Pengertian Rating Scale, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Rating Scale Adalah

Pada umumnya dalam setiap skala data untuk penilaian senantisa dipergunakan dalam mengevaluasi kinerja suatu produk, layanan, keterampilan karyawan, kinerja layanan pelanggan, proses yang diikuti untuk tujuan tertentu, dan lain-lain sebaginya.

Atas dasar itulah selain menggunakan skala likert dengan jenis opsi jawaban 5 atau 7 poin tersebut, ada pula skala pengukuran lainnya yang juga banyak digunakan, yaitu rating scale. Rating scale dianggap sebagai jenis pertanyaan pilihan ganda dan memungkinkan responden survei untuk menetapkan nilai pada suatu produk atau layanan.

Rating Scale

Skala dalam analisis rating scale pada hakekatnya mengacu pada teknik pengumpulan data dalam setiap kegiatan observasi yang mana dalam observasi tersebut berguna untuk menjelaskan, menggolonhkan, menilai individu atau situasi tertentu.

Pengertian Rating Scale

Rating scale adalah pertanyaan survei tertutup yang digunakan untuk mewakili umpan balik responden dalam bentuk komparatif untuk fitur, produk, atau layanan tertentu sehingga varian dari pertanyaan pilihan ganda populer yang banyak digunakan untuk mengumpulkan informasi relatif tentang topik penelitian tertentu.

Pengertian Rating Scale Menurut Para Ahli

Adapun definisi rating scale menurut para ahli, antara lain;

  1. Sugiyono (2009), Pengertian rating scale adalah data mentah yang bisanya diperoleh oleh seorang peneliti dalam penelitian kualitatif. Sehingga skala yang menjadi model rating scale ini dibentuk melalui tanggapan responden menjawab wawancara yang dijukan.
  2. Suharsimi Arikunto (2006), Pengertian rating scale adalah skala data penelitian dengan bentuk bertingkat sehingga terdapat pernyataan wawancara yang ditemukan peneliti dalam menunjukan tingkatan dalam instrumen penelitian yang dibuat.

Ciri Rating Scale

Sedangkan untuk karakteristik rating scale, diantaranya;

  1. Dapat digunakan dalam pengumpulan informasi komparatif , Rating scale merupakan metode pengumpulan data umum yang digunakan untuk mengumpulkan informasi komparatif tentang subjek penelitian tertentu.
  2. Lebih dari sekedar memberikan informasi Yaa tau Tidak, Pertanyaan survei rating scale dapat dibandingkan atau dikomparasikan dengan pertanyaan kotak centang (checkbox question), tapi skala peringkat memberikan lebih banyak informasi daripada sekadar Ya/Tidak.
  3. Opsi jawaban disusun secara bertingkat, Rating scale merupakan alat pengumpul data yang berupa suatu daftar yang berisi ciri-ciri tingkah laku/sifat yang disusun secara bertingkat.
  4. Lebih fleksibel , Rating scale bisa dikatakan lebih fleksibel karena tidak hanya mengukur sikap, tapi bisa juga digunakan untuk mengukur persepsi responden terhadap suatu fenomena, seperti skala untuk mengukur status sosial, ekonomi, pengetahuan, kemampuan, dan lain-lain.
  5. Dapat menerjemahkan opsi jawaban responden, Rating scale mampu untuk menerjemahkan alternatif terhadap jawaban yang dipilih responden. Misalnya responden memilih jawaban angka 3, tapi angka 3 yang dipilih oleh si A belum tentu sama dengan angka 3 bagi si B yang juga memiliki jawaban angka 3.

Contoh Rating Scale

Contoh penerapan rating scale, yakni;

  1. Penelitian

Misalnya saja seorang peneliti ingin mengetahui seberapa harmoniskah hubungan suami-istri dalam mendukung terbentuknya keluarga sejahtera. Berilah tanda pada angka yang telah disediakan.

Contoh Rating Scale

Contoh lain, misalnya survei terkait tata ruang kelas dengan pertanyaan: “Seberapa baikkah ruang kelas di sekolah X?

Berilah jawaban dengan angka:

4. Jika tata ruangnya sangat baik

3.  Jika tata ruangnya cukup baik

2. Jika tata ruangnya kurang baik

1. Jika tata ruangnya sangat kurang baik

Jawablah dengan melingkali nomor jawaban yang tersedia sesuai dengan kondisi yang sebenarnya:

No Pernyataan terkait kondisi tata ruang kelas Interval Jawaban
1 Penataan meja murid dan guru sehingga komunikasi lancar 4 3 2 1
2 Pencahayaan di setiap ruangan 4 3 2 1
3 Kebersihan di setiap ruangan 4 3 2 1
4 Ventilasi di setiap ruangan 4 3 2 1
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa terdapat perbedaan antara skala likert dan rating scale. Dimana pada skala likert (begitu pula pada skala Guttman dan skala semantik diferensial) data yang diperoleh adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan, sedangkan pada rating scale, data mentahnya berupa angka (data kuantitatif) yang ditafsirka dalam pengertian kualitatif.

Akan tetapi, seperti halnya pada skala lainnya, dalam rating scale responden juga diminta untuk memilih salah satu jawaban dalam penelitian kuantitatif yang telah disediakan.

Itulah tadi penjelasan yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian rating scale menurut para ahli, ciri, dan contohnya dalam penelitian. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *