasi

Setiap lembaga pemerintah dan instansi resmi yang ada di Indonesia senantiasa mementingkan etika komunikasi yang baik. Hal ini bertujuan agar mempermudah pekerjaan. Tak jarang membutuhkan media untuk melancarkan jalannya berbagai agenda, salah satunya ialah melakukan penelitian.

Dalam berbagai media kegiatan tersebut biasanya menggunakan surat sebagai alat komunikasi yang familiar salah satunya ialah surat pernyataan publikasi atas hasil penelitian yang telah kita lakukan untuk diberikan rekomendasi dalam menampilkan dalam jurnal internasional ataupun skala nasional.

Surat Publikasi

Surat pernyataan publikasikan termasuk sebagai surat resmi yang merupakan alat komunikasi yang dikirim dari satu pihak ke pihak lainnya yang memuat mengenai kepentingan surat tugas atau kegaitan yang dilakukan dalam suatu lembaga atau suatu instansi.

Surat publikasi juga bisa disebut sebagai surat resmi karena menggunakan patokan serta bahasa yang baku. Yang sudah ditentukan rambu-rambunya untuk menjaga etika dalam berkomunikasi antara lembaga satu dan lainnya, sehingga dalam pernanan yang diberikan setiap orang harus memahami kaidah kepenulisan yang benar.

Contoh Surat Publikasi

Guna memberikan penjelasan yang terperinci berikut ini ragam contoh kepenulisan yang ada dalam surat pernyataan publikasi atas karya ilmiah yang telah kita buat. Antara lain;

  1. Perpustakaan

Bagian penting yang tidak boleh dilupakaan saat mulai menyusun metode penelitian untuk kemudian dilakukan penulisan dalam hasil penelitian ialah menyampiakan surat publikasi di perpustakaan. Beberapa instansi termasuk perguruan tinggi biasanya memerlukan ini sebagai syarat mengajukan wisuda. Adapaun struktur kepenulisan yang bisa dilakukan.

Publikasi Perpustakaan
Contoh Surat Publikasi Perpustakaan
  1. Karya Ilmiah

Karya tulis ilmiah yang biasa dihasilkan dalam sebuah penelitian kadangkala memberikan pernyataan terkait publikasi yang diberikan. Dalam peranannya kondisi ini untuk menghubungkan antara penulisan (penelitian) dengan lembaga atau instansi tertentu.

Publikasi Karya Tulis Ilmiah

SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya

Nama :

NIM :

Fakultas/Jurusan :

Jenis :

Judul Skripsi/Thesis/Desertasi :

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya setuju untuk;

  1. Memberikan hak bebas royalti/pemberian dana kepada (……) atas penulisan karya ilmiah saya, demi pengembangan disiplin ilmu pengetahuan.
  2. Memberikan hak untuk menyimpan dan mempublikasikan, tanpa meminta lagi persetujuan dari saya selama mencantumkan nama saya sebagai pembuat karya tulis ilmiah ini.
  3. Bersedia dan menjamin untuk menanggung secara pribadi tanpa melibatkan pihak (…..), dari semua bentuk tuntutan hukum yang timbul atas pelanggaran hak cipta dalam karya ilmiah ini.

Demikian surat keterangan pernyataan surat publikasi ini saya tuliskan dengan sadar dan semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Depok, 02 Juni  2020

Yang menyatakan

(Nama Lengkap)

  1. Penawaran Kerjasama

Bentuk pembuatan surat untuk penawaran kerjasama publikasi ini bisanya dilakukan oleh berbagai pihak ketika melakukan kegiatan tertentu.

Pada prosesnya penggunaan penawaran kerjasama ini untuk mempublikaskan atas kegiatan yang dilakukan pada media secara online ataupun offline. Bahkan dalam penyusunannya bisa langsung dikirimkan via email, tentusaja dengan kaidah bahasa yang benar.

Publikasi Kerjasama Kegiatan

Dear Bapak/Ibu,

Selamat siang.

Perkenalkan saya (Nama Lengkap) dari Panitia Festival Pendidikan. Izinkanlah saya menjelaskan secara singkat mengenai Festival Pendidikan terlebih dahulu.

Festival Pendidikan adalah sebuah acara yang dibuat oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (BEM FIP) Universitas Negeri Padang, yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang isu pendidikan dan menjadi wadah literasi serta prestasi bagi mahasiswa Indonesia.

Kami akan mengadakan perlombaan esai, cover isyarat, inovasi pembelajaran media sederhana di era digital, film pendek, debat multikultur, seminar nasional pendidikan dan field trip yang ditujukan untuk seluruh Mahasiswa se-Indonesia. Berikut untuk detail acaranya.

Festival Pendidikan 2020

Tema :

Hari, Tanggal :

Lokasi :

Melalui email ini, saya ingin mengajak website anda kolaborasi dengan FESTIVAL PENDIDIKAN sebagai media publikasikan dalam acara kami.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Respon positif Anda sangat kami nantikan. Terima kasih.

Depok, 02 Juni  2020

Yang mengajukan

 

(Nama Lengkap)

  1. Pernyataan Publikasi Jurnal/Penelitian

Bagian terakhir yang bisanya dibuat oleh kalangan akademik ialah menuliskan surat pernyataan terkait dengan publikasikan atas penelitian yang dilakukan, kondisi ini juga termasuk ketika memberikan kesediaannya untuk dipublikaskan dalam jurnal, baik untuk ciri jurnal internasional ataupun ciri jurnal nasional.

Akan tetapi yang pasti dalam menuliskan bagiakn surat ini setelah adanya pernyataan keaslian karya dan contoh lembar pengesahan yang diberikan oleh lembaga yang berwenang.

Publikasi Jurnal/Penelitian
Contoh Pernyataan Publikasikan Karya

Fungsi Surat Publikasi

Dari beragam contoh surat publikasikan ini setidaknya penting diketahui bahwa ada beberapa fungsi mengapa seorang akademik/mahasiswa/siswa haruslah membuatnya. Antara lain;

  1. Sebagai pengikat, karena surat publikasikan dapat dijadikan arsib atau jenis dokumentasi bagi instansi yang membutukan. Tidak jarang antar lembaga memiliki perjanjian secara resmi. Surat publiaksikan menjadi salah satu dokumen yang dapat disimpan sebagai arsib.
  2. Sebagai pedoman pekerjaan. Pekerjaan resmi di perusahaan atau lembaga-lembaga pemerintah memerlukan SOP atau peraturan yang harus dipatui oleh setiap pekerja. Oleh karen itu surat publikasi merupakan salah satu media yang dapat diginakan untuk membuat pedoman pekerjaan secara resmi.
  3. Sebagai alat bukti. Berbagai kasus atau perkara membutuhkan bukti yang valid dan resmi. Suart publiasikasi dapat dijadikan bukti yang resmi dikeluarkan oleh insntansi tertentu.
  4. Sebagai butki perkembangan suatu lembaga atau instansi. Dalam suatu instansi terdapat proses yang harus selalu dipantau. Surat publikasi dapat digunakan sebagai bukti dalam perkembangan suatu instansi.

Nah, demikianlah uraian atas artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh surat pernyataan publikasi untuk perpustakaan, karya ilmiah, kerjasama dengan media, dan kesediaan untuk ditampilkan dalam jurnal. Semoga membantu.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *