Tujuan Pembuatan Sitasi dan Referensi dalam Karya Tulis

Diposting pada

Tujuan Pembuatan Sitasi dan Referensi

Sitasi kerapkali juga diartikan sebagai referensi yang secara praktiknya mampu mengidentifikasi sumber yang telah di ambil berupa kutip, parafrase, atau dipergunakan dalam setiap penulisan akademis, seperti skripsi, tesis, dan desertasi.

Pembuatan sitasi dan referensi memiliki beberapa tujuan, diantaranya yaitu memungkinkan pembaca untuk menindaklanjuti dan memverifikasi klaim yang  telah dibuat. Dan itu senantiasa memberikan kesempatan untuk mengakui orang-orang yang idenya telah memajukan argumen, dalam hasil penelitian yang dibuat.

Sitasi

Istilah sitasi atau referensi digunakan untuk menambah atau meminjam karya asli dari penulis dan penerbit lain untuk memberikan keaslian pada karya seseorang. Jadi kita dalam hal ini kita mengatakan bahwa arti sitasi bisa menjadi salah satu dasar dari akademisi.

Meski demikian, sebuah kutipan yang akurat mungkin membutuhkan sedikit upaya untuk membuatnya, tetapi akan menghemat waktu kita dalam jangka panjang.

Disisi lain, terdapat bermacam-macam gaya sitasi dan kesemunya memiliki sesuai ketentuan atau pedoman karya tulis yang kita anut. Gaya kutipan yang umum digunakan seperti Oxford, Harvard, MLA, American Sociological Association (ASA), American Psychological Association (APA), dan sistem kutipan lainnya, karena konvensi sintaksisnya dikenal luas dan mudah ditafsirkan oleh pembaca.

Tujuan Sitasi

Penulisan sitasi atau referensi memiliki beberapa tujuan, diantaraya yaitu:

  1. Menghindari plagiarisme dan menjaga integritas akademik

Salah merepresentasikan prestasi akademis kita dengan tidak mencantumkan nama orang lain yang kita kutip karyanya menunjukkan kurangnya integritas akademis. Ini tidak hanya dipandang rendah oleh komunitas ilmiah, tetapi juga dihukum. Ketika kita menjadi mahasiswa, ini bisa berarti nilai gagal atau bahkan dikeluarkan dari universitas.

  1. Mengakui karya orang lain

Salah satu tujuan utama kutipan adalah memberikan kredit pada saat jatuh tempo. Saat kita memberikan kutipan yang akurat, kita mengakui kerja keras yang telah dilakukan untuk menghasilkan penelitian dan orang yang melakukan penelitian tersebut.

Pikirkan tentang upaya yang kita lakukan dalam pekerjaan kita (baik esai, laporan penelitian, atau bahkan pekerjaan non-akademik), jika orang lain mengutip ide atau kata-kata kita, apakah itu tampak adil, atau apakah kita berharap upaya kita diakui?

  1. Sebagai cara untuk memberikan penghargaan kepada individu atau organisasi yang informasinya kita kutip

Kutipan adalah cara kita memberikan penghargaan kepada individu atau organisasi yang informasinya kutip. Saat kita menggunakan ide, kata, karya seni seseorang atau organisasi, atau apa pun, kita harus menghargai sumber informasi tersebut.

  1. Memberikan kredibilitas pada tulisan kita dan menempatkan tulisan kita dalam konteks

Memberikan kutipan yang akurat menempatkan pekerjaan dan ide kita ke dalam konteks akademis. Itu memberi tahu pembaca bahwa kita telah melakukan penelitian dan mengetahui apa yang dikatakan orang lain tentang topik kita. Kutipan tidak hanya memberikan konteks untuk pekerjaan kita, tetapi juga memberikan kredibilitas dan otoritas pada klaim kita.

Misalnya, jika kita meneliti dan menulis tentang keberlanjutan dan konstruksi, kit harus mengutip para ahli dalam keberlanjutan, konstruksi, dan konstruksi berkelanjutan untuk menunjukkan bahwa kita berpengalaman dalam ide-ide paling umum di bidang ini.

Meskipun kita dapat membuat klaim tentang konstruksi berkelanjutan setelah melakukan penelitian hanya di bidang tertentu, klaim kita akan lebih berbobot jika kita dapat menunjukkan bahwa klaim kita didukung oleh penelitian para ahli di bidang yang terkait erat juga.

Mengutip sumber tentang keberlanjutan dan konstruksi serta konstruksi berkelanjutan menunjukkan keragaman pandangan dan pendekatan terhadap topik penelitian tersebut. Selain itu, kutipan yang tepat juga menunjukkan cara penelitian bersifat sosial: tidak ada yang meneliti dalam ruang hampa, kita semua mengandalkan pekerjaan orang lain untuk membantu kita selama proses penelitian.

  1. Membantu penelitian kita di masa mendatang, maupun membantu peneliti lain melalui kemudahan dalam menemukan sumber

Memiliki kutipan yang akurat akan membantu kita sebagai peneliti dan penulis untuk melacak sumber dan informasi yang kita temukan sehingga kita dapat dengan mudah menemukan sumbernya kembali.

  1. Memungkinkan audiens (apakah pembaca atau pendengar) mengidentifikasi dan menemukan sumber informasi yang kita gunakan

Tujuan dari semua sitasi adalah untuk memungkinkan audiens (apakah pembaca atau pendengar) mengidentifikasi dan menemukan sumber informasi yang kita gunakan ketika mengutip, memparafrasekan, atau menggunakan ide (karya seni, foto, video, dan lain-lain), atau kata-kata orang lain.

  1. Memungkinkan pembaca untuk menindaklanjuti dan memverifikasi klaim yang kita buat

Berbagai contoh penulisan sitasi memungkinkan pembaca untuk menindaklanjuti dan memverifikasi klaim yang kita buat dalam tulisan kita. Dan itu memberi kita kesempatan untuk mengakui orang-orang yang idenya kita gunakan untuk memajukan argumen kita.

  1. Sitasi mewakili upaya penulis serta pekerjaan penelitian terperinci

Sitasi mewakili upaya penulis serta pekerjaan penelitian terperinci. Seorang penulis berusaha semaksimal mungkin dalam mengembangkan tulisan dan kutipannya memberikan ruang kepadanya untuk menunjukkan usahanya dengan jelas.

Penggunaan Sitasi dan Referensi

Adapun prosedur bisa dilakukan dalam menggunakan sitasi atau referensi. Antara lain;

  1. Kapanpun ketika mengutip karya orang lain
  2. Kapanpun ketika memasukkan parafrase
  3. Setiap menambahkan ide yang telah disebutkan dalam karya lain
  4. Setiap membuat referensi ke karya orang lain

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan penulisan sitasi dan referensi dalam karya tulis ilmiah. Semoga memberikan wawasan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *