Pengertian Simple Random Sampling, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Simple Random Sampling Adalah

Simple random sampling yang juga dikenal dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana merupakan serangkaian proses pemilihan acak dari segmen kecil individu atau anggota dari seluruh jumlah populasi yang ada. Sehingga metode ini memberi setiap individu atau anggota populasi dengan probabilitas yang sama dan adil untuk dipilih. Oleh karena alasan itulah simple random sampling menjadi metode pengambilan sampel fundamental dan dapat dengan mudah menjadi komponen dari metode pengambilan sampel yang lebih kompleks.

Alasannya karena ukuran sampel dalam metode pengambilan sampel yang satu ini idealnya lebih dari beberapa ratus sehingga pengambilan sampel acak sederhana dapat diterapkan dengan tepat. Sehingga simple random sampling secara teoritis sederhana untuk dipahami tetapi sulit diterapkan secara praktis, karena bekerja dengan ukuran sampel yang besar bukanlah tugas yang mudah, dan terkadang sulit untuk menemukan kerangka pengambilan sampel yang realistis.

Simple Random Sampling

Dalam statistik dan statistika simple random sampling menjadi himpunan bagian individu (sampel) yang dipilih dari kumpulan yang lebih besar (populasi) di mana setiap individu dipilih secara acak dan seluruhnya secara kebetulan.

Yang setidaknya perlu diingat bahwa simple random sampling tidak boleh disamakan dengan pengambilan sampel acak sistematis. Alasannya karena atribut utama dari metode pengambilan sampel ini adalah bahwa setiap sampel memiliki probabilitas yang sama untuk dipilih.

Pengertian Simple Random Sampling

Simple random sampling adalah teknik pengambilan sampel di mana setiap item dalam populasi memiliki peluang dan kemungkinan yang sama untuk dipilih dalam sampel. Di sini pemilihan item sepenuhnya bergantung pada keberuntungan atau probabilitas. Oleh sebab itu, simple random sampling seringkali dikenal pula sebagai metode peluang.

Pengertian Simple Random Sampling Menurut Para Ahli

Adapun definisi simple random sampling menurut para ahli, antara lain:

  1. Sugiyono (2001), Simple random sampling adalah metode pengambilan sampel yang simple (sederhana) sebab pengambilan sampel dari suatu populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.
  2. Sarjinder Singh (2003), Arti simple Random Sampling (SRS) adalah metode paling sederhana dan paling umum untuk memilih sampel, dimana sampel dipilih unit demi unit dengan probabilitas pemilihan yang sama untuk setiap unit di setiap undian. Sehingga dengan kata lain, pengambilan sampel acak sederhana adalah metode pemilihan sampel sebanyak n unit dari populasi Ω berukuran N dengan memberikan probabilitas pemilihan yang sama untuk semua unit. Oleh karena itulah skematika pengambilan sampel di mana semua kemungkinan kombinasi dari n unit dapat dibentuk dari populasi unit N dengan peluang pemilihan yang sama.
  3. Margono (2004), Makna simple random sampling yaitu sebagai teknik untuk mendapatkan sampel yang langsung dilakukan pada unit sampling.

Jenis Simple Random Sampling           

Bentuk pendekatan yang digunakan dalam simple random sampling dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Lotere

Menggunakan metode lotere adalah salah satu cara tertua dan merupakan contoh mekanis dari pengambilan sampel acak. Dalam metode ini si peneliti memberikan nomor pada setiap anggota populasi. Peneliti mengambil nomor dari kotak secara acak untuk memilih sampel.

  1. Penggunaan nomor/bilangan acak

Penggunaan nomor acak merupakan metode alternatif yang juga melibatkan penomoran populasi. Penggunaan tabel angka yang serupa dengan tabel pada contoh di bawah ini dapat membantu teknik pengambilan sampel acak sederhana.

Macam Simple Random Sampling

Kelebihan dan Kekurangan Simple Random Sampling

Penggunaan simple random sampling dalam sejumlah bentuk metode penelitian memiliki kelebihan dan kekurangannya. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut;

Kelebihan

Antara lain;

  1. Peluang yang lebih besar untuk mendapatkan sampel yang dapat mewakili seluruh populasi

Simple random sampling atau pengambilan sampel acak sederhana menggunakan nomor acak yang memastikan bahwa sampel bervariasi sebanyak populasi itu sendiri, sehingga peluang untuk mendapatkan sampel yang dapat mewakili seluruh populasi lebih besar.

