Tujuan Rancangan Penelitian dan Penjelasannya

Diposting pada

Tujuan Rancangan Penelitian
Rancangan yang juga dikenal dengan desain penelitian merupakan hal yang urgen untuk dilakukan oleh seorang peneliti sebelum melakukan penelitian di lapangan. Rancangan penelitian ini diperlukan karena memfasilitasi kelancaran kegiatan penelitian, sehingga membuat penelitian memiliki efensisensi yang berati dan mampu menghasilkan informasi maksimal atas hasil penelitian yang dilakukan.

Rancangan penelitian memiliki dampak yang signifikan terhadap reliabilitas hasil yang diperoleh. Dengan demikian bertindak sebagai fondasi yang kuat untuk seluruh penelitian.

Rancangan Penelitian

Rancangan adalah strategi keseluruhan yang dilakukan si peneliti dalam memilih untuk mengintegrasikan berbagai komponen penelitian dengan cara yang logis dan logis, dengan langlah demikianlah setidaknya mampu memastikan ecara efektif mengatasi rumusan masalah penelitian.

Oleh karena itulah lebih langjut membuat contoh desain penelitian ini menjadi blue print dalam teknik mengumpulan data, mengukur, dan teknik analisis data pada metode penelitian yang dipergunakan.

Tujuan Rancangan Penelitian

Pentingnya rancangan penelitian dalam penggunaan metodologi penelitian setidaknya memiliki tujuan sebagai berikut;

  1. Menghasilkan jenis studi yang diminati dengan kesimpulan yang bermanfaat.
  2. Mengurangi ketidakakuratan laporan penelitian yang akan dibuat.
  3. Memungkinkan peneliti mendapatkan efisiensi dan reliabilitas optimal.
  4. Mengurangi pemborosan waktu.
  5. Mengurangi ketidakpastian, kebingungan, dan praktik serampangan yang terkait dengan masalah penelitian apa pun.
  6. Membantu untuk pengumpulan bahan penelitian dan pengujian hipotesis.
  7. Sebagai panduan untuk memberikan penelitian jalan yang benar.
  8. Menghilangkan bias dan kesalahan marjinal pada penulisan latar belakang proposal penelitian.
  9. Memberikan gagasan mengenai jenis sumber daya yang dibutuhkan dalam hal uang, tenaga, waktu, dan tenaga kerja.
  10. Menghindari kesimpulan yang menyesatkan.

Contoh Tujuan Rancangan Penelitian

Desain penelitian membawa pengaruh penting pada keandalan hasil riset yang dicapai. Oleh karena itu memberikan dasar yang kuat untuk keseluruhan penelitian. Hal ini diperlukan karena memungkinkan kelancaran banyak operasi penelitian. Sehingga membuat penelitian ini seefektif mungkin dengan memberikan informasi maksimum dengan pengeluaran minimum dari upaya, uang dan waktu.

Contoh Tujuan Rancangan Penelitian

Contoh rancangan penelitian ini misalnya saja untuk membuat mobil, maka seorang peneliti harus memiliki blue print yang cocok yang dibuat oleh desainer ahli. Dengan cara yang sama, seorang montir sangat memerlukan desain yang sesuai sebelum pengumpulan data dan analisis proyek penelitian.

Dari contoh atas analisis diatas setidaknya dapatlah dikatakan bahwa perencanaan desain harus dilakukan dengan hati-hati karena kesalahan kecil pun dapat mengacaukan tujuan keseluruhan proyek. Desain membantu penyelidik mengorganisasi idenya, yang membantu mengenali dan memperbaiki kesalahannya, jika ada.

Oleh karena itulah dalam desain penelitian yang baik, semua komponen berjalan bersama satu sama lain dengan cara yang koheren. Kerangka teori dan konseptual harus dengan tujuan dan tujuan penelitian. Dengan cara yang sama, metode pengumpulan data harus sesuai dengan tujuan penelitian, kerangka kerja konseptual dan teoritis dan metode analisis data.

Langkah Melakukan Rancangan Penelitian

Kompleksitas yang ada dalam rancangan penelitian dapat sangat bervariasi, tapi rancangan penelitian apa pun harus melakukan langkah-langkah starategis dalam melakukannya. Antara lain;

  1. Mengidentifikasi masalah penelitian dengan jelas dan benarkan pilihannya
  2. Meninjai literatur yang sebelumnya diterbitkan terkait dengan bidang masalah
  3. Menentukan hipotesis penelitian secara jelas dan eksplisit. Yaitu melalui sejumlah pertanyaan penelitian yang menjadi pusat masalah yang dipilih
  4. Menjelaskan secara efektif data yang akan diperlukan untuk pengujian hipotesis yang memadai dan jelaskan bagaimana data tersebut akan diperoleh
  5. Menjelaskan metode analisis yang akan diterapkan pada data dalam menentukan apakah hipotesis itu benar atau salah.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dikemukakan setidaknya dapat dikatakan bahwa rancangan penelitian ialah semua proses yang di perlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian yang akan dijalankan. Sehingga secara konteksitual tujuannya akhirnya ialah mampu pengumpulan dan analisa data sehingga mendapatkan ciri hasil penelitian yang sesuai dengan fakta dan realitas yang terjadi.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan penulisan rancangan penelitian secara umum. Semoga bisa memberikan informasi sekaligus edukasi bagi kalian yang pada saat ini sedang memperlukan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *