Manfaat Penelitian Sejarah bagi Pelajar, Masyarakat, dan Kehidupan Berbangsa

Diposting pada

Manfaat Penelitian Sejarah

Dalam melakukan arti penelitian sejarah pada hakekatnya sangat bergantung pada data historis primer yang berarti catatan langsung peristiwa, data penelitian berupa arsip, dokumentasi resmi, catatan pribadi, dan catatan saksi mata) selain itu juga diperlukan data sekunder historis yang berisi informasi dari orang-orang yang tidak menyaksikan peristiwa tersebut. Misalnya buku teks, koran, dan ensiklopedia.

Akan tetapi yang pasti, penelitian sejarah berfokus pada individu tertentu, masalah sosial, dan hubungan antara yang lama dan yang baru. Sehingga terdapat serangkaian manfaat yang dapat diperoleh untuk pendidikan bagi pelajar, masyarakat, serta kehidupan berbangsa dan negara.

Penelitian Sejarah

Penelitian sejarah adalah jenis metode penelitian yang senantisa mempelajari tentang makna peristiwa di masa lalu sebagai upaya untuk menafsirkan fakta dan menjelaskan penyebab peristiwa serta pengaruhnya dalam peristiwa masa kini.

Adapun strategi penelitian sejarah dikaitkan dengan strategi hermeneutika, alasannya karena mendefinisikan dan menjelaskan peristiwa di masa lalu didasarkan pada interpretasi. Disisi seorang peneliti dapat, seperti dalam penelitian hermeneutik, menggunakan berbagai pendekatan. Peneliti juga dapat menggunakan berbagai metode analisis. Analisis kualitatif adalah norma, tetapi analisis kuantitatif juga dapat menjelaskan masa lalu.

Manfaat Penelitian Sejarah

Manfaat yang menjadi keuntungan yang dapat diperoleh melalui penelitian sejarah diantaranya yaitu;

  1. Bagi Pelajar

Antara lain;

  1. Penelitian sejarah digunakan untuk membandingkan catatan peristiwa sejarah dan aktivitas di sekitarnya.
  2. Penelitian sejarah juga membantu untuk seorang pelajar dalam lembaga pendidikan tertentu untuk mengatur peristiwa sejarah secara berurutan, dan untuk melestarikan data sejarah agar tidak hilang.
  3. Penelitian sejarah akan memudahkan untuk melihat gambaran besarnya jika gambaran tersebut adalah masa lalu.
Contoh Manfaat Penelitian Sejarah bagi Pelajar

Misalnya selama sebuah even, seorang pelajar bisa saja terhanyut pada saat ini dan tidak melihat gambaran lengkapnya.

Hal ini terutama benar ketika sebuah even dimulai dari yang kecil dan berkembang. Tetapi melihat ke belakang memungkinkan para peneliti khususnya pelajar, serta orang-orang normal, untuk melihat hasil dari peristiwa tersebut dan melacaknya kembali ke sumbernya.

  1. Bagi Masyarakat

Antara lain;

  1. Membuat Hubungan Kompleks

Diakui atau tidak konteks kekuatan lain dari penelitian sejarah adalah memungkinkan peneliti untuk mempelajari hubungan kompleks antara konteks sejarah, budaya, dan kepribadian.

Dalam hal ini misalnya, hasil penelitian dari seorang peneliti sejarah mulai menunjukkan bahwa ciri-ciri kepribadian tertentu, seperti kecemasan, dan pergolakan politik dapat membuat orang lebih bersedia untuk bergabung dengan partai Nazi. Ini adalah jenis kesimpulan yang mungkin tidak diungkapkan dengan melihat statistik.

  1. Pemahaman terkait analisis

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari penelitian sejarah termasuk dalam kategori yang kompleks dan luas karena topik penelitian. Dalam hal ini misalnya studi tentang masyarakat dipengaruhi oleh banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan dianalisis.

  1. Bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Antara lain;

  1. Penelitian sejarah akan membuka pengalaman kehidupan bagi setiap negara untuk kemudian dijadikan sebagai pembalajaran, jikalau baik memungkinkan untuk diteruskan dan sebaliknya jikalau buruk memungkinkan untuk ditinggalkan
  2. Memberi penghormatan, dengan adanya penelitian sejarah secara tidak langsung akan memberikan rasa penghormatan kepada pencipta benda-benda sejarah. Hal ini terlihat ketika ada monumen buku yang mencatatnya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat melakukan penelitian sejarah bagi pelajar, masyarakat, dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Gambar Gravatar
Saya mencintai dan suka menulis terkait pendidikan dan penelitian. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *