Pengertian Sampel Acak Berlapis (Stratified Random Sampling) dan Contohnya

Diposting pada

Sampel Acak Berlapis Adalah

Sampel acak berlapis yang dikenal dengan stratified random sampling bisa dikatakan sebagai bagian daripada adanya teknik pengambilan sampel dari sejumlah populasi yang ada dengan pendekatan penelitian kuantitatif.

Dimana riset mempergunakan metode ini sendiri kerapkali ditemukan untuk beragam topik terkait dengan kesehatan, sosial, budaya, dan lainnya. Namun pastinya, stratified random sampling termasuk dari jenis probability sampling.

Sampel Acak Berlapis (Stratified Random Sampling)

Sampel acak berlapis adalah teknik pengambilan sampel yang dilakukan jikalau populasi yang berukuran N dibagi menjadi sub sub populasi dengan setidaknya masing-masing terdiri atas N1, N2, …, NL. Sehingga semua sub dalam penentuan populasi ini tidak boleh ada yang tumpang tindih yang terjadi.

Rumus dalam penentuan sampelnya ialah;

Rumus Sampel Acak Berlapis

Dari rumus tersebut, dapatlah dikatakan bahwa populasi dalam sampel acak berlapis dilakukan dengan cara membagi ke dalam strata-strata (N1, N2, …,NL). Sehingga konsep kunci daripada pembentukan strata adalah elemen dalam 1 strata relatif homogen (sama) sedangkan bagian elemen antar strata relatif heterogen (berbeda-beda).

Contoh Sampel Acak Berlapis

Adapun untuk contoh dari adanya arti penelitian yang mempergunakan metode sampel acak berlapis ini, misalnya saja;

  1. Adanya penelitian yang ingin dilakukan untuk mencoba dalam menguji rata-rata luas areal sawah yang dapat dibajak oleh alat pembajak dalam bidang pertanian modern. Dimana bagian alat pembajak yang tersedia adalah traktor, cangkul, dan alat bajak tradisional (dengan sapi atau kerbau).
  2. Penelitian yang ingin dilakukan untuk menguji adanya rata-rata kandungan vitamin dalam vaksin Covid-19. yang ada di Indonesia. Antara lain ada Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Janssen. Teknik penentuan sampelnya bisa dilakukan dengan metode sampel acak berlapis ini.
  3. Penelitian dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir untuk menguji rata-rata jarak yang ditempuh dalam 1 liter bahan bakar dari beberapa kendaraan. Dimana jenis kendaraan yang ada 6 bus, 12 truk, dan 9 sedan. Sehingga untuk selanjutnya, populasi tersebut dibagi ke dalam 3 sub populasi. Populasi dibagi ke dalam 3 sub populasi (strata 1 = bus, strata 2 = truk, strata 3 = sedan).

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian sampel acak berlapis atau stratified random sampling dan contohnya dalam penelitian. Semoga saja bisa memberikan pemahaman bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.