6 Tujuan Penelitian Eksplanasi dan Contohnya

Diposting pada

Tujuan Penelitian Eksplanasi dan Contohnya

Diakui ataupun tidak penelitian eksplanasi (explanatory research) dianggap mampu untuk menguji baik mengembangkan dan menyempurnakan suatu landasan teori atau akan melemahkan bahkan mengugurkan teori yang sudah ada sebelumnya.

Sehingga kegunaan dalam tujuan penelitian eksplanasi ini sendiri penting untuk dilakukan. Utamanya untuk penelitian sosial dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Contohnya saja konsep pemberdayaan masyarakat dengan mempergunakan modal sosial sebagai inti teori, apakah teori tersebut masih sejalan dengan keadaan sekarang atau malah sudah tidak relevan.

Penelitian Eksplanasi

Penelitian eksplanasi adalah jenis metode penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan berbagai aspek penelitian. Sehingga dalam tahap proses penelitian ini, si peneliti mempelajari apa yang telah menjalankan identifikasi dalam penelitian eksplorasi.

Oleh karena itulah, secara singkat penelitian eksplanatori memberikan rincian lebih lanjut dari dasar penelitian yang telah ditetapkan pada tahap sebelumnya. Hal tersebut bertujuan untuk mengungkap masalah, fenomena atau kejadian secara lebih mendalam.

Tujuan Penelitian Eksplanasi

Tujuan dilakukannya penelitian eksplanasi, diantaranya:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang suatu topik

Salah satu karakteristik yang ada dari penelitian eksplanasi yaitu tujuannya untuk meningkatkan pemahaman tentang suatu topik penelitian, sehingga memungkinkan peneliti untuk menemukan wawasan yang lebih mendalam ke hampir semua topik.

  1. Meningkatkan pemahaman tentang sub topik tertentu

Wawasan yang lebih dalam tentang suatu topik sejatinya dapat memberikan lebih banyak sub topik dan isu-isu spesifik untuk dipelajari untuk penelitian lebih lanjut. Oleh karena itulah, bagian penggunaan dalam kajian yang memakai metode ini lebih spesifik terhadap permasalahan yang ada.

  1. Menggeneralisasi sampel terhadap populasi

Penelitian eksplanasi biasanya digunakan dalam desain penelitian yang sifatnya kuantitatif yang dimaksudkan untuk menggeneralisasikan sampel terhadap populasi yang lebih luas atau menjelaskan hubungan, perbedaan atau pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Oleh sebab itu, dalam format eksplanasi peneliti menggunakan sampel dan hipotesis penelitian.

  1. Memberikan fleksibilitas dalam hal konfigurasi

Penelitian eksplanasi dapat dengan mudah untuk memberikan fleksibel dalam hal konfigurasi, karena dapat dilakukan setelah penelitian eksplorasi atau tanpa perlu penelitian eksplorasi, serta sebelum atau setelah penelitian deskriptif.

  1. Memberikan fleksibilitas dalam hal sumber atau literatur

Selain memberikan konfigurasi dalam kaitannya dengan konfigurasinya, penelitian eksplanasi juga dapat memberikan fleksibilitas dalam hal sumber atau literatur karena pada jenis penelitian yang satu ini, sangat umum menggunakan literatur atau jenis data penelitian yang sudah dipublikasikan.

  1. Membantu memandu penelitian korelasional dan kausal

Temuan atau hasil dalam penelitian eksplanasi dapat bermanfaat untuk memandu peneliti  dalam melakukan penelitian korelasional dan penelitian kausal.

Penelitian korelasional itu sendiri mengacu pada metode penelitian non eksperimental yang mempelajari hubungan antara dua variabel dengan bantuan analisis statistik dan statistika. Sedangkan penelitian kausal mengacu pada metode penelitian yang digunakan untuk menentukan hubungan sebab akibat antara dua variabel penelitian.

Contoh Penelitian Eksplanasi

Untuk contoh judul yang dimaksudkan dalam penelitian eksplanasi misalnya saja;

  1. Ekonomi

Sub tema topik yang bisa menggunakan metode eksplanasi dalam kajian ilmu ekonomi. Misalnya saja terkait dengan penjelasan;

Penggunaan aplikasi analisis jalur guna mengetahui pengaruh dari aktiva luar negeri, tagihan kepada sistem kepemerintahan, dan tagihan kepada perusahaan swasta terhadap banyaknya jumlah uang beredar

Metode yang dipakai dalam riset ini lebih pada penelitian kuantitatif dengan berhubungan pada angka-angko numerik.

Nah, demikinalah penjelasan yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya tujuan penggunaan metode penelitian eksplanasi dan contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.