Pengertian Median Data Tunggal, Rumus, Cara Menghitung, dan Contohnya

Diposting pada

Median Data Tunggal

Median adalah angka tengah dalam daftar angka yang diurutkan, dan bisa lebih deskriptif dari kumpulan jenis data penelitian yang diambil daripada nilai rata-rata. Untuk menghitung nilai median dalam urutan angka, maka angka-angka tersebut harus terlebih dahulu diurutkan, atau diatur, dalam urutan nilai dari terendah ke tertinggi atau tertinggi ke terendah.

Apabila jumlah datanya ganjil, nilai mediannya adalah bilangan yang ada di tengah dengan akurasi jumlah bilangan yang sama di bawah dan di atasnya. Sedangkan apabila jumlah datanya genap, pasangan tengah harus ditentukan, dijumlahkan, dan dibagi dua untuk mencari nilai median. Perlu kita ketahui bahwa median suatu urutan bisa lebih sedikit dipengaruhi oleh pencilan daripada mean.

Median Data Tunggal

Median kerapkali dikenal dengan sebagai nilai yang memisahkan separuh lebih tinggi dari separuh bawah sampel data, populasi, atau distribusi probabilitas. Untuk kumpulan data, ini dapat dianggap sebagai nilai “tengah“.

Keuntungan dasar dari median dalam mendeskripsikan data dibandingkan dengan mean (seringkali hanya dijelaskan sebagai “rata-rata”) adalah bahwa median tidak terlalu dipengaruhi oleh sebagian kecil dari nilai yang sangat besar atau kecil, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih baik dari nilai “khas”.

Misalnya, dalam memahami statistik dan statistika seperti pendapatan atau aset rumah tangga, yang sangat bervariasi, rata-rata dapat dipengaruhi oleh sejumlah kecil nilai yang sangat tinggi atau rendah. Median pendapatan, misalnya, mungkin merupakan cara yang lebih baik untuk menunjukkan apa itu pendapatan “tipikal”.

Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa median sangat penting dalam statistik, karena itu merupakan statistik yang paling resisten, dengan titik kerusakan 50%: selama tidak lebih dari setengah data terkontaminasi, median tidak akan memberikan nilai yang terlalu besar atau hasil kecil.

Pengertian Median Data Tunggal

Median data tunggal adalah ukuran statistik yang menentukan nilai tengah kumpulan data yang tersusun dalam urutan menaik (yaitu, dari nilai yang paling kecil hingga paling besar). Ukuran tersebut membagi setengah bagian bawah dari bagian atas kumpulan data. Bersama dengan mean dan mode, median adalah ukuran tendensi sentral atau ukuran pemusatan data.

Pengertian Median Data Tunggal Menurut Para Ahli

Adapun definisi median data tunggal menurut para ahli, antara lain:

  1. Sugiarto dkk (2001), Median data tunggal adalah nilai yang terletak di tengah jika nilai-nilai pengamatan disusun secara teratur berdasarkan besarnya data.

Rumus Median Data Tunggal

Secara matematis median dilambangkan dengan Me. Rumus median untuk data tunggal dalam statistik bisa dibedakan menjadi dua, yaitu untuk jumlah data yang ganjil dan genap, yang tentunya itu akan berbeda dari rumus untuk mencari nilai median berkelompok.

Kedua rumus tersebut, yaitu:

  1. Median untuk jumlah data (n) ganjil

Median Jumlah Data Ganjil

  1. Median untuk jumlah data (n) genap

Median untuk jumlah data genap

Keterangan:

  • Me       : Median
  • n          : jumlah data
  • x          : nilai data

Cara Menghitung Median Data Tunggal

Median adalah skor tengah dari suatu distribusi. Untuk menghitung median caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Susun angka dalam urutan numerik
  2. Hitung berapa banyak angka tersebut
  3. Jika jumlahnya ganjil, bagi dengan 2 dan bulatkan ke atas untuk mendapatkan posisi bilangan median.
  4. Jika jumlahnya genap, bagi dengan mencarilah bilangan yang ada di posisi tersebut dan ratakan dengan bilangan di posisi yang lebih tinggi berikutnya untuk mendapatkan median.

Perhatikan kumpulan angka berikut ini: 5, 7, 9, 9, 11. Karena kita memiliki jumlah skor ganjil, mediannya adalah 9. Kita memiliki lima angka, jadi kita membagi 5 dengan 2 untuk mendapatkan 2,5, dan dibulatkan menjadi 3. Angka di posisi ketiga adalah median.

Apa yang terjadi jika kita memiliki jumlah skor genap sehingga tidak ada skor tengah tunggal? Pertimbangkan rangkaian angka ini: 1, 2, 2, 4, 5, 7. Karena ada angka genap, kita perlu mengambil rata-rata dari dua skor di tengah, menghitung rata-ratanya.

Ingat, disini mean dihitung dengan menjumlahkan skor dan kemudian membaginya dengan jumlah skor yang kita tambahkan.

Dalam kasus ini, meannya adalah 2 + 4 (tambahkan dua angka tengah), yang sama dengan 6. Kemudian, ambil 6 dan bagi dengan 2 (jumlah total skor yang kita tambahkan), yang sama dengan 3. Jadi, untuk contoh ini, mediannya adalah 3.

Contoh Median Data Tunggal

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk mencari nilai median dalam daftar dengan jumlah angka ganjil, seseorang akan mencari angka yang ada di tengah dengan jumlah angka yang sama di kedua sisi median. Untuk mencari median, pertama-tama susunlah angka-angkanya, biasanya dari yang terendah hingga tertinggi.

  1. Penelitian

Misalnya, dalam kumpulan data penelutian {3, 13, 2, 34, 11, 26, 47}, angkat yang telah diurutkan menjadi {2, 3, 11, 13, 26, 34, 47}. Median adalah angka di tengah {2, 3, 11, 13, 26, 34, 47}, yang dalam contoh ini adalah 13 karena ada tiga angka di kedua sisinya.

Untuk mencari nilai median dalam daftar dengan jumlah angka genap, harus menentukan pasangan tengahnya terlebih dahulu kemudian menjumlahkannya, dan membaginya dengan dua. Sekali lagi, susunlah angka-angkanya dari yang terendah hingga tertinggi.

Misalnya, dalam kumpulan data {3, 13, 2, 34, 11, 17, 27, 47}, urutan yang diurutkan menjadi {2, 3, 11, 13, 17, 27, 34, 47}. Median adalah rata-rata dari dua angka di tengah {2, 3, 11, 13, 17, 26 34, 47}, yang dalam hal ini adalah lima belas {(13 + 17) ÷ 2 = 15}.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian median data tunggal menurut para ahli, rumus, teknik menghitung, dan contohnya yang ada di dalam penelitian. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *