Jenis Penelitian Studi Kasus dan Tujuannya

Diposting pada

Macam Penelitian Studi Kasus

Studi kasus menjadi salah satu metode penelitian yang paling sering dipergunakan dalam berbagai riset sederhana taupun yang paling sulit. Metodologi ini menjadi sangat familir dibandingkan dengan lainnya, alasannya karena memiliki tingkat kerumitan yang relaitif rendah.

Meskipun demikian, jangan dikiria paling mudah, sebab dalam studi kasus terdapat berbagai aturan yang berbeda antara satu jenis dan jenis lainnya. Oleh sebab itulah pada artikel ini menjelaskan tentang jenis-jenis penelitian studi kasus, tujuan, dan contohnya secara singkat.

Studi Kasus

Penelitian studi kasus adalah sebuah pendekatan penelitian yang memiliki pusat studi pada perhatian kasus yang terjadi dan diteliti secara intensif dengan rincian penelitiannya dapat dijabarkan dengan seksama. Atas alasan demikianlah metodologi ini sudah memiliki karakteristik yang berbeda dari subjek penelitian yang telah ada.

Misalnya saja untuk memperjelasanya, sebagai berikut;

Adanya kampung Inggris di Indonesia hanya di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Maka jika penelitian dilakukan untuk pengembangan hanya di wilayah itusaja. Adapun kampung atau desa yang belajar bahasa Inggris lainnya selain di Pare (Kediri) itu metupakan paraparshe dari adanya Kampung Inggris

Jenis Studi Kasus

Seperti pada jenis sub bab penelitian yang lainnya, maka studi kasus juga dapat dibedakan klasifikasinya secara rinci melalui teknik pengumpulan data pada setiap penelitian studi kasus. Studi kasus menurut klasifikasi jenisnya dapat kita simak pada ulasan sebagai berikut;

Studi Kasus Observasi

Studi kasus observasi maksudnya adalah suatu studi kasus yang memiliki teknik pengumpulan data melalui keterlibatan seorang peneliti. Peneliti harus terjun langsung di lapangan tempat penelitian studi kasus tersebut dilakukan.

Apabila telah berada pada lokasi penelitian maka wajib mengumpulkan data melalui jalur wawancara terhadap responden. Studi kasus semacam ini biasanya terdapat pada penelitian dengan mempergunakan metodologi penelitian kualitatif.

Contoh dari studi kasus jenis observasi adalah apapun jenis penelitian yang mana peneliti ikut serta dalam pengumpulan data. Jika observasi seorang peneliti tidak langsung melakukan pengambilan data melalui proses wawancara tidak bisa disebut dengan studi kasus observasi.

Studi Kasus Sejarah Hidup

Studi kasus sejarah hidup disebut juga disebut dengan studi kasus biografi. Studi kasus sejarah hidup memiliki subjek dan objek penelitian adalah seorang tokoh yang berjasa dalam bidang apapun. Pengumpulan data studi kasus sejarah hidup adalah mewawancarai sejumlah orang yang ada hubungannya dengan  seorang subjek dari penelitian studi kasus sejarah hidup.

Contoh dari studi kasus jenis sejarah hidup adalah biografi tokoh, menelusuri tilik juang Ir. Soekarno, mempelajari perjuangan pahlawan kemerdekaan republik Indonesia, dan lain sebagainya.

Studi Kasus Kemasyarakatan

Studi kasus kemasyarakatan memiliki arti bahwa studi kasus jenis ini memiliki pusat penelitian pada suatu wilayah yang didiami sekelompok penduduk. Lingkup penelitian studi kasus kemasyarakatan bisa dalam bentuk komunitas, RT, RW, Kelurahan, hingga Kecamatan.

Contoh dari studi kasus kemasyarakatan adalah serangkaian penelitian pada ibu-ibu yang tergabung dalam PKK, penelitian warga suatu Kecamatan, dan lain-lain, yang dianggap menjadi bagian daripada kemasyarakat atau pemberdayaan.

Studi Kasus Analisis Situasi

Studi kasus analisis situasi ini mengandung arti bahwa penelitian studi kasus yang dilakukan untuk memperoleh kebenaran pada setiap praduga yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat luas.

Contoh dari studi kasus analisis situasi adalah penelitian tentang media sosial terhadap perkembangan remaja, penelitian tentang adanya kenalakan remaja di berbegdai daerah Indonesia, dan model riset lain sebagainya.

Studi Kasus Mikro Etnografi

Studi kasus mikro dalam penelitian etnografi adalah studi kasus yang mengkaji tentang kebiasaan suatu kelompok kecil. Seperti pada arti mikro yang berarti kecil, etno yang berarti kebiasaan, dan grafi yang berarti penulisan.

Contoh dari penggunaaan dalam studi kasus jenis mikro etnografi adalah penelitian tindakan kelas, penelitian suatu kelompok skala kecil, penelitian terhadap perkembangan suku yang ada di Papua, dan model riset yang lain-lain.

Tujuan Studi Kasus

Seperti jenis penelitian yang lainnya, studi kasus juga memiliki keunikan tersendiri dalam setiap tujuannya. Tujuan utama dari dibentuknya studi kasus ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Melakukan pemahaman yang mendalam pada suatu objek penelitian
  2. Studi kasus yang dilakukan selain untuk menjawab mengenai pemahaman yang lebih mendalam juga menjadi suatu jalan untuk mencari sebuah jawaban yang diresahkan oleh masyarakat luas.
  3. Diperlukan untuk menjelaskan situasi mengapa kasus tersebut terjadi, bagaimana kasus tersebut terjadi, berapa kali kasus tersebut terjadi, kapan kasus tersebut terjadi, dimana lokasi kasus tersebut, dan kapan kasus tersebut terjadi.
  4. Studi kasus dilakukan agar mampu memberi penjelasan atas pernyataan pertanyaan 5W+1H.

Contoh Metode Penelitian Studi Kasus

Adapun untuk contoh implementasi yang bisa dilakukan dalam model penelitian studi kasus ini, antara lain misalnya sebagai berikut;

Banyak orang yang percaya bahwa ketika kita tidur lalu pada saat kita tersadar kita tidak dapat menggerakkan seluruh badan dalam jangka waktu beberapa menit maka pada keadaan tersebut ada makhluk halus yang sedang menimpa diatas tubuh kita. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah otot kita menjadi tegang karena kita tidur dan kita tersadar disaat otot kita masih menegang akhirnya menjadi tidak bisa digerakkan.

Nah, serangkaian penjelasan diatas merupakan implementasi dari beragam jenis metode penelitian studi kasus. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *