5 Perbedaan Kuesioner, Angket, dan Wawancara Beserta Contohnya

Diposting pada

Perbedaan Kuesioner, Angket, dan Wawancara

Pada dasarnya, yang perlu dipahami bahwa tidak ada perbedaan antara angket penelitian, kuesioner, dan wawancara dalam hal teknik pengumpulan data. Alasannya karena ketiga ini menjadi bagian daripada instrumen penelitian yang kerapkali dipergunakan dalam pendekatan penelitian.

Namun meskipun demikian adanya, tetaplah saja ada beberapa perbedaan baik dalam segi penggunaan, penerapan dalam metode penelitian, dan lainnya. Oleh karena itulah, pada artikel ini akan menjabarkannya.

Kuesioner, Angket, dan Wawancara

Agar lebih memahami tentang ketiganya. Penjelasan singkat sebagai berikut;

  1. Kuesioner, Kuesioner adalah draf bagian pertanyaan yang dibuat kepada peneliti untuk responden penelitian dengan diserahkan secara langsung guna diisi.
  2. Angket, Angket adalah alat ukur penelitian yang dipergunakan untuk mengumpulkan jenis data penelitian dengan cara membuat daftar pertanyaan secara tertulis dan kepada informan penelitian.
  3. Wawancara, Wawancara adalah bagian daripada adanya bentuk kegiatan yang dilakukan oleh seorang peneliti guna memperoleh bagian keterangan dengan kebebasan mendalam prihal jawaban yang diberikan.

Perbedaan Kuesioner, Angket, dan Wawancara

Adapun untuk perbedaan antara kuesioner, angket, dan wawancara antara lain;

No Perbedaan Kuesioner Angket Wawancara
1 Fungsi Dibuat dengan kegunaan untuk mengumpulkan informasi sebagai bagian daripada adanya validitas data yang diperoleh. Angket dibuat untuk menjadi evaluasi program dalam teknik pengambilan sampel dari responden yang dituju. Disusun untuk menggali lebih dalam data informan penelitian
2 Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif Penelitian Kualitatif
3 Pertanyaan Pembuatannya dilakukan dengan pertanyaan sekaligus jawaban atas pemberian skala sesuai dengan atribut yang diberikan Tidak ada skala pengukurannya Tidak digunakan dalam pengukuran skala data namun lebih pada kedalaman jawaban
4 Bentuk Adanya daftar pertanyaan dengan sejumlah jawaban dan harus dikerjakan oleh responden. Adanya daftar pertanyaan yang dibuat guna memuat atau mengumpulkan data. Responden penelitian diberikan kebebasan dalam menjawabnya
4 Analisis Dapat dianalisis dengan mempergunakan model penghitungan ataupun pengkodean Hanya bisa dianalisis dengan model penghitungan Melakukan analisis dengan model pengkodean atau koding

Contoh Kuesioner, Angket, dan Wawancara

Adapun untuk memperjelas lebih dalam. Berikut ini contoh penggunannya dalam penelitian. Antara lain;

  1. Contoh Kuesioner

Isi Kuesioner
  1. Apakah hobi yang anda miliki sekaligus kerjakan sampai saat ini?
a. Membaca b. Menulis c. Musik d. Lainnya…(isi)
  1. Contoh Angket Penelitian

Isi Angket
  1. Apakah status pernikahan anda pada saat ini?
Belum Menikah Menikah Janda Duda
  1. Contoh Wawancara

Isi Wawancara
  1. Apakah anda merasa puas dengan pemilihan ketua Osis pada Tahun ini?

Jawaban yang bisa diberikan misalnya saja;

Ya saya merasa puas karena dilihat dari program kerja yang akan dilakukannya cukup solutif dalam mengatasi permasalahan yang ada di sekolah kami ini. Meskipun, semuanya tentusaja harus dibuktikan dengan hasil anti di akhir kepengurusan osis.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya perbedaan yang ada antara kuesioner, angket, dan wawancara beserta contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.