Pengertian Penelitian Eksplanasi, Ciri, Jenis Metode, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Penelitian Eksplanasi

Metode penggunaan penelitian eksplanasi diakui ataupun tidak menjadi salah satu dari berbagai jenis metode penelitian yang berfokus pada detail terkait dengan objek penelitian yang telah ditentukan. Sehingga seorang peneliti memulai penelitiannya dengan gagasan umum sekaligus gagasan utama.

Oleh karena itulah, wajar jikalau banyak para peneiti yang menggunakan penelitian ini sebagai upaya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang subjek penelitian yang akan diselidiki. Sehingga penelitian eksplanasi bisa diartikan sebagai desain penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan berbagai aspek studi penelitian kita, termasuk masalah, fenomena, atau kejadian secara lebih mendalam.

Penelitian Eksplanasi

Penelitian eksplanasi yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan explanatory research dianggap sebagai metode penelitian yang lebih berfokus pada kedudukan variabel bebas dan variabel terikat dengan memberikan korelasi guna mempermudah pengujian atas hipotesis penelitian.

Pengertian Penelitian Eksplanasi

Penelitian eksplanasi adalah riset yang dibuat untuk menemukan suatu rumusan masalah yang belum pernah dipelajari secara jelas, sehingga untuk membuat definisi dan penjelasan yang belum dibuat sebelumnya dan meningkatkan hasil akhir.

Pengertian Penelitian Eksplanasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi penelitian eksplanasi menurut para ahli, antara lain;

  1. Sugiyono (2013), Penelitian eksplanasi adalah bagian daripada metode penelitian yang menjelaskan kedudukan antara variabel-variabel sekaligus hubungan antara variabel penelitian yang satu dengan yang lain melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan.
  2. Online-Tesis, Arti penelitian eksplanasi adalah penelitian yang dilakukan untuk mengkaji suatu masalah yang belum diteliti dengan baik sebelumnya. Peneliti memulai dengan ide umum dan menggunakan penelitian sebagai alat yang dapat mengarah pada topik yang akan dibahas di masa mendatang.

Ciri Penelitian Eksplanasi

Karakterisik penelitian eksplanasi dapat dibedakan dari jenis penelitian lain karena beberapa komponen. Yakni;

  1. Tidak memberikan hasil yang konklusif tetapi memberikan wawasan tentang “mengapa” dan “bagaimana” dari suatu permasalahan
  2. Riset ini dilakukan guna membantu membentuk teori atau hipotesis
  3. Menggunakan penelitian primer dan sekunder untuk menemukan informasi, seperti literatur atau artikel yang diterbitkan yang dipilih dengan cermat untuk memiliki pemahaman topik yang luas dan seimbang
  4. Memungkinkan peneliti untuk memiliki pemahaman yang luas tentang topik dan dapat memperbaiki pertanyaan penelitian selanjutnya untuk menambah kesimpulan penelitian
  5. Peneliti dapat membedakan penyebab mengapa fenomena muncul selama proses penelitian, dan mengantisipasi perubahan
  6. Memungkinkan peneliti untuk mereplikasi studi untuk memberi mereka kedalaman yang lebih besar dan mendapatkan wawasan baru tentang fenomena yang dikaji

Jenis Penelitian Eksplanasi

Adapun untuk bentuk metode penelitian eksplanasi. Antara lain;

  1. Penelitian literatur (Literature Research)

Penelitian studi literatur merupakan salah satu cara tercepat dan paling murah untuk menentukan hipotesis fenomena dan mengumpulkan informasi. Proses penelitian yang satu ini melibatkan pencarian literatur di internet dan di perpustakaan. Tentu saja bisa di majalah, surat kabar, artikel komersial dan akademis, dan berbagai referensi lainnya.

  1. Wawancara Mendalam (In Depth Interview)

Wawancara mendalam melibatkan proses berbicara dengan seseorang yang memiliki pengetahuan tentang topik yang sedang diteliti. Wawancara mendalam memungkinkan peneliti untuk mendapatkan informasi yang rinci atau detail dari orang-orang yang diwawancarai berdasarkan pengalaman yang mereka miliki.

  1. Diskusi Kelompok Fokus (Focus Groups Discussion)

Diskusi kelompok fokus terdiri dari 8 sampai 12 orang yang memiliki informasi tentang fenomena yang diteliti dan mengatur sesi diskusi untuk memperoleh data dari orang-orang tersebut yang nantinya akan membantu dalam menjawab permasalahan penelitian.

  1. Studi Kasus (Case Studies)

Dengan metode ini, peneliti dapat menangani kasus yang dipilih dengan cermat. Analisis studi kasus memungkinkan suatu organisasi untuk mengamati perusahaan yang menghadapi kasus yang sama dan menanganinya dengan lebih efisien.

Tujuan Penelitian Eksplanasi

Tujuan melakukan penelitian eksplanasi antara lain;

  1. Mengidentifikasi ruang lingkup dan sifat hubungan sebab akibat

Penelitian eksplanasi dilakukan dengan tujuan untuk mampu secara mudah dalam mengidentifikasi ruang lingkup dan sifat hubungan sebab akibat. Prihal ini tentusaja didapatkan setelah memperoleh sejumlah hipostesis penelitian yang telah dirumuskan.

  1. Menilai

Penelitian eksplanasi juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk menilai dampak suatu bentuk perubahan sosial yang terjadi secara spesifik terhadap standar yang sudah ada, berbagai proses, dan lain-lain. Sehingga nantinya hasil penelitian secara jelas mampu untuk mendapatkan gambaran yang memahamkan.

Manfaat Penelitian Eksplanasi

Kegunaan yang menjadi bagian kelebihan melakukan penelitian eksplanasi. Yaitu;

  1. Meningkatkan pemahaman

Penelitian eksplanasi dapat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman bagi orang awam, atau peneliti lain tentang suatu topik yang diteliti. Ini bukan ringkasan atau semacamnya, tapi penelitian ekplanasi berupa penjelasan tentang apa dan mengapa sesuatu diselidiki dan terjadi.

  1. Mendapatkan kesimpulan yang lebih baik

Penelitian eksplanasi dapat bermanfaat untuk mendapatkan kesimpulan penelitian yang lebih baik. Pemahaman dan penjelasan yang baik tentang subjek memungkinkan peneliti untuk mengajukan pertanyaan penelitian lebih lanjut yang akan membuat kemajuan besar dalam bidang yang diselidiki.

Contoh Penelitian Eksplanasi

Studi yang memberikan contoh penggunaan metode penelitian eksplanasi. Misalnya saja;

  1. Penelitian Sosial

Objek penelitian sosial yang berhubungan dengan riset eksplanasi misalnya saja penjelasan tentang determinan pernikaha usia muda di pedesaan dengan menggunakan model pendekatan penelitian kualitatif.

Dimana riset ini sendiri dibuat untuk mengetahui beragam alasan mengapa pernikahan muda banyak terjadi di pedesaan. Yang barangkali karena faktor pendidikan rendah ataupun kekuarangan pengetahuan terkait dengan bahasa pernikahan usia muda.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian penelitian eksplanasi menurut para ahli, ciri, macam metode, tujuan, manfaat, dan contohnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.