Contoh Teknik Analisis Data Kualitatif Karya Ilmiah/Makalah

Diposting pada

Contoh Analisis Data Kualitatif

Analisis data merupakan serangkaian susunan yang menjadi acuan pada cara kerja untuk dapat memahami objek penelitian yang mana semua itu menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Ada banyak jenis metode penelitian dalam analisis data yang berbeda, tergantung pada jenis penelitian sosial yang kita pilih. Salah satunya ialah penelitian kualitatif.

Dimana dalam penelitian kualitatif menjadi salah satu metode yang dianggap sebagian orang lebih mudah ketimbang penelitian kuantitatif yang berhubungan dengan angka-angka.

Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data kualitatif adalah proses inspeksi, pembersihan, transformasi, dan pemodelan pengumpulan data dengan tujuan menemukan informasi yang berguna, sampai pada tahap pembuatan kesimpulan kesimpulan guna mendukung proses pengambilan keputusan.

Dalam penelitian kualitatif ada istilah yang kita kenal dengan metode analisis data. Yang menurut Shamoo dan Resnik (2003), diartikan sebagai prosedur penelitian analitik yang menyediakan cara menggambar kesimpulan induktif dari data dan membedakan sinyal (fenomena yang menarik) dari kebisingan (fluktuasi statistik) yang terdapat dalam data.

Contoh Analisis Data Kualitatif

Adapun sebagai penjelas atas berbagai macam teknik analisis data dalam riset kualitatif. Maka pada postingan ini dibagikan berbagai contoh yang mana bisa kalian pergunakan, baik dalam penulisan makalah, karya ilmiah, skripsi, thesis, proposal penelitian, dan lain sebagainya.

Analisis Data Kualitatif Karya Ilmiah

Penggunaan dalam contoh teknik analisis data karya tulis ilmiah ini sejatinya bisa menjadi pedoman dalam rencana penelitian yang akan kalian lakukan. Contoh ini misalnya saja sebagai berikut;

Penulisan Analisis Data Karya Tulis

Data yang terkumpul diseleksi dan diurutkan sesuai dengan topik penelitian yang akan dilakukan kajian. Kemudian dilakukan penyusunan karya tulis berdasarkan data yang telah dipersiapkan secara logis dan sistematis. Teknik analisis data yang dipergunakan ini bersifat deskriptif argumentatif.

Analisis Data Kualitatif dalam Makalah

Adapun untuk penulisan teknik analisis data dalam arti makalah, dengan ciri kualitatif misalnya saja dapat dijabarakan sebagai berikut;

Penulisan Analisis Data Karya Makalah

Metode kualitatif dalam penyelesaian makalah ini dipergunakan untuk mengidentifikasi dan merumuskan konsep dari topik penelitian yang telah ditentukan. Melalui serangkaian bentuk analisis penelitian deskriptif kualitatif dan analisis isi dengan metode studi literatur yang dipergunakan maka harapnnya akan menemukan hasil penelitian guna mencipatakan generasi yang unggulan melalui sektor pendidikan.

Analisis Data Kualitatif dalam Skripsi

Penulisan dalam teknik analisis data kualitatif pada skripsi setidaknya lebih panjang daripada karya ilmiah lainnya. Prosedur yang dijalankan dalam analisis haruslah jelas dan sesuai dengan konsep-konsep penelitian. Adapun contoh kepenulisannya sebagai berikut;

Penulisan Analisis Data Skripsi

Teknik analisis data yang dipergunakan pada skripsi ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Langkah yang dilakukan ialah mengumpulkan data-data yang didapatkan dari lapangan kemudian menentukan tentukan penemuan pembaharuan yang menjadi objek

Hasil penemuan tersebut tentusaja akan berbeda tergantung dari variabel penelitian yang digunakan. Hasil penemuan data tersebut kemudian akan disimpulkan sebagai hasil penelitian melalui pendekatan triangulasi sumber yang meliputi metode, wawancara ulang antar-peneliti yang berhubungan, menganalisis sumber data, dan mencetuskan teori dari penemuan yang dilakukan.

Analisis Data Kualitatif dalam Proposal Penelitian

Contoh selanjutnya adalah teknik analisis data pada penelitian kualitatif untuk laporan penelitian. Langkah ini dilakukan ketika sedang mempersiapkan sebuah riset, baik untuk tugas akhir, ataupun berpatisipasi dalam penulisan jurnal.

Penulisan Analisis Data Proposal Penelitian

Analisis data dalam proposal penelitian ini dilakukan diantaranya dengan cara kualitatif, yang dilakukan
pada data dalam periode tertentu yaitu saat pengumpulan data berlangsung dan setelah pengumpulan dilakukan. Pada proposal penelitian ini dilakukan proses pemilihan dan pemusatan bahasan dari data yang mendukung konsep dan objek penelitian, cara implementasi dan manfaatnya. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh saat proses pengumpulan data.

Macam Metode Analisis Data Kualitatif

Dalam jenis penelitian kuantitatif, ada dua metode analisis data yang paling umum digunakan yaitu:

  1. Analisis Konten

Analisis konten adalah salah satu metode penelitian deskriptif yang paling umum untuk menganalisis data kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis informasi yang terdokumentasi dalam bentuk teks, media, atau bahkan benda fisik. Kapan menggunakan metode ini tergantung pada pertanyaan penelitian.

Adapun untuk analisis konten biasanya digunakan untuk menganalisis tanggapan dari orang yang telah diwawancarai.

  1. Analisis Naratif

Analisis data dalam penelitian naratif bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis cerita yang diceritakan tentang fenomena yang diteliti dan jenis-jenis cerita yang mewakili fenomena dalam budaya dan masyarakat. Analisis naratif dapat fokus, misalnya, pada teks, teks media, gambar, film, musik, dan lingkungan, yang bertindak sebagai cerita atau memiliki struktur seperti cerita.

  1. Analisis Wacana

Seperti analisis naratif, analisis wacana digunakan untuk menganalisis interaksi dengan orang-orang. Namun, ini berfokus pada menganalisis konteks sosial di mana komunikasi antara peneliti dan responden terjadi. Analisis wacana juga melihat lingkungan responden sehari-hari dan menggunakan informasi itu selama analisis.

  1. Grounded Theory

Ini mengacu pada penggunaan data kualitatif untuk menjelaskan mengapa suatu fenomena tertentu terjadi. Hal ini dilakukan dengan mempelajari berbagai kasus serupa dalam pengaturan yang berbeda dan menggunakan data untuk memperoleh penjelasan sebab akibat.

Peneliti dapat mengubah penjelasan atau membuat yang baru ketika mereka mempelajari lebih banyak kasus sampai mereka tiba pada penjelasan yang cocok untuk semua kasus.

Metode-metode ini adalah yang paling umum digunakan. Namun, metode analisis data lainnya, seperti analisis percakapan juga dapat digunakan.

Demikianlah ulasan atas penjelasan lengkap yang bisa kami share pada kalian, berkenaan dengan contoh teknik analisis data penelitian kualitatif dalam karya ilmiah, makalah, skripsi, proposal penelitian, dan macam-macam bentuknya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *