4 Contoh BAB 3 Metode Penelitian yang Bisa Dipergunakan

Diposting pada

Contoh BAB 3

Metode penelitian yang ada dalam berbagai jenis karya ilmiah seperti halnya dengan skripsi, tesis, desertasi, karya tulis ilmiah, laporan penelitian, laporan praktikum, dan lainnya biasanya berada di BAB 3. Namun berbeda halnya dengan makalah, dimana beragam bentuk makalah dalam kepenulisannya sendiri bagian BAB 3 berisi kesimpulan dan saran.

Agar lebih memperjelasanya berikut ini dipaparkan contoh kepenulisan BAB 3 dalam penjabaran metode penelitian untuk pendekatan kuantitatif ataupun penelitian kualitatif yang bisa dibuat.

BAB 3 Metode Penelitian

BAB 3, biasanya juga ditulis dengan huruf romawi BAB III berisi bagian metode penelitian yang terbentuk dari adanya gabungan kata “metode” dan “penelitian”, sehingga kemudian “metode penelitian” yang diartikan sebagai tata cara yang ditempuh seorang peneliti untuk memperoleh hasil maksimal dengan rangkaian prosedur bagaimana mendapatkan dan merumuskan kajian yang akan didalaminya.

Contoh BAB 3 Metode Penelitian

Kepenulisan dalam contoh bab 3 dalam metode penelitian. Antara lain;

  1. Penelitian Kualitatif

Riset kualitatif yang dibuat dalam penulisan untuk bab 3nya, sebagai berikut;

BAB 3 Metode Penelitian Kualitatif

BAB III
METODE PENELITIAN

Metode Penelitian

Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah jenis metode penelitian dengan menggunakan diskripsi berupa kalimat atau penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial. (Soerjono Soekanto, Sosiologi SMA (Jakarta: Erlangga, 2014,hlm 22)).

Waktu dan Tempat Penelitian

Waktu

Waktu dalam melakukan penelitian di mulai dari 15 Maret 2022 sampai 21 Maret 2022.

Tempat Penelitian

Kami melakukan penelitian di Desa Wayakrui Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah.

Metode Pengumpulan data

Metode Pengumpulan data yang kami gunakan adalah metode wawancara terstruktur. Wawancara terstruktur adalah proses memperoleh keterangan dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka dimana si peneliti sudah menyiapkan instrumen penelitian berupa daftar pertanyaan (Muin, Idianto. 2014. Sosiologi SMA. Jakarta; Erlangga).

  1. Penelitian Eksperimen

Penulisan bagian bab 3 untuk penelitian eksperimen bisa dijabarkan sebagai berikut;

BAB 3 Metode Penelitian Eksperimen

BAB III
METODE PENELITIAN

Desain Penelitian

Penelitian ini bersifat Eksperimental laboratory secara In vitro yaitu mengindentifikasi bakteri Salmonella sp pada anggur yang dijual di tiga tempat yang berbeda. Sampel diinokulasikan pada berbagai macam medium perbenihan.

Waktu dan Tempat Penelitian

Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021 di bilik research mikrobiologi SMK Abdurrab Pekanbaru.

Populasi dan Sampel Penelitian

Populasi pada penelitian ini adalah semua buah anggur yang dijual djual di pasar tradisional kota Pekanbaru. Sampel penelitian buah anggur hitam yang diambil pada tiga tempat di pasar tradisional kota Pekanbaru yaitu pasar Cikpuan (kode sampel A), pasar Pagi Arengka (kode sampel B) dan pasar Bawah (kode sampel C).

Teknik Sampling

Teknik sampling yaitu purposive yang artinya sampel diambil berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh peneliti.

Alat, Bahan, dan Medium Penelitian

Alat

Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah timbangan analitik, autoclave, oven, mikroskop, inkubator, rak tabung reaksi, gelas ukur, erlenmeyer, lumpang, lampu spritus, labu ukur, pipet ukur, kertas pH, pipet tetes, objek glas, ose cincin, batang pengaduk, kapas, tabung reaksi, spatula, cawan petri dan cool box.

Bahan

Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah NaCl 0,9% steril, alkohol 70%, akuades, gentian violet, lugol, alkohol 96% dan immersion oil

Medium

Medium yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brain Heart Infusion Broth (BHI), Mac Conkey Agar (MC Agar), Triple Sugar Iron Agar (TSIA), Sulfur Indol Motility (SIM) dan Simon Citrat agar.

Prosedur Kerja

Cara Pengolahan Sampel

  1. Pengambilan sampel dilakukan secara aseptis dari pasar tradisional dengan menggunakan cool box segera dibawa ke bilik research mikrobiologi SMK Abdurrab Pekanabaru
  2. Timbang buah anggur hitam masing -masing sebanyak 25 gram.
  3. Kemudian haluskan di dalam lumpang steril.
  4. Masukkan sampel yang telah dihaluskan tadi ke dalam labu erlenmeyer steril larutkkan dengan 250mL NaCl 0,9% steril

Penanaman Pada Media Enrichment

  1. Ambil 1 mL sampel inokulasikan ke dalam media Brain Heart Infusion Broth
  2. Simpan dalam inkubator selama 1 x 24 jam pada suhu 37°C

Penanaman Pada Media Selektif

  1. Ambil satu suspense dari media BHI broth inokulasikan secara zigzag ke permukaan medium Mac
    Conkey agar.
  2. Simpan dalam inkubator selama 1 x 24 jam pada suhu 37°C

Pewarnaan Gram

  1. Buat sediaan dan fiksasi dari koloni bakteri pada medium MC. agar
  2. Tetesi dengan larutan genten violet selama 1 menit
  3. Buang larutan gentian violet, tetesi dengan larutan lugol selama 30 detik
  4. Lunturkan dengan alkohol 96%, cuci dengan akudes tetesi larutan fuchsin selama 1 menit.
  5. Cuci kembali dengan aquadest dan keringkan
  6. Periksa di bawah mikroskop lensa objektif 100X dengan menggunakan imersi oil (Merck, 2007).

