5 Tujuan Metode Penelitian Deskriptif dan Contohnya

Diposting pada

Tujuan Penelitian Deskriptif dan Contohnya

Metode deskriptif dalam arti penelitian ilmiah seringakali dipergunakan untuk menjelaskan serangkaian permasalahan dengan memberikan penjabaran secara logis, objektif, dan sistematis dalam sistem kepenulisannya. Sehingga riset ini sendiri lebih mengedepan pada uraian atas objek penelitian yang diambil.

Namun yang pastinya, sebagai bagian daripada jenis metode penelitian dengan riset deskriptif diharapkan bertujuan mendeskripsikan sekaligus menggambarkan beragam jenis fakta antar fenomena yang diselidiki. Contohnya saja terkait dengan opini tentang adanya wacana Presiden Republik Indonesia untuk bisa kembali mencalonkan diri selama 3 periode. Disini seorang peneliti setidaknya mengambil studi empiris dari masyarakat secara langsung dengan wawancara ataupun observasi.

Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah bagian pernyataan keadaan sebagaimana adanya saat ini, tanpa adanya kendali dari peneliti atas suatu variabel penelitian. Sehingga selain itu penelitian deskriptif dapat dicirikan hanya sebagai upaya untuk menentukan, menggambarkan atau mengidentifikasi suatu variabel.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan penelitian analitik yang mencoba untuk menetapkan mengapa hal itu terjadi atau bagaimana hal itu terjadi.

Tujuan Penelitian Deskriptif

Sedangkan untuk tujuan dari adanya penggunaan metode penelitian deskriptif. Antara lain;

  1. Menyoroti isu atau masalah saat ini

Kegunaan penelitian deskriptif bertujuan untuk menyoroti isu atau masalah yang terjadi saat ini melalui proses pengumpulan data yang memungkinkan peneliti untuk menggambarkan situasi secara lebih lengkap daripada yang mungkin peneliti lakukan tanpa menggunakan metode ini.

  1. Membandingkan kelompok yang berbeda

Analisis deskriptif dapat dilakukan untuk mempelajari bagaimana kelompok orang yang berbeda menanggapi layanan tertentu yang ditawarkan oleh perusahaan.

Misalnya, apa pengaruh pendapatan, usia, jenis kelamin, pendapatan, dan lain-lain, terhadap perilaku belanja konsumen. Jenis penelitian deskriptif ini membantu perusahaan untuk memahami apa yang harus mereka lakukan untuk meningkatkan daya tarik merek mereka di kelompok populasi yang berbeda.

  1. Memvalidasi pola responden yang ada

Karena metode penelitian deskriptif tidak invasif dan kebanyakan menggunakan data kuantitatif, Misalnya peneliti dapat melakukan pengamatan terhadap pola pembelian saat ini ada pada pelanggan. Mereka juga dapat menggunakan temuan untuk menjadi dasar studi yang lebih mendalam di masa depan.

  1. Melakukan penelitian pada waktu yang berbeda

Analisis deskriptif dapat dilakukan pada periode waktu yang berbeda untuk melihat apakah polanya serupa atau tidak serupa pada titik waktu yang berbeda. Studi juga dapat direplikasi untuk memverifikasi temuan studi asli untuk menarik kesimpulan yang akurat.

  1. Menemukan korelasi antar variabel

Metode penelitian deskriptif juga digunakan untuk menarik hubungan antar variabel dan derajat hubungan antar variabel.

Contohnya saja, jika sebuah penelitian berfokus pada usia pria dan pengeluarannya. Ada kemungkinan untuk menemukan korelasi negatif antara kedua variabel, yang menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia pria, semakin sedikit yang mereka belanjakan untuk produk-produk olahraga.

Contoh Penelitian Deskriptif

Adapun untuk contoh judul penelitian yang mempergunakan metode deskriptif. Antara lain;

  1. Penelitian Sosial

Prihal hubungan dengan penelitian sosial yang berkaitan dengan metode deskriptif adalah bahasan tentang adanya perubahan sosial di masyarakat perkotaan. Tentusaja dalam hal ini metode yang dipergunakan melalui pendekatan kualitatif dengan data kuantitatif. Judulnya;

Analisis Deskriptif Tentang Perubahan Sosial Masyarakat di Kota Palembang Tahun 2001-2019

Untuk penulisan tujuan yang berkaitan dengan hal ini yaitu;

Contoh Penulisan Tujuan Metode Deskriptif

Tujuan Penelitian

  1. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya perubahan sosial di masyarakat Kota Palembang pada tahun 2001-2019
  2. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perbuahan sosial Kota Palembang pada tahun 2001-2019 terhadap kehidupan masyarakat

Nah, demikianlah artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya tujuan penggunaan metode penelitian deskriptif dan contohnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.