Contoh Proposal Kegiatan Sekolah yang Baik dan Benar

Diposting pada

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Karya tulis yang didalamnya berisi gambaran detail mengenai sebuah agenda yang akan diadakan dengan meliputi latar belakang, tujuan, waktu dan tempat, peserta, susunan panitia, anggaran dana, dan lain sebagainya bisa dikatakan sebagai proposal kegiatan yang dibuat oleh organisasi ataupun lembaga tertentu dalam upaya penyelenggaraan agenda, tak terkecuali sekolah.

Alasannya karena sekolah sendiri banyak ditemukan organisasi, contohnya saja Organisasi Siswa Intera Sekolah (OSIS), Pramuka, PMR (Palang Merah Remaja), KIR, dan lain-lain. Oleh karena itulah pada artikel ini akan mengulas tentang adanya sususun proposal kegiatan sekolah yang baik dan benar.

Proposal Kegiatan Sekolah

Proposal kegiatan sekolah adalah sistem perpaduan rencana agenda yang dituliskan ke dalam lembar kertas yang dibuat sebelum agenda dijalankan agar memperoleh dana sponsor sekaligus persetujuan dari pihak sekolah untuk merealisasikannya.

Dimana sistematika kepenulisan proposal kegiatan sekolah ini dibuat dengan sistematis, logis, dan objektif yang setidaknya terdiri atas nama kegiatan (judul), latar belakang, tujuan kegiatan, tema, sasaran peserta, tempat dan waktu kegiatan, lembar pengesahan, kepanitiaan, rencana anggara kegiatan, sekaligus penutup.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Adapun untuk contoh penulisan proposal kegiatan sekolah yang baik dan benar. Antara lain;

  1. Kegiatan OSIS

Kegiatan OSIS (Organisasi Siswa Intera Sekolah) kerapkali menyelenggara agenda tertentu, prihal ini misalnya saja pembuatan event keagamaan. Maka kepenulisannya;

Proposal Kegiatan Osis

PENDAHULUAN

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah Swt atas segala kenikmatan yang diberikan kepada kita, shalawat serta salam tidak lupa kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, para sahabatnya dan kita semua sebagai pengikutnya.

Sebagaimana perwujudan salah satu program kerja yang telah kami rencanakan sebelumnya, kami selaku pengurus Keputrian Rohis SMAN 3 Kota Tangerang bermaksud untuk menyelenggarakan kegiatan Keputrian Akbar Fatimah III.

Fatimah III adalah rangkaian kegiatan Keputrian akbar SMAN 3 Kota Tangerang yang ke tiga. Pada kesempatan kali ini, Fatimah III mengambil tema “Let’s Follow Quran Let’s get to Jannah” Yang bertujuan untuk menyadarkan seluruh umat muslimah umumnya dan kalangan remaja khususnya agar menjaga adab dan akhlaknya seperti yang tercantum dalam Al-Quran yang menjadi aturan kehidupan.

Keputrian akbar ini berisi materi yang mengingatkan kita bahwa kehidupan dunia ini hanya sementara dan akhirat adalah tujuan utama, terutama bagi para remaja yang masih terlalu memikirkan urusan dunia tanpa memikirkan kehidupannya di akhirat kelak.

Dalam keputrian akbar ini juga terdapat materi yang menyadarkan kita untuk senantiasa hanya berharap kepada Allah sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat tujuh puluh “Wahai orang orang yang beriman bertaqwalah kalian kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar”.

Setelah keputrian akbar ini, diharapkan para peserta dapat mengambil nilai-nilai positif dari materi yang disampaikan, mengutamakan Allah dan Al-Quran di atas segalanya, dan mengubah prinsip hidup dengan akhirat sebagai tujuan utamanya.

Mengingat pentingnya acara ini, maka kami selaku pengurus Keputrian Rohis SMAN 3 Kota Tangerang memohon dengan hormat agar mengizinkan terselenggaranya acara ini yang Insyaa Allah akan berjalan baik berkat dukungan, partisipasi dan kerjasama dari berbagai pihak.

NAMA KEGIATAN

Keputrian Akbar “Fatimah III” SMAN 3 Kota Tangerang 2021/2022

  1. TEMA KEGIATAN

Let’s Follow Quran Let’s get to Jannah
“Mari ikuti Quran Mari kita sampai ke Jannah”

  1. Deskripsi Acara

Keputrian Akbar adalah sebuah acara yang diselenggarakan Keputrian Rohis SMAN 3 Tangerang dan  disajikan untuk seluruh pelajar muslimah khususnya pelajar muslimah di SMAN 3 Tangerang yang dilaksanakan oleh Fatimah Season III.

Acara ini berfungsi sebagai sarana dakwah guna mempererat ukhuwah islamiyyah dan lebih mencintai Al-Quran. Diharapkan acara ini akan menambah ilmu dan juga menyebarkan pentingnya berpedoman dengan Al-Quran.