  1. Dapat disimpulkan dalam durasi waktu yang lebih singkat

Proses pengambilan sampel acak sederhana bisa dibilang sederhana dan singkat. Butuh waktu lebih sedikit untuk menyelesaikannya. Dengan waktu yang singkat maka sisa waktu lainnya  dapat digunakan untuk analisis dan interpretasi.

  1. Menghabiskan lebih sedikit uang

Setelah peneliti selesai memberikan nomor acak pada item populasi yang berbeda selesa, maka prosesnya setengah selesai. Proses ini tersebut sangat menghemat biaya dan waktu dan kesederhanaannya memastikan bahwa kita tidak perlu menghabiskan terlalu banyak sumber daya untuk proses pengambilan sampel itu sendiri.

  1. Melibatkan penilaian yang lebih rendah

Saat si peneliti menetapkan nomor acak ke item populasi untuk pengambilan sampel ini, peneliti dapat menetapkan nomor dalam urutan acak yang berarti prosesnya tidak bias karena tidak melibatkan penilaian dari peneliti yang melakukan pengambilan sampel.

  1. Cara pengambilan sampel yang relatif lebih mudah

Pengambilan sampel probabilitas tidak melibatkan proses yang rumit dan panjang. Jadi ini adalah cara yang lebih mudah untuk pengambilan sampel.

  1. Bisa dilakukan bahkan oleh orang non-teknis juga

Penetapan nomor acak dapat dilakukan oleh siapa saja setelah pengarahan singkat karena ini tidak melibatkan proses yang panjang, rumit dan krusial.

Kekurangan

Yaitu;

  1. Risiko memilih sampel hanya dari sedikit variasi

Surveyor atau peneliti mungkin mendistribusikan nomor acak berdasarkan aturan praktis yang akan membuat pengambilan sampel tidak efektif.

Misalnya jika seorang surveyor ditunjuk untuk mensurvei data apapun yang berkaitan dengan anggota keluarga, kemungkinan besar ia akan mengembangkan kecenderungan untuk mulai menghitung dari anggota tertua ke termuda dan jumlahnya hanya akan bertambah atau berkurang saja. Dalam hal ini, hanya generasi tertua atau terbaru yang akan diambil sebagai sampel.

  1. Redundant dan monoton

Karena surveyor atau peneliti melakukan pekerjaan berulang untuk menetapkan nomor dan mengambil informasi, ada kemungkinan proses tersebut menjadi monoton dan efektivitas sistem akan kabur.

Contoh Simple Random Sampling

Contoh pengambilan sampel acak sederhana dalam penelitian. Misalnya saja;

  1. Di pesta ulang tahun, tim untuk permainan dipilih dengan memasukkan nama semua orang ke dalam toples, lalu memilih nama secara acak untuk setiap tim
  2. Di jalur perakitan, setiap karyawan diberi nomor acak menggunakan perangkat lunak komputer. Perangkat lunak yang sama digunakan secara berkala untuk memilih salah satu karyawan yang akan diamati guna memastikan bahwa mereka menerapkan praktik terbaik
  3. Sebuah restoran menempatkan sebuah mangkuk di atas meja agar pengunjung dapat meletakkan kartu nama mereka. Setiap sebulan sekali, kartu nama dipilih secara acak untuk memberi penghargaan makanan gratis kepada seorang pengunjung yang beruntung karena namanya terpilih
  4. Sebuah perusahaan farmasi ingin menguji keefektifan obat baru. Relawan ditugaskan secara acak ke salah satu dari dua kelompok. Kelompok pertama akan menerima obat baru; kelompok kedua akan menerima plasebo.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling bisa dikatakan yang paling mudah dari semua metode pengambilan sampel probabilitas, alasannya karena hanya melibatkan satu pemilihan acak dan memerlukan sedikit pengetahuan sebelumnya tentang populasi. Karena menggunakan pengacakan, maka setiap penelitian yang dilakukan terhadap sampel ini harus memiliki validitas internal dan eksternal yang tinggi.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian simple random sampling menurut para ahli, macam metode, kelebihan, kekurangan, dan contohnya dalam penelitian. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *