2 Jenis Proposal Kegiatan dan Contohnya

Diposting pada

Macam Proposal Kegiatan dan Contohnya

Pada umumnya dalam realitas melakukan beragam kegiatan dalam organisasi di sekolah ataupun pereguruan tinggi setiap lembaga haruslah menyusun rencana kegiatan terlebih dahulu. Proses pembuatan rencana ini sendiri berisi strategi pelaksanaan kegiatan dari awal kegiatan sampai akhir pelaksanaan. Oleh karena itulah wajar jikalau proposal jenis kegiatan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja bentuk kegiatan proposal pelantikan kepengurusan, pengadaan inventaris peratalan organisasi, penjalanan perkemahan, dan lainnya.

Namun yang pastinya, adanya rencana kegiatan dikatakan proposal jikalau diuat secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal, nonformal, dan semiformal.

Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan dibuat untuk mekanisme pengajuan dana ataupun pencarian dana kepada lembaga tertentu yang menangui keberadaan daripada insitusi. Prihal ini secara singkatnya proposal laporan kegiatan termasuk jenis proposal proposal umum sehingga setiap kepenulisannya menggunakan bahasa yang jelas dan tepat dengan gaya bahasa yang formal dan lugas. Dimana untuk bagian kejelasan dan ketepatan isi diwujudkan dengan menggunakan kata atau istilah yang jelas dan tepat.

Jenis Proposal Kegiatan

Pembagian proposal dilihat dari jenis kegiatannya terbagi menjadi 2, yaitu;

  1. Proposal Formal

Proposal formal adanya jenis kegiatan dalam penyusunan proposal yang disusun secara lengkap meliputi tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, bagian isi, dan penutup. Sistematika kepenulisan dalam bagian proposal formal ini antara lain;

Pendahuluan

bagian ini terdiri atas:

  1. Sampul dan halaman judul
  2. Prakata
  3. Ikhtisar (abstrak)
  4. Daftar isi
  5. Penegasan permohonan

Isi Proposal

Sistematika kepenulisan bagian ini terdiri atas:

  1. Latar belakang masalah
  2. Ruang lingkup masalah
  3. Pembatasan masalah
  4. Asumsi dasar/kerangka teori
  5. Metodologi
  6. Fasilitas
  7. Personalia (kepanitiaan)
  8. Keuntungan dan kerugian
  9. Waktu dan biaya

Penutup

Untuk bagian penutup setidaknya terdiri atas:

  1. Daftar pustaka
  2. Lampiran-lampiran
  3. Daftar gambar atau daftar table

Contoh yang menjadi bagian daripada adanya proposal formal misalnya saja pengajuan proyek penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan pendanaan kepada lembaga dan pihak tertentu. Ataupun yang mudah ditemukan lainnya seperti pembuatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dalam bidang wisrausaha ataupun pengabdian kepada masyarakat.

  1. Proposal Semiformal

Proposal kegiatan semiformal yang dilakukan pula dengan istilah proposal sederhana secara umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu proposal kegitan umum dan proposal kegiatan ilmiah sederhana. Dimana prihal proposal kegiatan umum ialah proposal yang berisi usulan atau rencana kegiatan yang bersifat umum. Misalnya adanya penyelenggaraan kegiatan bazar, bakti sosial, pesantren kilat, atau kegiatan pameran seni rupa.

Kepenulisan yang menjadi sistematika proposal kegiatan umum berbentuk sederhana, yaitu meliputi:

  1. Nama kegiatan (judul)
  2. Jatar belakang atau dasar pemikiran
  3. Maksud dan tujuan
  4. Sasaran dan ruang lingkup
  5. Waktu dan tempat kegiatan
  6. Penyelenggaralpanitia kegiatan
  7. Programl jadwal kegiatan
  8. Anggaran biaya
  9. Penutup

Contoh Jenis Proposal Kegiatan

Sistematika kepenulisan proposal khususnya yang kegiatan dari awal sampai akhir. Misalnya saja;

  1. Try Out

Penyelenggaraan proposal kegiatan dalam hal ini misalnya saja periapan para pelajar SMA/MA/SMK/Sederajat yang ingin lulus ujian sekolah ataupun masuk perguruan tinggi bisa membuat kegiatan try out. Untuk sistematika kepenulisannya;

Proposal Kegiatan Try Out

Pendahuluan

Latar Belakang

PERMIB (Perhimpunan Mahasiswa Bandung)  telah membentuk suatu kepanitiaan yaitu PERFECT 2020 (PERMIB Freedom in Creativity 2020). Adapun rangkaian kegiatan yang kami usung adalah Roadshow, Edufair, dan Try Out SMB Telkom Dengan adanya rangkaian kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat mempersiapkan diri memasuki dunia perkuliahan dan kemampuan dibidang akademik.

Tujuan

  1. Memberi wawasan mengenai persaingan yang akan dihadapi oleh siswa SMA dan sederajat untuk melanjutan ke perguruan tinggi yang berbasis IT.
  2. Membantu siswa mengenal dunia pendidikan tinggi dan mengadakan persiapan dalam mengahadapi persaingan meraih peluang untuk melanjutkan pendidikan yang berkualitas khusunya di lembaga pendidikan dan pelatihan di Telkom University.
  3. Memperkenalkan sistem pendidikan tinggi di Indonesia, khusunya di Telkom University sebagai perguruan
    tinggi yang berbasis teknologi

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian dalam kegiatan ini antara lain;

  1. Roadshow SMA di Kota Bandung dan Sekitarnya
  2. Edufair
  3. Try Out

Sasaran Kegiatan

Sasaran kami dalam kegiatan ini yaitu siswa SMA/SMK kota Bandung dan wilayah sekitarnya untuk menambah pengetahuan tentang Telkom University dan memiliki persiapan untuk menghadapi SMB Telkom University.

Penutup

Demikian kegiatan ROADSHOW, EDUFAIR dan TRY OUT SMB Telkom University 2020 yang akan diselenggarakan oleh PERFECT 2020. Kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari berbagai faktor.Oleh karena itu, kami selaku panitia mengharapkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Atas dukungan dan kerja samanya kami mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati kita.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan jenis proposal kegiatan dan contoh sistematika kepenulisannya. Semoga saja bisa memberikan pemahaman bagi kalian semuanya yang sedang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.