Tujuan Penelitian Kausal Komparatif dan Contohnya

Diposting pada

Tujuan Penelitian Kausal Komparatif dan Contohnya

Pada hakekatnya desain riset dengan metode penelitian kausal komparatif adalah serangkaian rencana penelitian yang berupaya menemukan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen setelah suatu tindakan atau peristiwa telah terjadi.

Alasannya, karena tujuan utama si peneliti yaitu untuk menentukan apakah variabel bebas mempengaruhi hasil, atau variabel terikat dengan membandingkan dua atau lebih kelompok individu. Tetapi yang pasti, dalam berbagai contoh riset dengan jenis metode penelitian ini lebih banyak dipergunakan dalam pendidikan dan ilmu-ilmu sosial.

Penelitian Kausal Komparatif

Kausal komparatif adalah arti penelitian yang berupaya untuk mengidentifikasi hubungan kausatif antara variabel independen dan variabel dependen. Dimana untuk hubungan antara variabel independen dan variabel dependen merupakan hubungan yang disarankan (tidak terbukti) karena peneliti tidak memiliki kontrol penuh lebih dari variabel independen.

Tujuan Penelitian Kausal Komparatif

Adapun untuk tujuan melakukan penelitian kausal komparatif. Antara lain;

  1. Memperoleh Kemungkinan Sebab dan Akibat

Tujuan melakukan penelitian kausal komparatif ialah agar memperoleh kemungkinan hubungan variabel bebas dan varibel terikat. Sehingga kemudian mampu memberikan kemungkinan penyebab atas topik penelitian tertentu sebagai dasar memperoleh jawaban yang diinginkan dalam tujuan penelitian.

  1. Memperoleh Fakta atas Hasil Penelitian

Kegunaan lainnya yang dapat diberikan dalam model penelitian kausal komparatif ialah memperoleh fakta atas hasil penelitian yang disajikan dalam riset, sehingga hal ini kemudian mampu menjadi tuntunan untuk memperbaiki mutu serta memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi.

Contoh Penelitian Kausal Komparatif

Adapun untuk berbagai bentuk yang menjadi bagian daripada contoh penelitian komparatif. Antara lain;

  1. Melihat penyebab meningkatnya keminatan untuk menjadi Guru Matematika di FKIP Universitas Sebelas Maret
  2. Mengalisis faktor-faktor penyebab lamanya lulus mahasiswa bidikmisi yang mengikuti organisasi di Kampus
  3. Memperoleh determinan pernikahan usia muda di daerah yang dekat dengan perkotaan
  4. Melakukan studi kasus tentang remaja laki-laki di SMA Sukaraja yang sering terlibat tawuran, khususnya pada siswa yang menjadi perkokok berat dan tidak menjadi perokok
  5. Melakukan studi terhadap perilaku agresif laki-Iaki yang cenderung tidak melihat sinetoron dalam tayangan televisi dari tiga jam per hari
  6. Melakukan perbandingan kinerja akademik antara Guru SMA Sinar Bangsa dan MA Kebumen Jaya dalam memberikan pelajaran matematika
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tujuan dan manfaat peneliti menggunakan metode penelitian adalah untuk menentukan apakah variabel independen mempengaruhi hasil atau variabel dependen yang bisanya dilakukan dengan membandingkan dua atau lebih kelompok individu.

Langkah ini biasanya dimulai dengan efek dan berusaha untuk menemukan kemungkinan penyebab dan digunakan ketika mempelajari perbedaan di mana variabel tidak dapat dimanipulasi.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami selesaikan tentang tujuan dalam penelitian kausal komparatif beserta dengan contohnya. Semoga memberikan pemahaman bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *