8 Tujuan Penelitian Eksploratif dan Contohnya

Diposting pada

Tujuan Tujuan Penelitian Eksploratif

Penelitian sejatinya menjadi bagian daripada adanya proses penyelidikan sistematis, logis, objektif, empiris yang dialkukan dengan mempergunakan teknik pengumpulan data tertentu. Prihal ini misalnya saja dokumentasi  dan analisis serta interpretasi data yang terjadi.

Bilamana dijalankan sesuai dengan metodologi yang sesuai yang ditetapkan oleh bidang profesional dan disiplin akademis tertentu. Setiap jenis metode penelitian memiliki tujuan yang berbeda-beda, misalnya untuk eksploratif tujuannya ialah memperoleh ide-ide terkait permasalahan yang dikaji.

Penelitian Eksploratif

Penelitian eksploratif adalah arti penelitian yang dilakukan melalui proses penelusuran, terutama untuk memantapkan konsep yang akan digunakan dalam lingkup penelitian yang lebih luas dengan jangakauan konseptual yang lebih besar.

Tujuan Penelitian Eksploratif

Tujuan dilakukannya penelitian eksploratif, diantaranya:

  1. Mendapatkan gambaran tentang suatu topik

Penelitian eksploratif dapat dilakukan sebagai penelitian awal yang tujuannya tentusaja adalah untuk memperoleh gambaran tentang topik penelitian yang akan dikaji atau diteliti lebih jauh. Sehingga dalam hal ini bisa dikatakan bagian daripada tahapan melangsungkan pra penelitian.

  1. Mendapatkan ide tentang permasalahan pokok yang dikaji

Tujuan yang umum ada dari proses pelaksanaan penelitian eksploratif adalah untuk mendapatkan ide-ide atau gagasan tentang permasalahan pokok yang akan dikaji secara lebih terperinci. Baik melalui metode penelitian lain ataupun mempergunakan landasan teori lain.

  1. Memberikan arah pada perumusan masalah dan hipotesis

Penelitian eksploratif dapat dilakukan dengan langkah memberikan arah pada proses perumusan masalah dan hipotesis penelitian atau dugaan-dugaan sementara dari suatu penelitian yang ditentukan, hal ini terjadi lantaran dalam tahapannya dikembangkan lebih dalam.

  1. Mengembangkan hipotesis yang ada

Selain bertujuan untuk mendapatkan ide-ide tentang permasalahan pokok, ciri yang ada dalam penelitian eksploratif juga mengemukakan bahwa penelitian eksploratif juga dapat bertujuan untuk mengembangkan hipotesis yang ada, karena hasil dari penelitian ini akan menjawab apakah penelitian masih perlu dilanjutkan ataukah tidak.

  1. Menghasilkan landasan yang kuat bagi penelitian selanjutnya

Pada penggunaan dalam tahapan subjek-subjek penelitian tertentu, jenis penelitian yang satu ini dapat menjadi sangat penting untuk dilakukan sebab bisa menghasilkan landasan atau dasar yang lebih kuat untuk proses penelitian selanjutnya.

  1. Sebagai kombinasi antara penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen

Penelitian eksploratif merupakan kombinasi antara penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen, tapi tidak bisa memiliki arti mandiri.

Dalam penelitian ini, peneliti tidak menjajagi bidang-bidang tertentu atau mencatat gejala-gejala, melainkan tapi mencoba untuk menjelaskannya dan jika memungkinkan itu dapat menjadi kelanjutan atas dasar pengembangan hipotesis-hipotesis tertentu.

  1. Memberikan sedikit definisi atau penjelasan tentang suatu konsep atau pola

Penelitian eksploratif juga dapat diterapkan dalam bidang ilmu sosial yang tentusaja memiliki tujuan untuk memberikan sedikit definisi atau penjelasan yang berkaitan dengan konsep atau pola yang digunakan dalam penelitian.

  1. Menjadikan topik penelitian baru lebih dikenal oleh masyarakat luas

Penelitian eksploratif bertujuan untuk menjadikan suatu topik penelitian baru bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, penelitian yang satu ini juga bisa memberikan gambarann dasar terkait topik yang akan dikaji, menggeneralisasi ide dan mengembangan teori yang bersifat tentative/sementara, sehingga memungkinkan penelitian lanjutan.

Contoh Penelitian Eksploratif

Adapun contoh dari adanya penelitian eksploratif. Misalnya saja;

  1. Penelitian Kualitatif

Penggunaan jenis metode kualitatif yang mengangkat penelitian eksploratif misalnya saja keputusan untuk menentukan penyebab terjadinya konflik sosial di Provinsi Lampung yang sering terjadi antara masyarakat pendatang dan penduduk asli. Dalam penggambaran riset ini setidaknya data sekunder yang memperkuatnya ialah adanya keputusan pemerintah yang menempatkan Lampung sebagai wilayah pertama dalam pelaksanaan transmigrasi.

Nah, itulah saja penjelasan yang diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan dalam penelitian eksploratif dan contohnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.