Pengertian Observasi Naturalistik dan Contohnya

Diposting pada

Observasi Naturalistik Adalah

Pada dasarnya selain ada observasi terstruktur dan observasi tidak terstruktur dalam melakukan penelitian juga bisa mempergunakan observasi naturalistik. Tentusaja penggunaan jenis observasi tersebut tergantung kebutuhan data dan desain penelitian yang ditetapkan.

Akan tetapi yang pasti, untuk penggunaan praktik observasi naturalistik dipergunakan secara alamian yang sangat relevan dengan metode penelitian dalam psikologi, sosiologi, dan ilmu sosial launnya. Alasannya karena peran penelti dalam hal ini sebagai pengamat yang mencoba untuk melakukan riset baik dari sudut pandang orang luar atau orang dalam sehubungan dengan fenomena yang diteliti terhadap teknik pengamatan.

Observasi Naturalistik

Penggunaan observasi naturalistik lebih memutuskan untuk mengambil sudut pandang orang dalam, alasannya karena si peneliti sebagai pengamat langsung yang secara mutlak berpartisipsi secara in situ dan secara aktif berpartisipasi dalam situasi atau komunitas yang diamati.

Oleh karena itulah serangkaian aktivitas seorang peserta partisipan penelitian in situ disebut kerja lapangan. Teknik observasi ini secara naturalistik termasuk dalam metode pengumpulan data etnologi dan antropologi. Akan tetapi jika si peneliti memutuskan untuk mengambil sudut pandang orang luar, kita mencoba menjauhkan diri dari ikatan budaya kita sendiri dan mengamati komunitas yang diteliti sebagai pengamat orang luar (outsider observer).

Pengertian Observasi Naturalistik

Observasi naturalistik adalah salah satu jenis metode penelitian yang digunakan dalam psikologi dan ilmu sosial lainnya di mana partisipan penelitian diamati di lingkungan alaminya. Tidak seperti eksperimen laboratorium yang melibatkan pengujian hipotesis penelitian dan variabel pengontrol, observasi naturalistik hanya membutuhkan pencatatan apa yang diamati dalam pengaturan tertentu.

Observasi naturalistik bisanya melibatkan pengamatan subjek penelitian yang diminati dalam pengaturan normal sehari-hari. Bahkan kadang-kadang disebut sebagai kerja lapangan karena membutuhkan peneliti untuk pergi ke lapangan (pengaturan alam) untuk mengumpulkan data tentang partisipan dari arti penelitian.

Pengertian Observasi Naturalistik Menurut Para Ahli

Adapun definisi observasi naturalistik menurut para ahli, diantaranya yaitu:

  1. Sugiyono, Arti observasi naturalistik adalah proses penelitian mengamati situasi dan kondisi secara langsung di lapangan.
  2. Collins Dictionary, Observasi naturalistik adalah tindakan atau proses mengamati seseorang atau sesuatu dengan cermat. Sehingga sesuatu yang telah kita pelajari dengan melihat atau menonton sesuatu dan memikirkannya. Oleh karena itulah dalam hal ini kemampuan untuk memberi banyak perhatian pada hal-hal dan memperhatikan lebih banyak tentang mereka daripada kebanyakan orang.

Contoh Observasi Naturalistik

Adapun untuk contoh penerapan dalam observasi naturalistik, antara lain:

  1. Observasi naturalistik menelusuri akarnya kembali ke antropologi dan penelitian perilaku hewan.

Contoh saja seperti antropolog budaya Margaret Mead menggunakan observasi naturalistik untuk mempelajari kehidupan sehari-hari berbagai kelompok di Pasifik Selatan.

  1. Observasi naturalistik tidak selalu mengharuskan peneliti untuk mengamati orang-orang di lingkungan yang eksotis, tapi itu juga bisa dilakukan dalam beragam jenis pengaturan sosial atau organisasi, termasuk sekolah, kamar asrama, kantor, bar, penjara, atau hampir di semua tempat lain di mana orang bisa diamati.

Misalnya, psikolog Sylvia Scribner menggunakan observasi naturalistik untuk menyelidiki bagaimana orang membuat keputusan dalam berbagai profesi. Untuk melakukannya, dia menemani orang-orang mulai dari tukang susu, kasir, hingga operator mesin, saat mereka menjalankan rutinitas kerja biasa.

  1. Pengamatan naturalistik sangat berharga ketika seorang peneliti ingin mempelajari lebih lanjut tentang orang-orang dalam lingkungan sosial atau budaya tertentu tetapi tidak dapat mengumpulkan informasi dengan cara lain. Terkadang mempelajari orang di lab dapat memengaruhi perilaku mereka, menjadi penghalang biaya, atau keduanya.

Misalnya, jika seorang peneliti ingin mempelajari perilaku pembeli di minggu-minggu menjelang liburan Natal, akan tidak praktis untuk membangun toko di lab. Ditambah, bahkan jika peneliti melakukannya, tidak mungkin untuk mendapatkan respon yang sama dari pembeli yang diobservasi seperti berbelanja di toko di dunia nyata.

Dimana dalam hal ini observasi naturalistik bisa memberikan kesempatan bagi peneliti untuk mengamati perilaku pembeli, dan berdasarkan hasil penelitian observasi terhadap situasi tersebut, maka berpotensi untuk menghasilkan ide-ide baru untuk keperluan hipotesis atau jalan penelitian tertentu.

  1. Sebelum terjun ke lapangan, peneliti yang melakukan observasi naturalistik harus menentukan ruang lingkup penelitiannya. Meskipun peneliti mungkin ingin mempelajari segala sesuatu tentang orang-orang dalam pengaturan yang dipilih, ini mungkin tidak realistis mengingat kompleksitas perilaku manusia. Akibatnya, peneliti harus memfokuskan pengamatan pada perilaku dan tanggapan spesifik yang paling mereka minati untuk dipelajari.

Misalnya saja peneliti mungkin memilih untuk mengumpulkan data kuantitatif dengan menghitung berapa kali perilaku tertentu terjadi. Jadi, jika peneliti tertarik dengan interaksi pemilik anjing dengan anjingnya, mereka mungkin menghitung berapa kali pemilik tersebut berbicara dengan anjingnya saat berjalan-jalan.

  1. Salah satu metode pangambilan sampel dalam observasi naturalistik yaitu melalui situation sampling, artinya peneliti akan mengamati subjek yang sama dalam berbagai situasi.

Misalnya, jika seorang peneliti ingin mengamati perilaku tanggapan penggemar Star Wars terhadap rilis film terbaru dalam waralaba, peneliti dapat mengamati perilaku penggemar di karpet merah pemutaran perdana film, selama pemutaran, dan pada papan pesan (message boards) online Star Wars.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua segenap pembaca berkenaan dengan pengertian observasi naturalistik menurut para ahli dan contoh pengunannya dalam penelitian ilmiah. Semoga memberikan wawasan.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *