4 Perbedaan Penelitian Eksplanasi dan Eksplorasi Beserta Contohnya

Diposting pada

Beda Penelitian Eksplanasi dan Penelitian Eksplorasi

Metode penelitian eksploratif dan penelitian eksplanasi pada hakikatnya memiliki sejumlah perbedaan meskipun keduanya sama-sama menjadi bagian daripada penjabaran atas bentuk metode penelitian yang ada. Salah satunya terkait dengan waktu dan subjek penelitian.

Namun yang pastinya, proses menjalankan penelitian eksplanasi berhubungan dengan kedekatan peneliti dalam upaya mempelajari apa yang telah di identifikasi dalam penelitian eksplorasi.

Penelitian Eksplanasi dan Eksplorasi

Sebagai penjelasan yang memahamkan. Definisi keduanya adalah sebagai berikut;

  1. Pengertian Penelitian Eksplanasi

Penelitian eksplanasi adalah arti penelitian yang dilakukan untuk menemukan detail mengapa sesuatu terjadi. Jenis penelitian ini dapat berfungsi sebagai titik awal untuk studi yang lebih mendalam. Peneliti menggunakan jenis penelitian ini pada tahap awal penelitian deskriptif mereka untuk menciptakan pemahaman umum tentang topik penelitian. Sehingga sejumlah pertanyaan untuk jenis penelitian ini biasanya dimulai dengan “Mengapa…?

  1. Pengertian Penelitian Eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah penelitian yang dilakukan melalui kegiatan penjelajahan terhadap suatu topik atau permasalahan untuk memahami topik/permasalahan tersebut secara mendalam. Sehingga dapat dikatakan bahwa, penelitian eksplorasi berkaitan dengan upaya peneliti untuk menentukan apakah suatu fenomena itu ada atau tidak ada.

Perbedaan Penelitian Eksplanasi dan Eksplorasi

Sejumlah bahasan terkait dengan beda antara penelitian eksplanasi dan penelitian eksplorasi. Antara lain;

No Perbedaan Penelitian Eksplanasi Penelitian Eksplorasi
1 Penjelasan Topik Menjelasan terkait dengan adanya fenomena sosial bisa menjadi penyebab adanya perubahan Riset ini berusaha untuk menyelidiki masalah yang tidak didefinisikan dengan jelas dalam fenomena sosial yang terjadi
2 Ide Riset ini memberikan hubungan hipotesis penelitian untuk mampu dalam memahami sebab-akibat terkait dengan beragam fenomena yang terjadi Menjelaskan terkait dengan masalah penelitian tetapi tidak menawarkan solusi akhir untuk masalah yang ada.
3 Waktu Riset dengan metode eksplanasi dilakukan setelah penelitian eksplorasi dan penelitian deskriptif Dilakukan dengan tahapan sistematis pada rangkaian pendahuluan.
4 Rumusan Masalah Menjadi metode penelitian yang berusaha mencari penjelasan dari semua masalah yang terjadi di masyarakat Menggali persoalan atau permasalahan yang masih baru di masyarakat

Contoh Penelitian Eksplanasi dan Eksplorasi

Adapun untuk contoh penggunaan riset yang memakai eksplanasi dan eksplorasi. Misalnya saja;

  1. Penelitian Sosial

Diakui ataupun tidak penggunaan metode eksplanasi dan eksplorasi lebih dekat dengan riset sosial. Baik kualitatif ataupun penelitian kuantitatif. Prihal ini contoh judul yang mempergunakan metode eksplanasi misalnya saja uraian terkait dengan penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran di sekolah dengan mengedepankan pada aspek dampak serta kelebihan dan kekurangannya.

Sedangkan jikalau dengan metode eksplorasi lebih menjelaskan terkait dengan cara pakai aplikasi Zoom sebagai bagian daripada alat pembelajaran online yang dipergunakan oleh para pelaku pendidikan. Sehingga hasilnya nanti berhubungan erta dengan pengukuran atas kemampuan para siswa dan siswi serra guru dalam mempergunakannya.

Nah, demikianlah penjelasan yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan uraian atas beda penelitian eksplanasi dan penelitian eksplorasi beserta dengan contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.