6 Contoh Rumusan Masalah Makalah, Proposal, Karya Ilmiah, Skripsi, Laporan Penelitian

Diposting pada

Contoh Rumusan Masalah

Diakui ataupun tidak, untuk adanya maksud dan tujuan perumusan masalah dalam setiap kepenulisan jenis karya ilmiah menjadi bagian penting yang tidak boleh ditinggalkan. Alasannya dengan adanya bagian rumusan masalah inilah seorang peneliti bisa menelaah lebih dalam terkait dengan solusi atas permasalahan yang ingin ditawarkan dalam hasil penelitiannya.

Disisi lainnya, setiap bagian jenis rumusan masalah yang baik adalah kepenulisan permasalah yang benar-benar jelas, terfokus, signifikan, dapat dikaji di lapangan, padat, dan terarah serta memuat terminologi bagian akademik dalam bidang ilmu yang dikaji.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah struktur kepenulisan ilmiah dalam BAB 1 yang setidaknya berisi rangkaian pertanyaan terkait dengan topik penelitian oleh seorang peneliti, sehingga bagian adanya pertanyaan ini kemudian hendak untuk dijawab dalam hasil penelitian yang didaparkan.

Contoh Rumusan Masalah

Adapun untuk contoh kalimat penulisan rumusan masalah yang baik dan benar. Yakni;

  1. Makalah

Sistematika penulisan rumusan masalah dalam makalah bisa dibuat dengan sangat mudah. Asalkan disesuaikan terebih dahulu dengan latar belakang yang sudah ditulis. Misalnya saja, ingin membuat makalah dengan mengkaji pemanfaatan buah binahong dalam menyebuhkan luka. Kepenulisannya;

Rumusan Masalah Makalah

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dalam makalah yang dibuat, maka rumusan masalahnya. Antara lain;

  1. Apakah daun binahong dan daun sirih hijau dapat dijadikan salep penyembuh luka?
  2. Apakah salep ekstrak daun binahong dan daun sirih hijau efektif dalam menyembuhkan luka?
  1. Proposal Penelitian

Pembuatan untuk setiap proposal dalam beragam pendekatan penelitian tentusaja memerlukan rumusan masalah. Prihal bagian sistematika kepenulisannya misalnya saja;

Rumusan Proposal Penelitian

Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah terkait dengan prosal penelitian ini antara lain:

  1. Apakah minyak biji karet (Hevea brasiliensis) yang digunakan dapat terkonversi secara sempurna pada proses konversi pirolitik?
  2. Apakah katalis yang dibuat dari batu kapur memiliki aktivitas kerja yang baik untuk proses pirolisis minyak biji karet?
  3. Apakah biofuel yang dihasilkan memiliki kualitas yang mememuhi standar yang telah ditetapkan?
  4. Apakah metode yang digunakan efisien untuk proses pengolahan minyak biji karet?
  1. Karya Tulis Ilmiah

Sistematika penulisan rumusan masalah dalam karya ilmiah ditulis dalam bentuk penomoran dengan menjelaskan secara terperinci solusi yang ditawarkan dalam menghadapi permasalahan. Contohnya saja;

Rumusan Proposal Penelitian

Perumusan Masalah

Penelitian ini memfokuskan diri untuk mengembangkan strategi komunikasi wisata Kota Batu di era pandemi covid 19 berbasis pemanfatan google review yang dikaji dengan mendami permasalahan berikut:

  1. Berapakah rating google review selama pandemic covid 19 di destinasi wisata Kota Batu?
  2. Apakah ulasan dan foto ungahan pada google reviews destinasi wisata Kota Batu sudah memenuhi prokes Kesehatan?
  3. Bagaimana strategi unggahan google review sesuai dengan prokes Kesehatan?
  1. Skripsi

Isi rumusan masalah dalamĀ  penulisan skripsi sejatinya harus merujuk pada topik penelitian yang sudah dikaji tanpa mengindahkan pendekatan penelitian yang ada. Misalnya saja;

Rumusan Proposal Skripsi

Rumusan Masalah

  1. Apakah dapat dibuat alat hand sanitizer otomatis
  2. Bagaimana tingkat keefektifitasan hand sanitizer otomatis dalam mengurangi risiko bersentuhan terhadap barang yang dipakai secara massal di tempat umum jika dibandingkan dengan hand sanitizer manual
  1. Laporan Penelitian

Penulisan rumusan masalah dalam laporan penelitian sama halnya dengan penulisan karya ilmiah lainnya. Hanya saja untuk bagian sistematikanya lebih banyak kajian yang diberikan. Contohnya;

Rumusan Laporan Penelitian

Rumusan Masalah

  1. Bagaimana cara pemanfaatan daun binahong dan lidah buaya sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama pada sayuran hidroponik?
  2. Apakah daun binahong dan lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama pada sayuran hidroponik?
  3. Bagaimana pengaruh pestisida nabati dari daun binahong dan lidah buaya terhadap hama pada sayuran hidroponik?
  1. Jurnal

Bagian rumusan masalah dalam jurnal nasional ataupun jurnal internasional bisa dibuat dengan sesingkat mungkin. Hanya mengandung beberapa variabel penelitian atas adanya objek penelitian yang ada. Contohnya saja;

Rumusan Masalah Jurnal

Bagaimana teknik pengolahan limbah ampas tebu dapat dimanfaatkan menjadi masker?

Cara Membuat Rumusan Masalah

Sedangkan teknik dalam penulisan rumusan masalah yang baik dan benar. Antara lain;

  1. Ditulis dalam bentuk kalimat tanya

Dalam membuat rumusan masalah yang baik dapat dilakukan dengan banyak menangkap, mengevaluasi, dan menyimpulkan pengetahuan dari literatur yang digunakan dalam latar belakang kepenulisan. Sehingga sistematika yang baik setiap bentuknya mempergunakan kalimat tanya.

  1. Dijawab dalam Bentuk Ilmiah

Pembuatan tulisan tentang adanya ciri rumusan masalah harus bisa ditetapkan secara jelas dan tegas sehingga nantinya setiap jawaban dapat dipastikan terususn secara ilmiah. Yakni dengan adanya penjabaran atas hasil penelitian dan data penelitian yang ditemkukan.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh penulisan rumusan masalah dalam makalah, proposal penelitian, karya tulis ilmiah, skripsi, laporan penelitian, dan jurnal beserta dengan cara membuatnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.