2 Perbedaan Statistik dan Parameter Beserta Contohnya

Diposting pada

Beda Statistik dan Parameter

Dalam objek penggunaan beragam metode penelitian setidaknya ada pengenalan terkait dengan statistik dan parameter.

Dimana keduanya ini menjadi bagian yang saling berkaitan meskipun terdapat sejumlah perbedaan yang ada. Namun yang pastinya, keduanya sama-sama berasal dari kajian statistika lantaran berhubungan erat dengan populasi dan teknik pengambilan sampel.

Statistik dan Parameter

Definisi lengkap terkait dengan definisi statistik dan parameter. Yakni;

  1. Pengertian Statistik

Statistik adalah bagian serangkaian catatan terkait dengan angka-angka atau bilangan yang dikumpulkan, ditabulasi, dikelompokkan, sehingga pada akhirnya mampu untukĀ  dapat memberikan detail data yang berarti mengenai suatu masalah, gejala atau, peristiwa.

  1. Pengertian Parameter

Parameter adalah bagian data nilai yang terbentuk mengikuti acuan, keterangan, informasi yang dianggap dapat menjelaskan batas-batas atau bagian-bagian tertentu dari sistem pengelolaan data. Sehingga prihal ini parameter menjadi indikator dari distribusi hasil pengukuran.

Perbedaan Statistik dan Parameter

Adapun untuk sejumlah perbedaan yang memberikan penjelasan terkait dengan statistik dan parameter. Misalnya saja;

No Perbedaan Statistik Parameter
1 Objek Kajian Diperlukan ukuran sampel untuk mendekati ukuran populasi. Mengukur objek yang akan diteliti dari kajian cenderung sedikit
2 Data Awal Sampel Populasi

Contoh Statistik dan Parameter

Adapun untuk contoh adanya statistik dan parameter. Misalnya saja;

  1. Contoh Statistik

Ketika adanya keinginan seorang peneliti untuk mengetahui rata-rata tinggi badan siswa/i di suatu sekolah yang berjumlah 50 ribu orang. Karena untuk mengukur 50 ribu siswa memerlukan waktu dan tenaga yang sangat banyak, maka dalam hal ini seseorang bisa memilih beberapa (misal seribu siswa) yang dianggap mewakili.

Nah populasi yang menggambarkan dari kejadian tersebut adalah 50 ribu siswa, Sampelnya adalah seribu siswa yang diukur, dan rata-rata yang diperoleh dari pengukuran seribu siswa tersebut merupakan rata-rata Statistik.

  1. Contoh Parameter

Ketika adanya keinginan mengetahui rata rata pendapatan Kepala Keluarga di suatu pedesaan yang berjumlah 20 KK. Populasinya adalah 20 KK yang berada di desa tersebut. Karena jumlah populasinya hanya sekitar 20, jadi dalam hal ini seorang peneliti bisa menghitung langsung rata-rata dari data populasi. Nah rata-rata tersebut merupakan rata-rata dari Parameter.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya perbedaan statistik dan parameter beserta contoh kasusnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.