Contoh Lembar Kerja Siswa (LKS)

Diposting pada

Contoh LKS

Dalam ranah proses pembalajaran tentusaja tak asing lagi dengan Lembar Kerja Siswa atau yang dikenal dengan singkatan LKS. Pasalnya LKS sendiri menjadi salah satu bentuk alat bantu pada proses pembelajaran yang secara umum keberadaannya menjadi pendung dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, bahkan dalam membuar arti penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kadangkala juga mengambil bagian LKS sebagai data sekunder.

Oleh karena itulah, dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan pembuatan LKS menjadi sangat penting. Baik itu matematika, biologi, kimia, Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Namun, yang perlu dipahami LKS ini bisanya lebih cederung pada mata pembelajaran bernuansa sains.

Lembar Kerja Siswa (LKS)

Lembar Kerja Siswa yang kadangkala dikenal dengan Lembar Kegiatan Siswa adalah salah satu perangkat dalam media pendidikan yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan peserta didik agar dapat dengan sendirinya belajar dengan maksimal melalui penjabaran atas visual, gambar, ataupun audiovisual.

Contoh Lembar Kerja Siswa (LKS)

Adapun untuk kelengkapannya. Berikut ini merupakan salah beberapa contoh lembar kerja siswa yang baik dan benar. Misalnya saja;

  1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Untuk contoh LKS dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), misalnya saja sebagai berikut;

LKS IPA

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Petunjuk:

  1. Siswa diwajibkan membentuk kelompok kecil (5 sampai dengan 6) orang
  2. Siswa harus berdiskusi dalam kelompoknya sendiri
  3. Menuliskan hasil diskusi pada lembar yang sudah tersedia

Latihan!

  1. Tuliskan apa yang dimaksud dengan energy?

Jawab…..

  1. Tuliskan rumus energi!

Jawab: ……………………

  1. Apa yang dimaksud dengan perubahan energi ?

Jawab: ………………………

  1. Tuliskan perubahan energi dari gambar dibawah ini:

Contoh LKS IPA

  1. Fisika

Adapun untuk LKS mata pelajaran Fisika yang bisa dipergunakan. Misalnya saja dengan topik pembahasan “Besaran Dan Pengukuran”. Maka proses LKS yang menarik sebagai berikut;

LKS Fisika

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Materi              : Besaran Dan Pengukuran

Tanggal           :

Nama anggota kelompok;

  1. Angga
  2. Maratul
  3. Anisatul
  4. Hendik

Kerjakan soal-soal di bawah ini!

  1. Tulis dan jelaskan perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan!
  2. Tulislah macam-macam dimensi dan fungsinya!
  3. Tentukan hasil pengukuran di bawah ini
  1. Jangka sorong

LKS Fisika

  1. Mikrometer sekrup

Contoh LKS Fisika

Jawaban:____________________________________________________________________________________________________________________________

  1. Lengkapilah minimal 5 nomor tabel besaran turunan yang tersedia di bawah ini!
No Nama Besaran Turunan Simbol Rumus Satuan SI Dimensi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
  1. Matematika

Proses pembuatan LKS dalam pelajaran Matematika sejatinya hampir sama dengan IPA dan fisika. Hanya saja prihal ini lebih mengerucut pada pemilihan temanya saja. Misalnya saja;

LKS Matematika

Lembar Kerja Siswa

  • Materi : Listrik Statis
  • Standar Kompetensi : Memahami  konsep listrik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan  muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Indikator : Menjelaskan benda dapat bermuatan  listrik dengan dilakukan cara tertentu

Nama Kelompok:

  1. Sinta
  2. Alvi
  3. Cinta
  4. Cindy

Baca dan perhatikan perintah dalam soal matematika ini dengan baik, gunakan imajinasimu untuk menjawabnya bila perlu menggunakan percobaan, lakukanlah.!

Contoh LKS Matematika

  1. Rumusan Masalah

Dalam pembelajaran ini, kamu harus membuat suatu jenis rumusan masalah mengenai materi listrik statis yang kamu lihat atau terjadi disekitarmu.

Kata kunci : atom, muatan  negatif, muatan positif, tarik menarik, tolak menolak.

Jawab:………………………………………………………………………………….

  1. Setelah kamu merumuskan suatu masalah diatas. Silahkan kamu menyusun suatu hipotesis atau jawaban sementara. (jawaban sementara bisa didapat dari imajinasi atau pengetahuanmu terhadap listrik statis).

Jawab:…………………………………………………………………….

  1. Kemudian, setelah kamu menemukan sebuah hipotesis dari pernasalahanmu, cobalah untuk melakukan suatu percobaan dari permasalahan tersebut. sehingga kamu dapat mendapatkan jawaban yang sesungguhnya. Cobalah berfikir atau berimajinasi untuk melakukan suatu percobaan

Jawab:………………………………………………………….

  1. Setelah itu, cobalah untuk membuat suatu kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan. Coba jelaskan dalam kesimpulan dari permasalahan yang telah kamu buat beserta jawabannya.

Jawab:…………………………………………………………….

Dari beberapa contoh yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa LKS adalah perangkat pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran. Alasannya karena LKS sendiri mampu menyesuaikan tingkat kematangan berfikir para peserta didik dalam proses melakukan bimbingan secara baik kearah pengembangan konsep dalam materi pembelajaran yang ada.

Itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh pembuatan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang menarik dari berbagai kajian mata pelajaran. Semoga bisa berguna.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *