4 Contoh Analisis Peluang Pasar dan Cara Membuatnya

Diposting pada
Contoh Analisis Peluang Pasar
Contoh Analisis Peluang Pasar

Pembuatan sekaligus penulisan bagian analisis peluang pasar biasanya terdapat dalam proposal kegiatan berwirausaha. Dimana sistematika untuk penyusunannya tentusaja disesuaikan dengan produk yang akan diusulkan. Misalnya saja produk makanan, jasa, dagang, minuman, dan industri kreatif.

Namun yang pastinya, bagi pemula yang akan mengajukan merasa kebingungan untuk membuatnya. Oleh karena itulah sebagai pembahasan lengkap berikut ini akan diberikan contoh sekaligus cara membuatnya.

Analisis Peluang Pasar

Analisis peluang pasar adalah proses riset pasar yang dilakukan oleh seorang penulis dalam mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan sehingga setiap bagiannya disusun secara logis, sistematis, dan objektif guna memberi keterangan akan adanya ancaman dan peluang.

Contoh Analisis Peluang Pasar

Adapun untuk contoh kepenulisan bagian aalisis peluang pasar yang baik dan benar. Misalnya saja;

  1. Usaha Makanan

Bagian penulisan dan pembuatan analisis peluang pasar dalam usaha makanan bisa dilakukan dengan menelaah usaha sejenis yang telah terlebih dahulu berkembang. Sehingga dalam penjabarannya bisa dilakukan sebagai berikut;

Analisis Peluang Pasar Usaha Makanan

Analisis Kompetitor/Pesaing

Untuk saat ini kami telah memiliki cukup banyak pesaing, yaitu produsen-produsen yang menjual berbagai macam cemilan keripik yang juga dikemas menggunakan kemasan modern. Namun, produk kami memiliki keunikan tersendiri yaitu pada nilai bahan bakunya yang berasal dari limbah kulit patin yang pada umumnya jarang dimanfaatkan.

Produk kami juga memiliki value dalam hal kandungan protein yang tinggi dan bebas gluten, Selain itu, produk kami akan kami kemas menggunakan kemasan yang modern dan eksklusif serta dibandrol dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan. Beberapa value tersebut menjadi diferensiasi terhadap produk cemilan lainya yang beredar dipasaran.

Gambaran Umum Pasar dan Sasaran

Usaha penjualan keripik kulit patin dengan nama brand Doriskin Chips ini merupakan usaha kecil yang dijalankan dari awal dengan membuka 1 outlet yang berlokasi di rumah pemilik. Apabila usaha ini berhasil dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka kami akan membuka cabang yang lebih banyak dan juga akan menampilkan produk cemilan yang lebih bervariasi.

Target Pasar

Sasaran pasar kami adalah untuk usia diatas 5 tahun hingga dewasa dengan untuk semua kalangan. Berdasarkan data BPS tahun 2020 tentang demografi penduduk Indonesia, jumlah kalangan usia 5-70 tahun mencapai lebih dari 260 juta jiwa. Artinya, peluang pasar untuk produk keripik kami cukup besar untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai kantoran, sampai dengan lansia sekalipun. Produk kami juga cocok untuk orang-orang yang suka ‘ngemil’ sehat, karena pada dasarnya produk ini adalah produk yang bergizi dan gluten free, serta tersedia dalam berbagai varian rasa tentunya akan meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk membeli produk kami ini.

  1. Usaha Jasa

Bagian kepenulisan untuk analisis peluang pasar pada usaha di bidang jasa bisa dituliskan dengan sistematika yang sama. Hanya saja prihal ini haruslah menunjukan adanya perbedaan dengan usaha sejenis, sehingga setiap pembaca bisa memahaminya.

Analisis Peluang Pasar Usaha Jasa

Analisis Kompetensi, Peluang Pasar dan Pemasaran

Target Pemasaran

Pada tahap awal, Cadou akan bekerja sama dengan para pelaku usaha kreatif produk kado yang terdapat di daerah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Para pelaku akan diberikan wadah untuk memasarkan produk/jasa yang mereka miliki. Kemudian kami juga akan bermitra dengan UMKM yang menjual bahan dasar pembuatan produk kado.

Analisis Kompetensi

Dalam menjalankan ide bisnis ini, Cadou melakukan analisis kompetensi. Adapun kompetitor langsung dari platform Cadou adalah sebagai berikut:

Kategori Moselo OuterBloom Cadou
Biaya Pendaftaran Gratis Gratis Gratis
Keragaman Jasa Handycraft, Marketplace Handycraft Handycraft, Creative Service Marketplace
Fitur Tambahan Fitur Chat
  • Fitur Materials (SCM)
  • Fitur Cadou Recommendation
  • Fitur Customer Service
  • Fitur Review
  • Fitur Chat

Cara Membuat Analisis Peluang Pasar

Adapun untuk langkah dalam penulisan analisis peluang pasar yang baik. Antara lain;

  1. Menentukan Gambaran Pasar yang Potensi

Prihal ini kepenulisan analisis peluang pasar bisa dijalankan dengan terlebih dahulu menggambarakan kebutuhan akan produk ataupun jasa yang akan dibuat. Prihal ini bisanya disesuikan dengan kondisi dimana masyarakat berada dan tempat usaha dijalankan.

  1. Memberikan Penilaian

Tahapan terakhir dalam membuat analisis peluang pasar yang baik bisa dijalankan dengan memberikan penilaian terhadap produk yang akan dibuat. Penilaian ini sendiri bisa disusun dengan sistematis sesuai dengan keinginan dan usaha yang dibuat.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh pembuatan analisis peluang pasar dan cara penulisannya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.