  1. Garis Besar

Sebagai pelajar muslim di zaman modern ini, kita harus bisa menyaring informasi dengan benar dan terarah. Banyak yang menghancur-leburkan akhlak bangsa. Kita sebagai individu maupun kelompok harus terus mempelajari islam lebih dalam sesuai Al-Quran  dan mengkaji apa saja yang yang sudah benar dan juga harus diperbaiki dalam hidup kita sesuai dengan pandangan islam.

Tidak mudah untuk berusaha memperbaiki diri sesuai dengan yang Allah swt beritahu dalam Al-Quran. Fatimah Season III berusaha untuk mengingatkan dan memberi motivasi semua orang untuk mengikuti Al-Quran. Meyakinkan bahwa hasil dari mendekati Al-Quran akan membawa kita menuju surgaNya.

DASAR KEGIATAN  

  1. Berdasarkan program kegiatan Rohis SMAN 3 Kota Tangerang periode 2021/2022
  2. Berdasarkan perundingan dengan guru pembimbing
  3. Berdasarkan kewajiban sebagai umat islam dalam menjalankan syariat agama
  4. Berdasarkan UUD 1945 Pasal 31 ayat 2 untuk mewujudkan sistem pendidikan yang berlandaskan akhlakul karimah dan menjadikan siswa/i yang bertaqwa pada Allah SWT

TUJUAN KEGIATAN

  1. Peserta dapat termotivasi untuk selalu memperbaiki diri dengan berpedoman pada Al-Quran
  2. Peserta dapat mengetahui nikmat mendekati Al-Quran
  3. Memberikan jawaban dari setiap tentang adab dan akhlak sesuai aturan Al-Quran

JADWAL KEGIATAN

Hari Sabtu
Tanggal 16 April 2022
Waktu 07.00 s/d selesai
Tempat Lapangan SMAN 3 Tangerang

SEKSI KEPANITIAAN

Penanggung Jawab Drs. Nama Lengkap
Waka Kurikulum
Waka Kesiswaan
Waka Sarana dan Prasarana
Waka Humas
Pembina OSIS
Pembina ROHIS
Ketua Panitia
Ketua Pelaksana
Sekretaris
Bendahara
Seksi Acara
Seksi Humas Publikasi Dokumentasi
Seksi Perlengkapan
Seksi Konsumsi
Seksi Peralatan

SUSUNAN ACARA

No Waktu Kegiatan
1 07.00 – 08.00 PERSIAPAN DAN REGISTRASI
2 08.00 – 08.30

PEMBUKAAN (SAMBUTAN)

  • Sambutan Kepala Sekolah
  • Sambutan Pembina Rohis/Keputrian
  • Sambutan Ketua Pelaksana
3 08.30 – 09.00 PEMBACAAN AL-QUR’AN & SARI TILAWAH
4 09.00 – 10.30

PENYAMPAIAN MATERI OLEH PEMBICARA 1

Meliputi;

  1. Pengalaman menghafal dan mengajar Al-Quran
  2. Memotivasi para peserta terkait memperbaiki adab dan akhlak sesuai Al-Quran
  3. Tanya Jawab
5 10.30 – 10.45 Hiburan/Promosi sponsor
6 10.45 – 12.00

PENYAMPAIAN MATERI OLEH PEMBICARA 2

Meliputi:

  1. Pengalaman menghafal dan mengajar Al-Quran
  2. Pengalaman menulis “Reach Your Dreams
  3. Memotivasi peserta menjadi muslimah yang meneladani Al-Quran
  4. Tanya Jawab
7 12.00 – 12.45 Promosi, Doorprize & Penutup

ANGGARAN BIAYA

  1. Pemasukan
No Keterangan Banyak Harga Satuan Jumlah Jumlah
1 Infaq peserta 200 Rp. 15. 000,00 Rp 3.000.000,00
2 Dana kas ROHIS Rp 1.000.000,00
3 DKM Rp 5.000.000,00
4 Penggalangan dana Rp 2.977.000,00
5 Infaq anggota ROHIS Rp 1.250.000,00
6 Donatur Rp 15.785.000,00
Jumlah Rp 29.012.000,00
  1. Pengeluaran
No Keterangan Jumlah Biaya
1 Administrasi Rp 1.781.000,00
2 Acara Rp 10.336.000,00
3 Perlengkapan Rp 13.080.000,00
4 Konsumsi Rp 3.815.000,00
Jumlah Rp. 29.012.000.00
  1. Rekapitulasi Dana Total
No Keterangan Jumlah Biaya
1 Pemasukan Rp. 29.012.000,00
2 Pengeluaran Rp. 29.012.000,00
Jumlah Total 0

PENUTUP

Panitia pelaksana Keputrian Akbar “Fatimah III” 2021/2022 berharap agar pengajuan proposal ini dapat dipertimbangkan dengan baik oleh pihak-pihak yang terkait. Kami selaku panitia memohon dukungan dari setiap pihak yang membantu agar acara ini dapat terlaksana dan dapat berjalan dengan lancar.

Semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita. Atas bantuan dan partisipasinya, kami berharap Keputrian Akbar Fatimah III 2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar serta bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin

Nah, itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh penulisan proposal kegiatan di sekolah dengan penyelenggara OSIS yang baik dan benar. Semoga saja bisa memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.