Contoh Matriks Jadwal Penelitian Skripsi dan Tesis

Diposting pada

Jadwal Kegiatan Penelitian

Setiap penulisan karakteristik hasil penelitian yang baik dan benar bisanya menyertakan untuk matrik terkait dengan jadwal pelaksanaan penelitian. Hal ini khususnya berlaku pada berbagai macam karya tulis ilmiah, seperti skripsi, tesis, desertasi, PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa), bahkan pada berbagai proposal penelitian maupun proposal kegiatan.

Pembuatan jadwal kegiatan penelitian ini penting, lantaran riset dilakukan dengan pemikiran dengan dukungan sumber-sumber ilmiah sehingga dalam menyusunnya tentusaja ada bagian kapan dimulainya penyusunan angket, tahapan turun di lapangan, dan lain sebagainya.

Jadwal Penelitian

Jadwal kegiatan penelitian adalah serangkaian daftar tabel yang menunjukan tahapan secara lengkap dari persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan dengan memberkan keterangan waktu di dalamnya. Sehingga hal ini bagian daripada rancangan penyelesaian yang bersifat sistematis.

Oleh kerana itulah isi daripada jadwal pelaksanaan penelitian ini harus secara detail periode waktu dalam penentuan pengumpulan data dan penulisan laporan penelitian.

Contoh Matriks Jadwal Penelitian

Setidaknya sebagai penggambaran yang lebih mendalam. Berikut ini beberapa susunan berdasarkn waktu untuk pembuatan jadwal pelaksanaan dan persipakan penelitian yang bisa dengan mudah kalian jadikan pedoman untuk kemudian diterapkan.

  1. Skripsi

Contoh rencana jadwal penelitian dan penulisan hasil penelitian untuk skripsi ini ada dalam BAB 3 yang berisi metodologi penelitian. Adapun arti skripsi sendiri ialah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa dengan starta pendidikan S1.

Contoh Jadwal Skripsi
Kegiatan Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus
Mengurus surat perizinan
Mengidentifikasi dan merumuskan masalah
Mengumpulkan literatur
Membuat daftar pertanyaan dan menentukan informan yang tepat
Wawancara
Menganalisis data
Melakukan validasi data
Menyusun hasil penelitian
Menuliskan Hasil Penelitian
Laporan Penelitian Selesai
  1. Tesis

Sama halnya dengan skripsi. Hanya saja untuk arti tesis ini sendiri merupakan tugas akhir untuk mahasiswa yang harus diselesaikan dalam starta pendidikan S2 (Pascasarjana) adapun tulisanny sendiri lebih dekat pada pengujian landasan teori yang ada.

Contoh Jadwal Tesis
Kegiatan Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober
Tahap persiapan dan pengajuan judul tesis
Tahap mengumpulan literatur penelitian
Melakukan pra survai di lokasi penelitian
Menulis proposal tesis
Ujian Proposal Tesis
Tahap pembuatan instrumen penelitian
Pelaksanaan penelitian dan pengumpulan data penelitian tesis
Melakukan validasi data penelitian
Menulis laporan penelitian
Seminar hasil penelitian
Ujian hasil tesis

Nah, itulah saja artikel informasi yang bisa kami tuliskan pada kalian. Tentang adanya contoh penulisan dan pembuatan matriks untuk jadwal kegiatan penelitian berupa skripsi serta tesis yang bisa dipergunakan. Semoga saja bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *