3 Perbedaan Footnote dan Daftar Pustaka Beserta Contohnya

Diposting pada

Perbedaan Footnote dan Daftar Pustaka

Kepenulisan footnote dan daftar pustaka bisa dikatakan mudah untuk ditemukan dalam beragam jenis karya ilmiah. Baik skripsi, tesis, desertasi, karya tulis ilmiah, laporan penelitian, ataupun proposal kegiatan. Sejatinya semuanya berfungsi sebagai upaya untuk menunjukan kekuatan atas landasan teori dan jenis data penelitian yang dipergunakan.

Namun meskipun demikian, dalam penerapannya untuk footnote yang dikenal dalam Bahasa Indonesia dengan cara kaki dan daftar pustaka juga mempunyai sejumlah perbedaan.

Footnote dan Daftar Pustaka

Sebelum memberikan rangkaian penjelasan. Berikut arti keduanya;

  1. Footnote

Footnote adalah uraian adanya penjelasan terkait dengan keterangan dari teks karangan yang ditempatkan pada kaki halaman untuk sebuah karya ilmiah. Sistematika kepenulisannya sendiri bisa dijalankan dengan merujuk sumber yang terpercaya.

  1. Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah uraian adanya penjelasan yang dilakukan kepada penulis atas potongan singkat dari teks yang jauh lebih besar, yang kemudian memungkinkan untuk identifikasi cepat dari sumber apa yang merupakan kunci untuk karya yang diambil.

Perbedaan Footnote dan Daftar Pustaka

Adapun perbedaan yang ada antara footnote dan daftar pustaka, antara lain;

No Perbedaan Footnote Daftar Pustaka
1 Peletakan Kepenulisannya terletak pada bagian bawah halaman Kepenulisannya terletak di akhir karya ilmiah, yang dijadikan sebagai kumpulan referensi.
2 Fungsi Memberikan keterangan secara lengkap kepada pembaca karya ilmiah, sehingga setiap sistematikanya dicantumkan bagian halaman Memberikan kegunaan untuk bisa dijadikan patokan atas umber data yang dambil.
3 Kepenulisan Segi kepenulisan untuk catatan kaki nama pengarangnya tidak boleh dibalik Kepenulisannya untuk daftar pustaka nama pengarangnya harus dibalik.

Contoh Footnote dan Daftar Pustaka

Untuk contoh bagian kepenulisan dalam footnote dan daftar pustaka misalnya saja;

  1. Karya Ilmiah

Dimana karya ilmiah adanya keminatan seseorang yang ingin mengkaji tentang kemanfaatkan pestisida dalam bidang pertanian. Sistematika tulisan catatan kaki dan daftar pustaka dari sumber yang dibaca. Yakni;

Footnote: Rina Hayati, Pestisida Ramah Lingkungan, (Surabaya: Pustaka Kencana, 2018), hal. 21
Daftar Pustaka: Hayati, Rina. 2018. Pestisida Ramah Lingkungan. Surabaya: Pustaka Kencana.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa setiap entri dari catatan kaki dan daftar pustaka sejatinya memberikan informasi bibliografi lengkap serta komentar, umumnya tersdiri dari 2 sampai dengan 10 kalimat, tentang masing-masing sumber.

Oleh karena itulah, bagian catatan ini beranotasi membantu kita sebagai penulis, memperoleh pembacaan yang fokus dan kritis terhadap sumber yang kita gunakan. Disisi lainnya juga mendorong perkembangan pemahaman yang menyeluruh tentang topik yang dipilih, yang memandu jalur penelitian dan penulisan.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya perbedaan footnote (catatan kali) dan daftar pustaka beserta contoh kepenulisannya. Semoga bisa memberikan wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.