Pengertian Praktikalitas dan 2 Contohnya

Diposting pada

Praktikalitas

Diakui atupun tidak, penggunaan kata valid, reliabel, praktikalitas, dan efektivitas menjadi bagian daripada istilah-istilah yang biasanya digunakan dalam arti penelitian. Alasannya karena kata tersebut menjukan adanya rancangan penelitian yang diharapkan mampu untuk menentukan hasil penelitian yang berkualitas.

Namun yang pastinya, istilah praktikalitas sejatinya mengacu pada sejauh mana kepraktisan suatu instrumen penelitian yang digunakan oleh si peneliti dalam penelitian yang dilakukan. Sehingga pada akhirnya lembaran ini nantinya bisa berupa bentuk angket yang diberikan kepada responden penelitian.

Pengertian Praktikalitas

Praktikalitas adalah proses penghitungan terkait dengan sejauh mana kepraktisan suatu instrumen untuk dipergunakan peneliti dalam mengimplementasikan metode penelitian. Sehingga peristilahan terkait dengan kepraktisan ini sendiri mengacu pada bagian dari situasi yang melibatkan bagian yang masuk akal atau berguna untuk melakukan sesuatu.

Pengertian Praktikalitas Menurut Para Ahli

Adapun definisi praktikalitas menurut para ahli, antara lain;

  1. KBBI, Praktikalitas adalah segala sesuai dengan bersifat praktis lantaran berasal dari kata dasar praktis, yang berarti bahwa mudah dan senang dalam pemakaiannya.
  2. Arikunto (2020), Definisi praktikalitas adalah bagian daripada bentuk instrumen penilaian yang sudah dilakukan validasi dan hasilnya dinyatakan valid dengan beberapa revisi.

Contoh Praktikalitas

Contoh dari praktikalitas yang bisa dilihat dalam proses terjadinya penelirian. Misalnya;

  1. Pemilihan Benda

Dalam hal ini misalnya saja jikalau kita memilih sepatu baru berdasarkan kepraktisannya, maka setidaknya kita mungkin akan membeli sepasang sepatu kets, daripada sepatu bot setinggi lutut dengan tinggi heels (tumit) hingga lima inci.

  1. Bahan Ajar

Contoh lain dari praktikalitas misalnya praktikalitas bahan ajar yang biasanya menunjukkan kepraktisan penggunaan bahan ajar dalam suatu proses pembelajaran.

Bahan ajar dikatakan praktis apabila para ahli dan praktisi telah menyatakan bahwa bahan ajar yang sudah dikembangkan tersebut bisa diterapkan di lapangan dan tingkat keterlaksanaannya tergolong dalam kategori baik. Suatu bahan ajar bisa dibilang praktis jika orang bisa menggunakan produk tersebut.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian praktikalitas menurut para ahli dan contohnya dalam penelitian. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.