Pengertian Kuesioner Terbuka dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kuesioner Terbuka dan Contohnya

Kuesioner bisa dikatakan sebagai salah satu jenis instrumen penelitian yang efektif karena dapat digunakan untuk mengukur perilaku subjek penelitian, preferensi, niat, sikap dan pendapat. Penggunaan serangkaian daftar pertanyaan dalam kuesioner terbuka ini sendiri memungkinkan peneliti memperoleh data kualitatif dan kuantitatif, sehingga menghasilkan hasil yang lebih komprehensif.

Oleh karena itulah untuk memberikan penjelasan lebih mendalam berikut ini merupakan definisi dan contoh adanya kuesioner terbuka dalam arti penelitian.

Kuesioner Terbuka

Diakui ataupun tidak, penggunaan kuesioner terbuka memiliki keunggulan dalam hal perolehan jenis data penelitian kualitatif yang lebih kaya karena memungkinkan responden penelitian untuk menguraikan jawaban mereka. Artinya penelitian dapat mengetahui mengapa seseorang memiliki sikap tertentu.

Akan tetapi di sisi lain, penggunaan kuesioner terbuka juga memiliki kelemahan yaitu memakan waktu yang lama untuk mengumpulkan data, karena responden membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pertanyaan terbuka. Selain itu, peneliti membutuhkan waktu lebih lama untuk menganalisis data kualitatif karena mereka harus membaca jawaban dan mencoba memasukkannya ke dalam kategori dengan pengkodean yang seringkali subjektif dan sulit.

Pengertian Kuesioner Terbuka

Kuesioner terbuka adalah kuesioner yang biasanya tersusun atas serangkaian pertanyaan yang memungkinkan respondennya untuk memberikan jawaban secara bebas berdasarkan pengetahuan, perasaan, dan pemahaman mereka secara lengkap.

Hal itu berarti bahwa jawaban atas pertanyaan ini tidak terbatas pada serangkaian pilihan, karena pertanyaan terbuka tidak dapat dijawab secara sederhana dengan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’, dan sebaliknya mengharuskan responden untuk menguraikan poin atas jawaban yang ada.

Pengertian Kuesioner Terbuka Menurut Para Ahli

Adapun definisi kuesioner terbuka menurut para ahli, antara lain;

  1. Arikunto (2010), Kuesioner terbuka adalah daftar pertanyaan yang dipergurnakan dalam penelitian dengan memberikan kesempatan bagi responden untuk menjawab dengan kalimatnya sendiri.
  2. Azwar (2009), Arti kuesioner terbuka adalah pedoman pertanyaan dalam pembuatan arti angket yang dilakukan untuk penemuan survey awal dengan tujuan memastikan responden mengalami beberapa indikasi yang akan dijadikan bahasan topik penelitian

Contoh Kuesioner Terbuka

Contoh adanya intrumen kuesioner terbuka dalam suatu penelitian misalnya saja;

  1. Penelitian Ekonomi

Prihal penggunaan ingin kuesioner terbuka dalam penelitian ekonomi misalnya saja adanya menilai pengalaman pelanggan tentang suatu pusat perbelanjaan, maka penyusunannya daftar pertanyaannya:

  1. Darimanakah Anda mengetahui informasi tentang pusat perbelanjaan kami?
  2. Apa alasan utama Anda memilih untuk berbelanja disini?
  3. Apa yang meyakinkan Anda untuk berbelanja disini?
  4. Apa yang dapat kami lakukan untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda cari hari ini?
  5. Apa yang memiliki pengaruh terbesar pada pembelian Anda dan mengapa?
  6. Bagaimana perasaan Anda tentang pelayanan di pusat perbelanjaan kami?
  7. Apa pertanyaan atau kekhawatiran utama Anda tentang [produk/layanan] kami?
  8. Kualitas apa yang Anda cari dalam sebuah produk?
  9. Hal-hal apa yang dapat kami tingkatkan?
  10. Apakah Anda akan menggunakan (produk/layanan) kami lagi?
  1. Penelitian Sosial

Untuk bagian yang termasuk dalam contoh angket penelitian terbuka dalam suatu penelitian sosial. Misalnya saja ingin menilai pendapat wisatawan tentang suatu objek wisata, misalnya:

  1. Bagaimana keindahan panorama di obyek wisata X?
  2. Bagaimana kondisi kebersihan di obyek wisata X?
  3. Ragam kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di obyek wisata X?
  4. Bagaimana pelaksanaan aktivitas yang berkaitan dengan ritual/budaya di obyek wisata X?
  5. Bagaimana pelaksanaan aktivitas yang berkaitan dengan konservasi dan edukasi lingkungan di obyek wisata X?

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kuesioner terbuka menurut para ahli dan contohnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.