Contoh Proposal Kerjasama Publikasi dengan Media yang Baik

Diposting pada

Contoh Proposal Kerjasama Publikasi Media

Pada hakikatnya, kegunaan pembuatan proposal kegiatan dibuat berdasarkan tujuan yang diinginkan. Ada yang berhubungan dengan pencairan dana, permohonan bantuan dana, dan adapula yang berkaitan dengan kerjasama untuk publikasi acara yang akan dilangsungkan.

Tentusaja jenis proposal kegiatan dalam kerjasama untuk publikasi dengan media ini bisa saja secara online ataupun cetak. Namun yang pastinya, perlu diketahui bahwa sistematika penulisannya haruslah sistematis agar apa yang diutarakan bisa langsung diterima oleh pihak pembublikasinya.

Proposal Kerjasama Publikasi

Proposal kerjasama publikasi dibuat agar lembaga ataupun institusi yang memiliki wewenang bisa turut andil dalam menyebarkan kepada masyarakat luas. Kegiatan ini umumnya bagi sekolah ataupun perguruan tinggi berkenaan dengan lomba dan kompetisi.

Untuk sistematika aturan yang dibuat tidak terlalu panjang seperti halnya dengan proposal kegiatan OSIS ataupun proposal penelitian. Hanya saja setidaknya perlu dilakukan tips sebelum mengirimkannya disertakan dulu lampiran surat ataupun tulisan singkat melalui email.

Contohnya saja

Kepada Pimpinan Media Online Suara Rakyat,

Selamat siang, perkenalkan saya Andi perwakilan dari Divisi Media Partner Acara Lomba Essai.

Lomba menulis essai adalah acara yang diselenggarakan oleh event rakyat club untuk ke-11 kalinya pada tahun 2022. Agenda ini menyediakan platform bagi delegasi nasional, baik di sekolah menengah maupun universitas, untuk terlibat dengan masalah internasional secara diplomatis.

Lomba menulis essai bertujuan untuk memperluas jaringan pesertanya dan mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum, negosiasi, dan perancangan hukum. Melalui acara ini, berharap dapat meningkatkan semangat dan meningkatkan delegasi sebagai calon pemimpin bangsa.

Kami ingin mengundang Media Online Suara Rakyat untuk menjadi salah satu mitra media kami untuk Lomba Menulis Essay pada 9-11 Maret 2022 yang akan diselenggarakan secara online. Kami berharap dan Media Online Suara Rakyat bisa bekerja sama dalam kemitraan media.

Terimakasih.
Salam Hormat,

Contoh Proposal Kerjasama Publikasi Media

Setelah mengirimkan permohonan yang bisa dilakukan dengan surat ataupun pembukaan pada e-mail. Setidaknya perlu diperhatikan ialah sistematika penulisannya. Setidaknya secara sistematis contohnya sebagai berikut;

  1. Proposal Kerjasama Publikasi

Nama Proposal Tema Kegiatan Penyelenggara Kolaborasi
Youth Call To Action-Essay Challange Momentum 100 Tahun Kemerdekaan Indonesia Tahun 2045 Mantuls Garuda Network Indonesian Fature Leader Chapter Malang

Latar Belakang

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia sejatinya tidak lepas dari keberadaan dan peran pemuda. Di republik ini, peran pemuda sangat jelas terlihat pada awal perjuangan kemerdekaan, masa kemerdekaan itu sendiri, dan paska kemerdekaan bangsa. Sayangnya, peran pemuda dewasa ini mulai meredup, idealisme yang dianggap sebagai keistimewaan terakhir yang dimiliki pemuda mulai luntur. Suara-suara dan ide-ide pemuda tidak lagi sekencang zaman-zaman pra dan paska awal kemerdekaan.

Pada tahun 2045 Indonesia akan menghadapi 100 Tahun Kemerdekaan, yang disebut-sebut akan melahirkan Generasi Indonesia Emas. Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya adalah penduduk berusia produktif (15-64 tahun). Dimana pada tahun tersebut Indonesia emas akan terwujud di tangan teman-teman generasi Millenials dan generasi Z.

Namun, jika pemuda-pemuda Indonesia ini tidak diberi wadah yang baik untuk berkembang, bonus demografi bisa menjadi boomerang tersendiri untuk Indonesia. Alih-alih menjadi Generasi Emas Produktif, generasi millenials dan generasi z bisa menjadi boomerang untuk negara ini jika tidak diwadahi dengan baik.

Kami Mantuls Garuda Network dan Indonesian Future Leaders Chapter Malang melihat banyak sekali pemuda-pemudi Indonesia yang memiliki potensi dan kapabilitas untuk membuat gagasan terbaik untuk
Indonesia masa depan. Sehingga, harapannya dengan diadakannya kompetisi tantangan esai dengan tema “Momentum 100 Tahun Kemerdekaan Indonesia Tahun 2045”, dapat menjadi wadah untuk
menstimulus pemuda-pemudi se-Indonesia untuk turut menyuarakan ide dan gagasan mereka yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan pada kompetisi Youth Call to Action 2018 : Essay Challenge.

Maksud

Mantuls Garuda Network bersama Indonesian Future Leaders Chapter Malang bermaksud untuk mewadahi pengumpulan ide dan gagasan berbentuk kompetisi tantangan dengan tema Momentum Indonesia 2045 dan dengan 5 subtema menarik, yang akan diikuti oleh para pemuda Indonesia (berusia 15-30 tahun) dari berbagai macam kalangan.

Diharapkan, dengan diadakannya tantangan ini dapat membangkitkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi demi tercapainya Indonesia Emas pada tahun 2045.

Tujuan

Essay Challenge ini memiliki dua poin tujuan penting:

Tujuan Pertama,

Untuk menjaga dan menumbuhkan semangat ke-Indonesia-an dari pemuda-pemudi Indonesia, sebagai calon penerus bangsa tahun 2045

Tujuan Kedua,

Memberikan wadah untuk pemuda-pemudi Indonesia dalam menuangkan ide dan gagasan mereka, terkait isu-isu lokal, nasional, dan global yang penting bagi masa depan Indonesia.

Profil Penyelenggara

Mantuls Garuda Network (MGN) adalah Online Media, Opportunity Platform, dan Event Platform untuk pemuda/i Indonesia. Visi kami adalah membangun ekosistem di mana setiap orang dapat terinspirasi dan menginspirasi orang lain untuk mulai memberikan dampak nyata kepada Indonesia dengan memberikan konten yang inspiratif, oportunis, dan progresif.

Indonesian Future Leaders (IFL) merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat dari pemuda, oleh pemuda, dan untuk pemuda yang didedikasikan untuk mengembangkan kualitas dan kapabilitas pemuda dalam menciptakan perubahan sosial untuk Indonesia yang lebih baik.

Deskripsi Kegiatan

Youth Call to Action 2022 (YCTA 2022) : Essay Challenge merupakan kompetisi tantangan untuk membuat esai berskala nasional dengan mengangkat tema besar “Momentum 100 Tahun Kemerdekaan Indonesia pada 2045.” yang diselenggarakan oleh mantulsdotcom berkolaborasi dengan Indonesian Future Leaders (IFL) Chapter Malang. YCTA 2022 di tujukan untuk siswa, mahasiswa, maupun umum dengan rentang usia 15 sampai dengan 30 tahun.

Harapan kami, YCTA 2018 dapat menjadi wadah bagi generasi millenials dan generation z untuk memberikan ide maupun gagasan mengenai potensi dan harapan apa saja yang dapat dimaksimalkan oleh Indonesia bentuk essay, momentum 100 tahun kemerdekaan pada tahun 2045. Dengan adanya tantangan ini, harapannya pemuda indonesia dapat menginspirasi elemen masyarakat untuk turut serta berkontribusi dan menumbuhkan semangat ke-indonesia-an dari pemuda/i di Indonesia.

Pelaksanaan Kegiatan

Target Peserta :

  1. Peserta merupakan Pemuda/i Warga Negara Indonesia berusia
  2. 15 sampai 30 tahun.
  3. Siswa, Mahasiswa, dan Umum.

Waktu dan tempat :

Online Subsmission
Periode Pendaftaran 8 Maret 2022 – 8 April 2022

Persyaratan Umum

  1. Peserta merupakan Pemuda/i Warga Negara Indonesia berusia 15 sampai 30 tahun.
  2. Periode pendaftaran : 8 Maret 2022 – 8 April 2022.
  3. Melakukan pendaftaran dengan mengisi form data diri melalui laman resmi
  4. Peserta memberikan data dan informasi yang baik dan benar secara hukum pada link yang telah diberikan.
  5. Karya esai merupakan karya perseorangan.
  6. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal tiga karya esai.

Persyaratan Esai

Tema dari Youth Call to Action 2022 (YCTA 2022) : Essay Challenge adalah “Momentum 100 Tahun Kemerdekaan
Indonesia Pada 2045”. Adapun sub tema yang dapat dipilih oleh peserta adalah:

  1. Memaksimalkan Ekonomi Digital (startup) dan Industri Kreatif.
  2. Demokrasi Ideal untuk 2045
  3. Menghidupkan Kembali Kultur Toleransi dan Multikulturalisme
  4. Mencetak Generasi 2045 yang Unggul dan Kompetitif
  5. Peran Penting Pemuda/i Era Millenials dan Generation Z

Penutup

Demikian proposal kerjasama publikasi yang kami susun untuk Media Online Suara Rakyats. Semoga dapat terpublikasi dan mendapat dukungan dari Media Online Suara Rakyat serta ridho dari Allah SWT. Atas perhatian dan dukungannya kami ucapkan terima kasih

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh penulisan proposal kerjasama publikasi dengan media online dan media cetak yang bisa kalian pergunakan. Semoga saja memberikan wawasan ya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.