3 Perbedaan Metode dan Metodologi dalam Penelitian

Diposting pada

Perbedaan Metode dan Metodologi

Penyebutan tentang metode dan metodologi dalam arti penelitian ataupun proses pembalajaran bisa dikatakan sebagai segala sesuatu yang lazim untuk disebutkan. Alasannya karena keduanya ini berhubungan satu sama lainnya namun juga terdapat perbedaan.

Oleh karena alasan itulah pada artikel ini secara lengkap akan mengulas tentang adanya perbedaan antara metode penelitian dan metodologi.

Metode dan Metodologi

Pengertian keduanya. Yaitu;

  1. Pengertian Metode

Metode adalah langkah untuk bertindak sebagiamana sistem atau aturan yang disepakati secara logis dan objektif, mulai dari cara berpikir sebagaimana yang ada dalam metodologi. Sehingga metode ini menjadi tindakan nyata dari keberlanjutan dalam metodologi.

  1. Pengertian Metodologi

Metodologi adalah sistem ilmu pengetahuan yang secara sistematis digambarkan sebagai proses dan aturan penelitian yang di dalamnya terdapat rangkaian asumsi, nilai, dan standar untuk dipakai dalam proses pelaksanaan penelitian serta teknik pengumpulan data dan analisis data.

Perbedaan Metode dan Metodologi

Adapun untuk perbedaan antara metode dan metodologi dalam penelitian. Yaitu;

No Perbedaan Metode Metodologi
1 Etimologi Cara‚Äč Ilmu tentang metode
2 Sifat Diprojeksikan secara khusus Dipergunakan secara umum dalam beragam kepentingan
3 Penggunaan Bagian daripada langkah yang ditempuh guna melakukan penelitian dalam rangkaian prosedur dalam mendapatkan sekaligus merumuskan kebenaran dari adanya objek penelitian yang diteliti Seperangkat pengetahuan terkait penggunaan dengan sistematis dan logis berkaitan dengan rumusan masalah guna dicarikan cara pemecahannya.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa metode penelitian dan metodologi penelitian (science research method) senantiasa berhubungan erat dengan prosedur, teknik, cara yang dilakukan guna mencapai tujuan penelitian yang ingin dilakukan.

Sehingga keduanya dalam sistematika kepenulisan berada di BAB 3 khususnya untuk penulisan proposal penelitian ataupun jurnal internasional sekaligus jurnal nasional.

Semoga adanya definisi dan penjelasan perbedaan metode dan metodologi dalam penelitian beserta dengan pembahasan ini bisa memberikan wawasan sekaligus pemahaman bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.