Reaksi Biokimia

  1. Pembacaan koloni pada media MC agar dengan mengamati warna koloni Salmonella dengan ciri khas koloni halus, cembung, dan jernih (Kurniawan, 2019).
  2. Lakukan penanaman ulang (subkultur) ke medium MC agar untuk mendapatkan biakan murni jika pada medium ditemukan lebih dari dua spesies koloni bakteri
  3. Lakukan uji reaksi biokimia untuk menentukan spesies bakteri dengan cara menginokulasi koloni yang terpisah dari medium MC agar ke dalam medium TSIA (ditusuk sampai dasar kemudian di zig-zag bagian permukaan medium), SIM (ditusuk samapai dasar medium), dan Simon Citrat agar (ditusuk sampai dasar kemudian di zig-zag bagian permukaan medium)
  4. Lihat hasil reaksi biokimia bandingkan dengan tabel reaksi biokima Salmonella sp.

Analisa Data

Analisa data yang diperoleh dari hasil inokulasi pada berbagai medium biakan ditabulasikan dalam bentuk tabel selanjutnya dibahas secara deskriptif.

  1. Penelitian Studi Literatur

Penulisan bagian BAB 3 dalam penggunaan pendekatan studi kepusatakaan. Misalnya saja;

BAB 3 Metode Penelitian Studi Kepusatakaan

BAB III
METODE PENELITIAN

Metode Penelitian

Bentuk penelitian yang dilakukan adalah studi kepustakaan berupa analisis isi (content analysis) yang bersifat kualitatif. Penelitian kepustakaan menurut Nazir (2006) merupakan suatu teknik pengolahan data dengan cara menelaah buku, artikel, literatur, jurnal, laporan, dan catatan yang berkaitan dengan rumusan masalah dari penelitian yang dilakukan.

Penelitian ini merupakan penelitian yang memanfaatkan data sekunder dari situs-situs tertentu di internet. Data yang diteliti hanya mencakup tentang bahan bakar minyak (BBM), pirolisis, sampah Polietilena Terephtalat (PET), katalis zeolit, dan abu sekam padi.

Penelitian ini dilaksanakan melalui perpustakaan dalam jaringan, situs-situs jurnal, buku, artikel berita, dan artikel ilmiah yang berada di internet. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder menggunakan metode studi dokumentasi terhadap jurnal, artikel,dan literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Definisi operasional variabel menurut Sugiyono (2008) merupakan sejumlah petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus diamati dan digunakan untuk mengukur suatu variabel atau konsep untuk menguji kesempurnaan. Dalam penelitian ini, variabel proses yang digunakan adalah sebagai berikut:

Variabel Bebas (Independent Variable)

Variabel bebas merupakan variabel yang menyebabkan adanya perubahan terhadap variabel terikat. Dalam penelitian ini, suhu yang digunakan dalam proses pirolisis dan penggunaan katalis adalah variabel bebas.

Variabel Terikat (Dependent Variable)

Variabel terikat merupakan variabel yang dapat mengalami akibat pengaruh dari variabel terikat. Dalam penelitian ini, kualitas, komposisi, dan yield dari BBM yang dihasilkan adalah variabel terikat.

Analisis Data

Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis komparatif. Analisis komparatif merupakan teknik analisis data dengan membandingkan data-data yang telah dikumpulkan sesuai dengan kerangka permasalahan pada penelitian yang dilakukan, sehingga diperoleh hasil yang paling efektif dalam penyelesaian masalah.

  1. Karya Ilmiah

Penulisan bagian bab 3 dalam karya ilmiah yang bisa dibuat adalah;

BAB 3 Metode Penulisan Karya Tulis

BAB III
METODE PENULISAN

Menurut Hilway (dalam Nazir, 1988) “Penelitian adalah suatu metode pengkajian yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut.” Sedangkan Whitney (dalam Nazir, 1988) mengatakan bahwa penelitian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran.

Adapun jenis metode penelitian dalam karya ilmiah ini adalah penelitian Yuridis Normatif. Demikian, menurut Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji Penelitian Hukum Normatif disebut juga dengan istilah penelitian kepustakaan. Nama penelitian hukum kepustakaan karena dalam penelitian hukum normative dilakukan dengan cara menelitri bahan-bahan pustaka atau bahan sekunder saja.

Karya Tulis Ilmiah ini merupakan penelitian Yuridis Normatif tentang persoalan-persoalan hukum yang menyangkut pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku peratasan data pribadi.

Adapun data yang digunakan berupa data sekunder yaitu Perundang-Undangan dan dokumen hukum yang Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan Undang-Undang (statute approach), serta data tersebut diperoleh dengan meggunakan metode pengumpulan data secara Library Research (Penelitian kepustakaan), yaitu dengan melakukan penelitian terhadap berbagai sumber bacaan seperti bukubuku, pendapat para sarjana, surat kabar, artikel, kamus, dan juga data-data penulis peroleh dari internet. Kemudian, dianalisis secara kualitatif menggunakan hukum positif yang berlaku.

Itulah saja contoh kepenulisan dalam BAB III untuk bagian dalam metode penelitian yang bisa dengan mudah kalian pergunakan. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya saja yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.