Contoh Penulisan Waktu dan Tempat Penelitian Karya Ilmiah/Makalah

Diposting pada

Contoh Waktu dan Tempat Penelitian

Waktu dan tempat dalam penulisan karya ilmiah senantiasa ditemukan dalam BAB 3. Hal ini lantaran sebagai bukti otentik atas akan/telah/sudah berlangsungnya sebuah penelitian. Hampir semua karya ilmiah baik skripsi, makalah, karya tulis, ataupun yang lainnya menyertakan bagian waktu dan tempat penelitian. Oleh sebab demikian pada postingan ini membagikan contoh penulisannya.

Waktu dan Tempat Penelitian

Tempat dan waktu penelitian adalah serangkaian gambaran umum yang menjelaskan lokasi teknik pengumpulan data dalam sebuah riset. Bagian ini berada dibuat sebagai penjelasan bahwa penelitian tersebut benar-benar dilakukan.

Meski demikian, pada setiap jenis metode penelitian memiliki karakteristik yang berebeda, misalnya saja dalam penelitian kualitatif, kuantitatif, dan eksperimen.

Contoh Waktu dan Tempat Penelitian

Sebagai penjelas atas tulisan yang telah dibuat, berikut ini contoh pembuatan yang mendeskripsikan tempat dan waktu penelitian.

Karya Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah bagian daripada tulisan non sastra yang menyangkut penggunaan metode penelitian dalam proses pembuatannya. Untuk jenis karya ilmiah ini bisa berbentuk skripsi, thesis, essay, KTI, desertasi, jurnal, dan lain sebaginya.

Oleh karena itulah beberapa contoh penulisan dalam waktu dan tempat penelitian ini bisa kalian tiru, antara lain sebagai berikut;

1#Waktu dan Tempat Penelitian Skripsi

Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 1 tahun tepatnya pada Tahun 2020, meliputi persiapan dan pelaksanaan. Adapun seluruh rangkaian penelitian ini bertempat di Desa Mawar Kencana Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Mesuji.

2#Tempat dan Waktu Pelaksanaan Penelitian Karya Tulis Ilmiah

Kegiatan penelitian dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini akan dilaksanakan selama 5 bulan. Penelitian ini akan dilaksanakan di Laboratorium Fisika Material Universitas Sinarbangsa, Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Jakarta, Laboratorium Dasar Bersama Universitas Airlangga, Laboratorium Sentral Universitas Negeri Malang, dan Laboratorium Kimia Instrumen ITS.

3#Tempat dan Waktu dalam Proposal Penelitian

Pengumpulan data dilakukan dengan melibatkan beberapa kelompok penyandang tunanetra untuk kurun waktu tertentu, utamanya pada 22 Mei 2020. Dalam penelitian ini terdiri atas tiga elemen yaitu : tempat, pelaku, dan aktivitas yang akan dilakukan pada Jalan Soemantri Bojonegoro, Bandar Lampung.

4#Tempat dan Waktu Penulisan Laporan Penelitian

Penulisan laporan penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta dan dimulai pada Kamis, 23 Juni 2019. Pengumpulan data dilakukan pada Senin, 25 Juli 2019. Kemudian data yang diperoleh akan dianalisis dan dikembangkan.

5#Lokasi dan Waktu Penulisan Tugas Akhir

Observasi dilakukan pada tanggal 22 Juli 2019 di Desa Sukajaya Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Observasi bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam mengambil langkah atau tindakan pengendalian hama yang menyerang tanaman ubi kayu.

Pengendalian hama atau penyakit pada tanaman tidak bisa dilakukan secara instan. Tindakan pertama dalam pengendaliah hama adalah observasi, dengan langkah pertama mengamati gejala-gejala pada tanaman, mempelajari karakteristik hama yang diduga menyerang tanaman, studi literature dan menciptakan produk.

Makalah

6#Waktu dan Tempat Penulisan Makalah

Penulisan dalam makalah ini dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2019 hingga 05 April 2019, bertempat di salah satu rumah kediaman peneliti dan SMA N 01 Banjar Agung, Tulang Bawang, Lampung.

Meski, dalam penulisan waktu dan tempat penelitian kadangkala dijadikan dalam satu sub judul metode penelitian. Tetapi ada juga yang memisahkannya, tidak ada aturan ilmiah yang menjadi pedoman. Untuk contoh lainnya pemisahan dalam penulisan dan penelitian ini, misalnya saja;

7#Tempat dan Waktu
  • Tempat Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SD Negeri 02 Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung, Propinsi Lampung. Agar metode penelitian sejalan dengan apa yang diharapkan peneliti maka ruang lingkupnya juga meliputi SD yang ada di sekitaran Bandar Lampung, yaitu SD 01 Bandar Lampung, SD 02 Kemiling, dan SD 02 Langkapura.

Adapun penelitian dilakukan dalam Sekolah Dasar karena penelitian memiliki kepentingan dengan rumusan masalah dalam penerapan kurikulum 2013.

  • Waktu Penelitian

Waktu terjadinya penelitian ini berlangsung selama kurang lebih 1 bulan,mulai bulan Maret sampai dengan bulan April 2020.

Dari penjelasan dan juga contoh yang telah disebutkan dalam pembuatan tempat dan waktu penelitian diatas. Setidaknya ada beberapa tips dalam menyusunnya. Yaitu;

  1. Pembuatan tempat dan waktu penelitian harus sesuai dengan metode yang akan dipergunakan, keterangan penggunaan ini tidak perlu panjang lebar tetapi intisari lokasi penelitian tersampaikan.
  2. Proses penulisan waktu dan tempat dalam penelitian ini pastikan berada di BAB 3 bebarengan dengan metode penelitian.
  3. Uraian atas tempat dan waktu penulisan tidak memakan banyak paragraf, maksimal 5 paragraf. Alasannya karena semakin banyak paragraf dan kalimat maka semakin banyak pula hal-hal tidak penting yang disampaikan.
  4. Penulisan tempat dan waktu penelitian berada di bagian sub bab pertama dalam BAB 3: Metode Penelitian. Kondisi ini dilakukan sebagai tujuan memberikan keterangan yang lebih umum pada pembaca hasil penelitian kita.

Nah, demikian saja uraian atas materi yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh penulisan waktu dan tempat penelitian/penulisan yang ada di dalam karya ilmiah, skripsi, laporan penelitian, makalah, dan cara membuatnya. Semoga berguna ya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *