3 Perbedaan Latar Belakang, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, dan Pembahasan

Diposting pada

Perbedaan Latar Belakang, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, dan Pembahasan

Ulasan terkait dengan penjelasan sekaligus perbedaan tentang latar belakang, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, dan pembahasan dalam setiap jenis karya ilmiah berbeda-beda. Sesuai dengan sistematika kepenulisannya.

Namun pastinya, penyebutan tentang nama lain tinjauan pustaka ada menyebutkan tinjauan literatur, kajian pustaka, maupun tinjauan teoritis. Apapun namanya kesemunya ini menjadi bagian daripada kepenulisan secara sistematis dalam setiap karya tulis ilmiah. Baik skripsi, tesis, desertasi, laporan penelitian, dan lain sebagainya.

Perbedaan Latar Belakang, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, dan Pembahasan

Ulasan tentang adanya beragam perbedaan antara latar belakang, tinjauan pustaka, metode Penelitian, dan pembahasan. Yakni;

No Perbedaan Latar Belakang Tinjauan Pustaka Metode Penelitian Pembahasan
1 Penjelasan Berisi tentang alasan penelitian dilakukan yang biasanya disertai dengan tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Berisi terkait definisi setiap variabel penelitian berdasakan pada landasan teori Memaparkan cara mendapatkan hasil penelitian dengan disertai pada pendekatan penelitian, teknik penentuan sampel, dan teknik analisis data penelitian. Berisi tentang analisis seorang penelitian terkait dengan topik penelitian berdasakan pada temuan penelitian
2 Peletakan Berada di BAB 1 Berada di BAB 2 Berada di BAB 3 Berada di BAB 4
3 Kegunaan Dilakukan untuk memberikan argumen sekaligus gambaran tentang pentingnya penelitian dijalankan Memberikan penguatan terkait dengan topik penelitian Memberikan panduan bagi peneliti dalam melaksanakan penelitian Dituliskan guna menghubungkan antara temuan penelitian dengan analisis seorang peneliti berdasakan pada data yang ada.

Dari penjelasan yang dikemukakan, adanya seorang peneliti yang menulis bagian latar belakang, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, dan pembahasan harus memperhatikan prinsip-prinsip penulisan ilmiah yang baik dan benar. Oleh sebabnya satu kesuliatan dalam menulisnya ialah menelaah bagaimana menyeimbangkan secara tepat dan benar antara penggunaan kutipan karya orang lain dan komentar atau evaluasi dari peneliti.

Disisi lainnya, kesalahan yang sering terjadi adalah ketika menulis bagian kesemuanya secara berlebihan tanpa memikirkan dengan kritis apakah pustaka tersebut cocok atau tidak dengan teori dan topik penelitian kita.

Nah, itulah saja pejelasan dan pengulasan secara lengkap tentang adanya beda antara latar belakang, tinjauan pustaka, metode penelitian, dan pembahasan. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.